Bawa Bola Sendiri, Uruguay Juarai Piala Dunia 1930

Klasik

by redaksi

Bawa Bola Sendiri, Uruguay Juarai Piala Dunia 1930

Rivalitas di Amerika Selatan tak melulu hanya soal Brazil dan Argentina. Rivalitas Argentina dan Uruguay pun tak kalah sengit panasnya. Bahkan sejak tahun 1930-an pun kedua tim ini saling membenci.

Adalah Piala Dunia tahun 1930 yang menggambarkan persaingan itu. Kala itu Argentina bertemu dengan Uruguay di Final. Sebelum laga final tim tuan rumah, fans Uruguay bahkan sempat mengancam akan  membunuh kapten Argentina, Luis Monti. asit John Langenus pun mendapat ancaman serupa. Bahkan ia meminta jaminan keamanan dan minta disediakan kapal agar dia bisa segera pergi setelah pertandingan usai.

Sebelum wasit meniup peluit tanda kick off  dimulai, kedua tim  datang dengan bola masing-masing. Mereka bersikukuh untuk memaksa wasit memakai bola yang mereka bawa. Karena keduanya sama-sama keras kepala, pertandingan pun sempat tertunda beberapa menit. Sang pengadil kemudian memberi usulan bahwa kedua bola akan dipakai. Hanya saja, Argentina diberi kesempatan lebih dulu memakai bola mereka.

Memakai bola sendiri memang nikmat. Hasilnya, pada babak pertama, Argentina unggul 2-1 atas Uruguay.

Hal serupa terjadi saat Uruguay memakai bola mereka. Karena tak terbiasa, Argentina harus kebobolan 3 gol. Pertandingan pun ditutup dengan kemenangan 4-2 untuk Uruguay. Kejadian ini kemudian dikenal sebagai "The Game of Two Balls"

(wam)

Komentar