Berita

by Redaksi 34

Redaksi 34

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Persoalan adaptasi, usia yang masih terlalu muda, serta menanggung beban berat akan harapan Manchester United dianggap menjadi alasan tak konsistennya permainan Anthony Martial. Namun, hal itu tak membuat kehilangan kepercayaan Louis van Gaal untuk terus memainkannya.

Bahkan manajer asal Belanda tersebut lebih memilih Martial ketimbang Memphis Depay. Kepercayaan Van Gaal untuk memainkannya dalam 18 laga Liga Primer pun dibalasnya dengan raihan lima gol.

Namun persoalannya adalah, apakah sebanding kontribusi yang Martial berikan untuk Manchester United dengan biaya transfernya yang dikabarkan oleh Mirror mencapai 57,6 juta poundsterling? Meski ada yang mengatakan tak sebanding, namun bek United, Daley Blind tak berpikir demikian. Pasalnya ia mengaku bahwa Martial memiliki potensi untuk menjadi bintang di United.

“Jika kalian datang dengan biaya transfer yang besar dan bermain pada pertandingan pertama seperti yang dilakukan oleh Martial, saya akui luar biasa. Dia memiliki talenta yang luar biasa dan masih berusia sangat muda, yang dapat dibuktikan di tempat latihan maupun lapangan,” ujarnya.

Blind menambahkan bahwa sosok Martial akan semakin berkembang jika ia terus berlatih seperti sekarang. Pasalnya potensi dan permainan yang ia kini tunjukkan termasuk istimewa.

“Dia merupakan jenis striker yang cepat, kuat, dan tenang kala berada di depan gawang lawan. Latihan keras yang ia tunjukkan, membuatnya berkembang setiap minggunya, dan saya yakin dia akan menjadi striker yang luar biasa di masa yang akan datang,” imbuhnya.

“Saya yakin dia akan menjadi bintang masa depan United. Dia berkembang dan bekerja keras dalam setiap pertandingan. Saya juga yakin bahwa dia dapat mengatasi kritik yang kini dihadapkan padanya,” tambahnya.

Apa yang dikatakan Blind bukan hanya asal bicara. Berdasarkan statistik Martial di Whoscored misalnya, penampilan striker berusia 20 tahun ini memang meningkat sejak berada di Manchester United ketimbang musim lalu saat di AS Monaco.

Catatan 18 penampilannya sejauh ini berhasil menghasilkan 5 gol, yang berarti ia mencetak gol tiap 3,6 pertandingan. Hal ini lebih baik ketimbang musim lalu, yang mana Martial butuh tujuh pertandingan untuk mencetak gol.

Tak hanya itu, catatan dribble Martial yang kini terbanyak di United dengan 2,9 dribble per laga, lebih baik ketimbang musim lalu, yang mana ia hanya membuat 1,4 dribble per laga. Melihat catatan Martial yang semakin baik, bisa dibilang anggapan Martial tak berkembang di United adalah keliru.

Menilai Martial tak sesuai ekspektasi karena Man United kesulitan mencetak gol tentunya tak bisa dijadikan alasan. Untuk mencetak gol, tentunya ia membutuhkan peran dan kontribusi dari rekan-rekannya pula. Dan dengan permainan United sekarang ini, Martial memang belum menemukan performa terbaiknya, hanya saja cukup potensial menjadi bintang besar di masa yang akan datang.

Sumber: Daily Star, Daily Mail

Komentar