Efek Klopp: Dinanti dan Dikhawatirkan

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Efek Klopp: Dinanti dan Dikhawatirkan

Sejak kalah tandang dari Manchester United di pekan pertama, Tottenham Hotpsur belum pernah kehilangan angka. Tottenham mengumpulkan 13 angka dari tujuh pertandingan Premier League terakhir mereka. Sembilan di antaranya datang dari tiga kemenangan beruntun, yang salah satu di antaranya adalah kemenangan telak 4-1 atas Manchester City di White Hart Lane. Tottenham akan menjalani pertandingan kesembilannya di stadion yang sama, melawan Liverpool yang berpisah dengan manajernya belum lama ini.

Liverpool sudah tiga kali menang musim ini, sama dengan Tottenham. Namun dua di antaranya mereka raih di dua pertandingan pertama. Dalam enam pertandingan Premier League terakhirnya, Liverpool hanya satu kali meraih kemenangan, tiga kali bermain imbang, dan dua kali kalah. Namun catatan tersebut sepertinya tidak akan berpengaruh banyak karena Liverpool sekarang sudah ditangani manajer baru, Jürgen Klopp.

“Ia memberi banyak informasi dan sebagai pemain kami harus banyak mendengarkan sekarang, serta belajar menerapkan perintahnya di dalam dan di luar lapangan,” ujar Lucas Leiva, pemain tengah Liverpool, sebagaimana dikutip dari situs resmi Liverpool. “Semuanya berjalan sangat baik, sangat positif, dan mudah-mudahan kami dapat terus seperti ini. Ia tampak sangat bergairah – ia memberi semua yang ia miliki dan ia meminta para pemain melakukan hal yang sama. Ia selalu meminta kami untuk giat dan bersikap agresif terhadap diri sendiri. Selalu lebih baik, selalu berlari sepuluh meter lebih jauh, karena itu kunci kesuksesan. Itulah yang ia sampaikan kepada kami beberapa hari belakangan.”

Masih menurut Leiva, keberadaan Klopp di Liverpool membuat para pemain memiliki semangat untuk berkembang, baik sebagai individu atau bagian dari kesebelasan. Semangat untuk menjadi lebih baik inilah yang Leiva harapkan dapat menjadi kunci kesuksesan kesebelasan berjuluk The Reds tersebut. Walau demikian, Leiva merasa tidak perlu buru-buru.

“Ia sangat sukses di kesebelasan terakhirnya, Borussia Dortmund,” ujar Leiva. “Tentu saja ketika manajer sepertinya datang, Anda selalu akan mendapat banyak harapan. Ini adalah permulaan baru untuk setiap pemain. CV-nya mengagumkan. Jadi saya rasa semua pemain sangat bersemangat untuk belajar dengannya dan berkembang sebagai pemain dan sebagai kesebelasan, karena hanya dengan itulah kami akan mencapai tujuan kami ... Jika kami meraih kesuksesan yang sama dengan Dortmund seperti ketika Klopp masih di sana, semua orang akan bahagia. Itulah mengapa kami sangat yakin mengenai ini. Masih awal; kami harus banyak mendengarkan dan menyerap semua informasi yang ia berikan secepat mungkin. Barulah kemudian kami akan mampu menerjemahkan di lapangan apa yang ia inginkan.”

Terlepas dari akan berhasil atau tidaknya para pemain Liverpool menerjemahkan instruksi Klopp dengan baik di pertandingan pertama manajer berkebangsaan Jerman tersebut, keberadaan Klopp membuat lawan menjadi lebih waspada. Harry Kane, kapten ketiga Tottenham, mengakuinya. Kane beranggapan bahwa keberadaan Klopp akan membuat para pemain Liverpool lebih bersemangat, dan karenanya lebih berbahaya. Walau demikian ia tidak khawatir karena kesebelasannya sedang dalam performa yang baik.

“Dalam beberapa pertandingan pertama setelah pengangkatan manajer (baru) semua pemain berusaha memberi kesan, jadi mereka mungkin akan bekerja 5% lebih keras dari biasanya. Kami tahu itu,” ujar Kane sebagaimana diwartakan The Guardian. “Para pemain Liverpool di Tim Nasional Inggris tidak sabar untuk kembali dan mulai bekerja di bawah arahannya. Namun kami telah merepotkan semua kesebelasan yang kami lawan musim ini sejauh ini dan itu adalah indikasi bahwa kami memainkan taktik manajer dengan baik dan cukup bugar untuk melakukannya. Dan itulah yang harus kami lakukan lagi di hari Sabtu. Tentu saja Liverpool dengan manajer barunya, akan sangat bersemangat. Namun kami tahu apa yang harus kami lakukan.”

Pertandingan akan disiarkan pukul 18:45 WIB. Untuk jadwal lengkap siaran langsung pertandingan sepakbola, silakan klik tautan ini.

Komentar