Perihal Gol Handball Kontroversial Alexis Sanchez

Berita

by Sandy Firdaus 45277

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Perihal Gol Handball Kontroversial Alexis Sanchez

Arsenal berhasil mengalahkan Hull City dalam pekan ke-25 Liga Primer musim 2016/2017 dengan skor 2-0. Berkat kemenangan ini, The Gunners pun berhasil menjaga asa mereka untuk bersaing di papan atas. Namun, ada kejadian menarik yang terjadi dalam pertandingan tersebut, salah satunya adalah perihal gol Alexis Sanchez pada menit ke-34.

Seusai pertandingan, Mark Robertson, defender Hull City, mengaku bahwa ia didatangi oleh Mark Clattenburg, wasit yang memimpin pertandingan tersebut. Kepada Robertson, Clattenburg mengakui bahwa ia mengambil keputusan yang salah perihal gol Sanchez tersebut.

"Ya, itu adalah handball. Ketika kami akan memasuki lapangan di babak kedua, wasit (Clattenburg) mendatangi kami dan meminta maaf karena ia tahu bahwa gol Sanchez itu tidak sah karena ia handball terlebih dahulu. Wasit sepertinya melihat kembali video babak pertama, dan sadar bahwa ia melakukan kesalahan," ujar Robertson seperti dilansir Sky Sports.

Arsene Wenger pun mengatakan bahwa ia merasa kasihan kepada Hull akibat gol Sanchez yang berbau handball ini, meski ia juga mengungkapkan bahwa keputusan wasit berada di luar kuasanya sebagai manajer.

"Saya merasa kasihan kepada Hull atas gol berbau handball ini. Namun masalah keputusan yang dibuat wasit, itu berada di luar kekuatan saya sebagai manajer. Keputusan yang tidak menguntungkan sebuah tim memang kerap terjadi dalam sebuah pertandingan, jadi itu adalah hal yang wajar," ungkap Wenger seperti dilansir ESPN FC.

Gol yang dicetak oleh Sanchez ini memang mengundang perdebatan setelah pertandingan. Media ramai-ramai membicarakan, dan kebanyakan mengatakan bahwa gol Sanchez itu tidak sah karena ia handball terlebih dahulu. Tapi, Howard Webb memiliki pendapat lain. Wasit yang juga memimpin pertandingan final Piala Dunia 2010 ini malah mengatakan bahwa gol Sanchez itu sah.

Dimintai pendapat oleh BT Sport soal gol Sanchez tersebut, inilah yang dikatakan oleh Webb.

"Ya, jika semua melihat kejadian itu (gol Alexis Sanchez), orang pasti akan beranggapan kalau itu adalah handball. Jika saya adalah pelatih, pemain, atau suporter Hull City, saya akan merasa sangat kecewa akan keputusan Mark Clattenburg ini. Seperti sebuah hal buruk yang menimpa Hull. Clattenburg pun seharusnya bisa berdiskusi dulu dengan hakim garis tentang gol Sanchez ini."

"Namun dari perspektif saya, gol Sanchez itu sah. Dalam kejadian tersebut, Sanchez sama sekali tidak berniat untuk menyentuh bola dengan tangannya. Tangan kirinya terangkat ke atas, dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan tubuhnya ketika ia akan jatuh setelah berebut bola dengan kiper. Bola pun mendarat secara tidak sengaja ke tangannya dan berbelok arah masuk ke dalam gawang."

"Jadi, jika ditanya apakah keputusan Clattenburg tepat atau tidak, bagi saya ia sudah membuat keputusan yang tepat. Ketika seorang pemain memiliki niat untuk menyentuh bola dengan tangannya, maka itu baru bisa disebut handball. Dalam kejadian ini Sanchez sama sekali tidak berniat untuk menyentuh bola karena tangannya berada dalam posisi yang natural," tegas Webb.

Apakah Anda setuju dengan Webb? Atau Anda menganggap gol Sanchez itu tidak sah karena ia handball?

Sumber: ESPN FC, Sky Sports, BT Sport

Komentar