Uruguay dan Rusia Lolos ke 16 Besar

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Uruguay dan Rusia Lolos ke 16 Besar

Uruguay memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Kepastian tersebut didapat setelah Edinson Cavani dkk mengalahkan Arab Saudi dengan skor tipis 1-0 di pertandingan kedua Grup A.

Dalam laga yang berlangsung di Rostov Arena, Rabu (20/6) itu Arab Saudi sebenarnya tampil menjanjikan. Tim asuhan Juan Antonio Pizzi itu tampil menekan sejak awal laga, mereka mampu mendominasi penguasaan bola.

Kekalahan telak 0-5 yang diderita Arab Saudi saat jumpa Rusia di laga pertama tampaknya menjadi faktor dominan yang membuat mereka berani tampil agresif sejak awal. Sebab, untuk menjaga asa lolos ke babak 16 besar, bukan hanya kemenangan yang dibutuhkan Arab Saudi. Lebih dari pada itu, mereka harus menang dengan selisih enam gol atau lebih untuk menyalip Uruguay di posisi kedua.

Meski tampil menekan, serangan yang dibangun Arab Saudi sepertinya kurang efektif untuk membongkar pertahanan lawan. Uruguay yang lebih banyak ditekan, justru mampu unggul lebih dulu melalui Luis Suarez di menit ke-23. Penyerang Barcelona itu berhasil menyontek bola hasil umpan sepak pojok Carlos Sanchez.

Melalui gol tersebut, Suarez tidak hanya membawa Uruguay unggul, tapi juga membuatnya mencatatkan rekor sebagai pemain Uruguay pertama yang mampu mencetak gol dalam tiga edisi Piala Dunia berbeda. Gol tersebut menggenapkan koleksi gol Suarez di ajang Internasional menjadi 52 dari 100 caps bersama Uruguay.

Tertinggal satu gol, Arab Saudi mencoba mengejar. Tapi berbagai upaya yang dilakukan Taisir Al-Jassim dkk selalu menemui kebuntuan. Keunggulan 1-0 Uruguay pun bertahan hingga akhir laga. Selain membuat Uruguay lolos ke fase gugur, kemenangan tersebut juga membuat Rusia menemani Uruguay.

Penentuan Juara Grup di Pertandingan Terakhir

Saat ini Uruguay masih menempati posisi kedua di klasemen sementara Grup A Piala Dunia 2018 dengan enam poin. Mereka hanya kalah selisih gol dari Rusia yang berada di puncak klasemen. Uruguay dan Rusia akan saling bentrok di pertandingan ketiga Grup A di Samara Arena, Senin (25/6).

Kemenangan menjadi harga mati bagi Uruguay bila ingin lolos ke 16 besar dengan status juara Grup A. Sebab bila bermain imbang apalagi kalah, maka Los Charruas hanya akan lolos dengan status runner-up grup.

Di Babak 16 besar nanti, runner-up Grup A akan menghadapi juara Grup B, kemudian juara Grup A akan menghadapi runner-up Grup B. Melihat Grup B diisi oleh Spanyol, Portugal, dan Iran yang masih bisa lolos, maka Rusia dan Uruguay pasti memiliki lawan yang sulit, kecuali mungkin Iran.

Sementara bagi Arab Saudi, kekalahan dari Uruguay membuat mereka gagal menapak ke 16 besar. Kegagalan Arab Saudi kian menenggelamkan kiprah tim Jazirah Arab di Piala Dunia 2018. Sejauh ini sudah ada tiga tim yang pulang lebih dulu dari Rusia, ketiga tim tersebut semua berasal Jazirah Arab; Maroko, Arab Saudi, dan Mesir.

Meski begitu asa tim asal Jazirah Arab untuk lolos ke 16 besar masih terbuka. Masih ada Iran dan Tunisia yang masih punya nafas untuk menapak ke fase gugur. Tapi kansnya cukup berat. Iran yang tergabung di Grup B, masih harus bersaing sengit dengan Spanyol dan Portugal. Sementara Tunisia, setelah tumbang 1-2 dari Inggris, mereka masih harus menghadapi Belgia dan Panama di Grup G.

Foto: Twitter @Squawka

Komentar