Pandit FPL : Ramsdale atau Raya? Menjawab Kebimbangan Ramsdale Owners

Fantasy Premier League

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pandit FPL : Ramsdale atau Raya? Menjawab Kebimbangan Ramsdale Owners

Berita kedatangan David Raya (£5,0m) ke Arsenal membuat para manajer FPL sedikit khawatir. Terutama untuk para pemilik Ramsdale (£5,0m). Raya yang musim lalu tampil impresif bersama Brentford berpotensi menggeser posisi Ramsdale sebagai kiper utama Arsenal. Terlebih, Ramsdale sebagai kiper premium potensinya menurun sebab ada potensi rotasi di bawah mistar gawang Mikel Arteta.

Dengan situasi saat ini, para pemilik Ramsdale perlu teliti dan bijak dalam memperlukan aset premium satu ini. Apa saja yang harus dipertimbangkan? jika harus dijual, siapa aset pengganti paling cocok? mari kita bahas.

Statistik

Semua manajer tentu paham bahwa aset kiper meraih poin dengan tiga cara yaitu clean sheet (CS), saves (S), dan penalty saved (PS). Maka dari itu, dalam memilih aset kiper setidaknya perlu mempertimbangkan potensi clean sheet dan saves. Mengukur potensi clean sheet jauh lebih sulit karena banyak dipengaruhi faktor lain seperti performa tim, kualitas pertahanan, performa lawan, dan sebagainya. Sementara potensi saves cenderung lebih mudah diukur karena lebih bersifat individual.

Jika dilihat dari potensi clean sheet, Ramsdale lebih unggul. Musim lalu, Ramsdale unggul dengan catatan 14 CS sementara Raya hanya 12 CS. Tapi dari sisi saves, Raya unggul jauh dengan catatan 154 S (dari 197 shots on target, 78,2% saves percentage) dibanding Ramsdale yang hanya mencatat 97 S (dari 136 shots on target, 69,9% saves percentage). Dari statistik di atas, kesimpulannya adalah Raya lebih unggul karena selisih CS dengan Ramsdale hanya 2 CS. Sementara selisih saves percentage cukup besar (hampir 10%).

Kondisi Tim, Gaya Bermain, dan Perspektif Arteta

Dengan sampel satu pertandingan, tentu sulit untuk membayangkan bagaimana Arsenal mengarungi musim ini. Jika berkaca pada musim lalu, Arteta memang cukup menaruh perhatian di lini pertahanan. Hampir di setiap jendela transfer, ia selalu mendatangkan pemain baru untuk memperkuat lini pertahanan. Saat ini lini pertahanan Arsenal cukup “gemuk”. Di setiap posisi diisi oleh minimal satu pemain utama dan dua pelapis. Dengan demikian, harapannya Arsenal musim ini memiliki pertahanan yang lebih solid, jarang menerima tembakan, dan meriah lebih banyak clean sheets.

Masalahnya, Arteta langsung mendapat ujian berat ketika Jurrien Timber (£4,9m) terkonfirmasi cedera panjang berbulan-berbulan. Selain itu, ada isu akan dijualnya beberapa pemain seperti Cedric Soares (£4,0m), Nuno Tavares (£4,0m), Rob Holding (£4,5m), bahkan Kieran Tierney (£4,5m). Jika nama-nama tersebut berhasil terjual, artinya lini pertahanan Arsenal kembali menipis. Kondisi ini patut menjadi perhatian.

Dari sisi gaya bermain, Ramsdale dan Raya cenderung tidak memiliki perbedaan gaya permainan yang mencolok. Dua kiper ini memiliki kemampuan sebagai ball playing goalkeeper. Terlihat dari statistik musim lalu, bahwa Raya dan Ramsdale memiliki persentase akurasi umpan yang sangat mirip. Ramsdale 68,5% sementara Raya 64,3%. Kemampuan ini mungkin kaitannya dengan potensi asis, namun kemungkinanya sangat kecil, jadi abaikan saja.

Berdasarkan uraian di atas, bisa disimpulkan bahwa Arteta mendatangkan Raya bukan untuk menggantikan Ramsdale seutuhnya. Tapi, untuk menciptakan kompetisi internal. Bagus untuk Arsenal tapi bikin pusing untuk para manajer FPL.

Kesimpulan

Secara statistik musim lalu, Raya lebih unggul. Namun Ramsdale punya privilege sebagai pemain yang lebih lama bergabung. Arteta juga menegaskan bahwa Raya didatangkan untuk meningkatkan kompetisi. Jadi masih sangat minim informasi dan kadar ketidakpastian masih sangat tinggi.

Bagi pemilik Ramsdale :

  • Jika kiper kedua anda punya kepastian bermain dan jadwal yang tidak berat dalam 3-4 gameweek ke depan, ada baiknya pasang kiper tersebut.
  • Jika kiper kedua anda bukan kiper utama di timnya, pertimbangkan ganti kiper baru untuk antisipasi rotasi kiper di Arsenal
  • Jika tim anda seimbang, tidak ada urgensi transfer di GW ini, ada baiknya cari aman dengan transfer out Ramsdale dan cari kiper lain yang lebih punya kepastian bermain.

Rekomendasi pengganti Ramsdale :

  1. Vicario (TOT, £5,0m)
  2. Onana (MUN, £5,0m)
  3. Steele (BHA, £4,5m)
  4. Sanchez (CHE, £4,5m)

Komentar