Cara Bermain Fantasy UCL 2022/23

Fantasy Football

by redaksi

Cara Bermain Fantasy UCL  2022/23

Menjelang Liga Champions 2022/2023 ini, jangan lupa meluangkan waktu untuk memainkan game UCL Fantasy. Games ini tidak jauh berbeda dengan FPL (Fantasy Premier League), jadi bagi kalian yang sudah terbiasa dengan games FPL, pasti tidak akan kesulitan memainkan UCL Fantasy karena aturan yang berlakukannya sangat mirip.

Saat memulai permainan, kalian akan diberikan budget awal sebanyak 100 Poundsterling untuk menentukan siapa saja pemain yang akan dimasukan kedalam skuad pilihan kalian.

Dalam kebijakan pemilihan pemain, budget yang telah diberikan bisa kalian gunakan untuk membeli sebanyak 15 pemain yang terdiri dari: 2 kiper, 5 pemain belakang, 5 gelandang dan 3 penyerang. Sama seperti di game FPL, dalam fase grup kalian akan diberi kesempatan memilih maksimal tiga pemain dari setiap timnya.

Sedangkan untuk fase 16 besar, kalian akan diberikan kesempatan untuk memilih pemain dalam setiap klubnya sebanyak 4 pemain dan ketika memasuki babak semifinal kesempatan memilih pemain akan bertambah menjadi 6 pemain. Lalu pada laga final kalian akan diberikan kesempatan memilih pemain sebanyak 8 pemain.

Untuk pengumpulan poin nantinya akan dilihat dari bagaimana pemain saat bertanding, poin-poin dasar itu meliputi banyak hal seperti tabel di bawah ini:

Aksi di Lapangan

Poin

Semua Pemain

Penampilan

1

Bermain lebih dari 60 menit

2

Gol tendangan jarak jauh

1

Assist

3

Setiap melakukan 3 kali Ball Recovery

1

Mendapat predikat Player of The Match

2

Gol dari penalti

2

Melakukan pelanggaran berbuah penalti

-1

Gagal melakukan tendangan penalti

-2

Kartu kuning

-1

Kartu merah

-2

Mencetak gol bunuh diri

-2

Mendapatkan penghargaan pemain terbaik

3

Penjaga Gawang

Mencetak gol

6

Menggagalkan tendangan penalti

5

Clean sheet (bermain lebih dari 60 menit)

4

Setiap melakukan 3 penyelamatan

1

Setiap kemasukan 2 gol

-1

Pemain Bertahan

Mencetak gol

6

Menjaga clean sheet (bermain lebih dari 60 menit)

4

Setiap kemasukan 2 gol

-1

Gelandang

Mencetak gol

5

Menjaga clean sheet

1

Penyerang

Mencetak gol

4

Sumber : uefa.com.

Selain aturan dasar yang telah dijelaskan diatas, kalian juga harus “menerawang” kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi nanti saat pertandingan berlangsung seperti halnya, pemain yang akan mencetak gol, siapa yang menciptakan assist dan perlu ditimbang kembali pemain yang kerap mendapatkan kartu. Untuk itu, dibawah ini akan dijelaskan lebih lanjut beberapa hal penting yang harus kalian pahami.

Captain dan Vice Captain

Dalam games UCL Fantasy ini kalian akan menentukan captain dan vice captain. Serupa dengan FPL, tujuan memilih captain dan vice captain yaitu untuk mendapatkan poin tambahan, karena ketika kalian memasangkan captain pada pemain di skuad kalian perolehan poinnya pun akan dikali 2.

Penentuan captain dan vice captain sebisa mungkin harus berdasarkan dari durasi pemain tersebut bermain, dan kerap mencetak gol juga assist. Fungsi dari vice captain itu sendiri adalah saat kalian sudah memilih captain tapi ternyata dalam pertandingannya tidak diturunkan maka disitulah peran vice captain untuk menggantikan captain.

Transfer Pemain

Dalam UCL Fantasy ini kalian bisa melakukan transfer pemain secara gratis di setiap matchday tergantung nantinya kalian berada di tahap mana, dalam transfer awal sebelum matchday dilaksanakan kalian akan diberikan kebebasan untuk melakukan transfer menyesuaikan budget yang kalian miliki.

Tahap Kompetisi

Jumlah Transfer

Selama fase grup

2 kali per matchday

Sebelum 16 besar

Tidak terbatas (menyesuaikan budget)

Sebelum 16 besar (leg kedua)

3

Sebelum perempat final

5

Sebelum perempat final (leg kedua)

3

Sebelum semi final

5

Sebelum semi final (leg kedua)

3

Sebelum final

5



Dan kalian akan mendapatkan keringanan ketika terdapat salah satu dari pemain yang kalian mengalami cedera atau tidak bisa bermain karena alasan lainnya. Kalian akan mendapatkan tambahan transfer gratis sebagai kompensasinya.

Untuk harga pemain pun nantinya akan mengalami sedikit perubahan, mulai dari matchday tiga dan seterusnya akan dilihat dari performa di pertandingan sebelumnya, harga akan selalu berubah sesuai poin yang berhasil diraih.

Pergantian Pemain

Pada setiap jeda menuju pertandingan, kalian bisa melakukan pergantian sebanyak 4 pemain (maksimal) kecuali mendapatkan kartu merah dan perlu diganti oleh pemain lain. Kalian tidak akan bisa mengganti pemain ketika matchday sedang berlangsung, setiap perubahan yang kalian ganti tidak akan berpengaruh terhadap skuad yang sedang bertanding di matchday tersebut, nantinya perubahan itu baru bisa diterapkan ketika matchday selanjutnya akan dimulai.

Chip

Selama permainan berlangsung, kalian akan diberi dua Chip yang bisa dimainkan satu kali per season dan tidak bisa dibatalkan. Chip pertama dinamakan Wildcard. Chip ini memberikan kalian kebebasan untuk mengatur dan mengubah pemain yang ada di dalam skuad sesuai dengan yang kalian inginkan setelah hari pertandingan selesai.

Sedangkan untuk Chip Limitless, kalian hanya bisa mengubah dan mengatur pemain di skuad untuk satu pertandingan saja. Limitless ini serupa dengan Chip Free Hit di FPL, jadi setelah pertandingan selesai, pemain yang ada di dalam skuad kalian akan berubah seperti semula atau kembali seperti sebelum memainkan Chip Limitless.

MaribergabungdenganLigaPanditFootball.com dengan memasukkan kode berikut

54WE3MHB07

Klik di sini untuk membuat tim Fantasy UCL dan gabung liga LigaPanditFootball.com

Komentar