Pandit FPL : Gelandang Unggulan Gameweek 8

Fantasy Premier League

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pandit FPL : Gelandang Unggulan Gameweek 8

Mengingat hasil analisis jadwal pekan ini akan banyak poin yang hadir dari aksi menyerang (gol dan asis). Maka, kami merekomendasikan 4 gelandang yang berpotensi menyumbang banyak poin.

Sebelum kami merekomendasikan para gelandang unggulan, kami ingatkan terlebih dahulu tenggat waktu pemilihan pemain untuk gameweek ketujuh akan ditutup pada hari Sabtu, 17 September 2022 pukul 00.30 WIB.

Son Heung-min (TOT)

FPL musim 2022/2023 memiliki beberapa gelandang premium seperti Mohamed Salah, Kevin De Bruyne, dan Son Heung-min. Pekan ini, kita tidak bisa memasang Salah karena pertandingan Liverpool ditunda. Kevin De Bruyne sebetulnya masih menempati gelandang premium paling unggulan, tapi kami punya alasan tersendiri dalam memilih Son.

Pemilihan Son didasarkan atas catatan historisnya kala bertemu Leicester City. Pada pertemuan sebelumnya, Son menjadi bintang lapangan. Ia mencetak 2 gol dan 1 asis. Selain itu, secara statistik Son masih layak diperhitungkan dengan catatan 15 shots in the box. Tapi, perlu diingat bahwa hingga pekan keenam, Son belum mencetak gol. Ini bisa menjadi risiko sekaligus poin tambahan karena sang pemain tentu memiliki motivasi lebih untuk mencetak gol pertamanya musim ini.

Bernardo Silva (MCI)

Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, Kevin De Bruyne masih menjadi prioritas teratas dalam pemilihan gelandang unggulan. Tapi, Bernardo Silva juga tidak kalah menjanjikan. Ia juga memiliki harga yang jauh lebih murah dari Kevin De Bruyne. Dengan demikian, Bernardo bisa menjadi alternatif yang sangat pas.

Bernardo Silva merupakan salah satu pemain dengan versatilitas tinggi yang dimiliki Pep Guardiola. Oleh karena itu, ia sering menjadi pilihan utama ketika ada pos-pos di tubuh Manchester City yang kosong karena cedera. Dalam 4 pertandingan terakhir, Bernardo Silva mencetak 2 gol dan mencatatkan namanya sebagai gelandang yang paling sering melepaskan umpan ke sepertiga akhir pertahanan lawan (97 kali) dengan akurasi 97,89%.

Granit Xhaka (ARS)

Arsenal akan bertandang ke rumah Brentford. Laga yang berat bagi The Gunners tapi mereka sedikit lebih diunggulkan karena memiliki materi pemain yang lebih baik. Di posisi gelandang, Martinelli adalah pemain yang paling mentereng dalam konteks statistik. Tapi, kami menyuguhkan opsi lain dari Martinelli, yaitu Granit Xhaka.

Dari segi harga, Xhaka lebih murah dari semua gelandang utama Arsenal. Bahkan, Xhaka tercatat sebagai salah satu daru 3 gelandang Arsenal yang paling sering masuk ke kotak penalti (19 sentuhan dalam 4 pertandingan terakhir).

Tapi, catatan yang paling menarik adalah fakta bahwa Brentford merupakan salah satu tim yang paling sering terancam dari luar kotak penalti (14 kali terancam hingga pekan keenam). Sementara kita mengerti bahwa Xhaka merupakan gelandang yang memiliki kapabiltas melepaskan sepakan keras dan akurat dari luar kotak penalti. Hal ini yang menjadi alasan penting pemilihan Granit Xhaka sebagai gelandang unggulan.

Anthony Gordon (EVE)

Awalnya, kami memilih Anthony Gordon sebagai gelandang spekulatif. Tapi, melihat konsistenya dalam setiap pertandingan membuat kami cukup yakin untuk menempatkan Gordon sebagai salah satu gelandang unggulan pada gameweek kedelapan. Terlebih, Everton akan bermain kandang menghadapi penghuni zona degradasi, West Ham United.

Anthony Gordon memang salah satu gelandang yang paling mengancam. Hingga pekan keenam, Gordon menjadi salah satu dari 3 gelandang yang paling sering melepaskan tembakan (18 kali). Selain itu, ia menjadi gelandang yang paling banyak melepaskan tendangan ke gawang (13 tendangan). Tidak heran jika Anthony Gordon menjadi pencetak gol terbanyak di Everton.

Komentar