Pandit FPL : Waktu Terbaik Menggunakan Wildcard

Fantasy Premier League

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pandit FPL : Waktu Terbaik Menggunakan Wildcard

Hampir semua jenis game membutuhkan strategi untuk mendapatkan hasil terbaik, begitu juga ketika bermain Fantasy Premier League (FPL). Salah satu strategi yang sangat penting di FPL adalah penggunaan chips. Musim ini, FPL menyediakan dua wildcard, satu freehit, satu benchboost, dan satu triple captain. Penjelasan detail mengenai aturan penggunaan chips telah kami rangkum dalam artikel Cara Bermain FPL musim 2023/2024.

Chips paling penting setiap musim adalah wildcard. Kebanyakan manajer menggunakan wildcard sebagai alat “reboisasi”. Artinya, ketika tim dalam kondisi yang sangat kering poin, wildcard merupakan alat paling cocok untuk merombak tim secara keseluruhan untuk meningkatkan potensi panah hijau dalam jangka panjang. Manajer lain memandang wildcard sebagai alat untuk mengantisipasi perubahan situasi jadwal pertandingan, atau yang sering dikenal dengan istilan fixture swing.

Dua tipe manajer tersebut tidak menurunkan kewajiban mereka untuk mampu mengidentifikasi waktu paling tepat untuk menggunakan willdcard. Berikut ini adalah rekomendasi waktu terbaik untuk menggunakan wildcard. Pemilihan waktu tersebut tidak akan selalu tepat untuk setiap manajer. Tergantung situasi, kondisi, dan target setiap manajer.

Gameweek 5

Pada dasarnya, waktu terbaik menggunakan wildcard adalah ketika hanya ada kurang dari 6 aset yang berpotensi mencetak banyak poin minimal dalam 5 GW ke depan. Namun, wildcard juga bisa digunakan untuk mengantisipasi kemungkinan perubahan komposisi tim (ada pemain yang masuk dan keluar) dan cedera.

Berkaca pada tiga gameweek yang berlalu, banyak manajer yang kecewa dengan timnya karena raihan poin dalam tiga gameweek terakhir tidak menyentuh setidaknya 180 poin (rata-rata 60 poin tiap gameweek). Namun apakah bijak jika menggunakan wildcard di gameweek ke-4? Kami menilai keputusan ini cenderung didasarkan atas emosi saja. Kami sering mengkampanyekan bahwa FPL adalah maraton, bukan sprint, sehingga kesabaran adalah softskill yang sering diacuhkan.

Oleh karena itu, kami tidak menyarankan untuk menggunakan wildcard di gameweek ke-4 selama masih ada minimal 7 pemain yang memiliki potensi tinggi untuk meraih poin di gameweek ke-4. Dengan sedikit tambahan kesabaran, anda akan bertemu dengan gameweek ke-5 yang situasinya jauh lebih pas untuk menggunakan wildcard.

Mengapa gameweek ke-5? alasan pertama adalah jeda internasional antara gameweek ke-4 dan ke-5. Jeda internasional memperbesar kemungkinan munculnya aset penting yang menderita cedera ketika membela negara masing-masing. Alasan kedua adalah ditutupnya jendela transfer. Dengan demikian sudah tidak ada lagi pemain yang masuk dan keluar sehingga risiko pengubahan komposisi pemain di setiap tim semakin rendah. Sehingga para manajer pun lebih mudah dalam memperkirakan aset mana yang akan bermain reguler di timnya masing-masing.

Gameweek 9 / Gameweek 13

Sama seperti gameweek ke-5, gameweek ke-9 dan ke-13 adalah momen pasca jeda internasional. Bedanya, pasca jeda internasional kedua musim ini memungkinkan para manajer untuk memiliki basis data lebih kaya. Di gameweek ke-5 mungkin kita telah memiliki daftar pemain yang pasti dari setiap tim, tapi soal performa, cenderung masih tebak-tebakan. Jadi gameweek ke-9 dan ke-13 lebih direkomendasikan andai di gameweek ke-5 tidak ada urgensi untuk merombak tim secara keseluruhan.

Selain itu, di gameweek ke-9 juga terjadi fixture swing untuk beberapa tim, salah satunya Chelsea. Jadi, jika hingga gameweek ke-8 anda memiliki trio Chelsea dan terlalu takut untuk mempertahankan mereka setelah gameweek ke-8? maka gameweek ke-9 sangat cocok untuk menggunakan wildcard.

Gameweek 8

Isu utama di gameweek ke-8 adalah fixture swing untuk Manchester City dan Arsenal. Sebelum gameweek ke-8, jadwal Arsenal cenderung mudah, dengan lawan terberatnya adalah Manchester Unite di gameweek ke-4 dan derbi London Utara pada gameweek ke-6. Begitu juga dengan Manchester City, hingga gameweek ke-8, lawan terberat tim besutan Pep Guardiola tersebut hanya Newcastle United di gameweek ke-2 dan mungkin (melihat performa terakhir) West Ham United pada gameweek ke-5. Arsenal dan Manchester City akan bertemu di gameweek ke-8.

Jika anda memiliki minimal dua aset dari Arsenal dan Manchester City artinya anda telah menghabiskan empat tempat di tim anda. Jika selain empat aset tersebut juga tidak banyak aset yang menyumbang banyak poin, maka wildcard di gameweek ke-8 bisa dipertimbangkan.

Komentar