Pandit FPL : Kiper dan Bek Unggulan Gameweek 8

Fantasy Premier League

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pandit FPL : Kiper dan Bek Unggulan Gameweek 8

Pandit FPL kembali hadir untuk memberikan rekomendasi pemain-pemain yang berpotensi menyumbang banyak poin dari gameweek kedelapan. Berdasarkan analisis jadwal dari para scout pandit, mayoritas poin akan datang dari aksi menyerang (gol dan asis) tapi beberapa tim besar punya potensi besar meraih poin clean sheet. Maka dari itu, kami menggunakan formasi 3-4-3 khusus untuk gameweek kedelapan.

Hugo Lloris (TOT)

Tottenham Hotspurs akan berhadapan dengan Leicester City yang sedang terpuruk di 6 laga awal Liga Inggris musim ini. Skuad asuhan Brendan Rodgers menderita 5 kekalahan beruntun. Catatan buruk ini diperparah dengan tumpulnya lini depan. Dalam 2 pertandingan terakhir, Vardy dan kawan-kawan hanya melepaskan 16 tembakan.

Selain itu, jika melihat catatan historis antara Spurs dan Leicester, tim asal London Utara ini cukup unggul. Pada 3 pertemuan terakhir, Spurs selalu menang. Dengan demikian, potensi anak asuh Antonio Conte memenangkan pertandingan dan meraih clean sheet cukup besar. Hal ini yang menjadi dasar pemilihan Hugo Lloris sebagai kiper unggulan.

Selain soal lawan, Lloris juga memiliki statistik individu yang cukup mentereng. Ia baru kebobolan 5 gol dari 6 pertandingan. Posisinya tidak tergantikan mengingat di bangku cadangan hanya ada Fraser Forster. Llorsi telah mencatatkan 2 clean sheets dengan 11 penyelamatan. Bukan angka yang mentereng namun hal ini bisa menjadi indikasi bahwa Spurs memang jarang terancam.

Alternatif lainnya adalah Nick Pope yang akan berhadapan dengan Bournemouth. Meskipun Newcastle mendatangkan Loris Karius, tidak alasan bagi Eddie Howe untuk menggeser tempat Pope. Ia juga menjadi kiper dengan penyelamatan terbanyak, yaitu 28 penyelamatan dalam 6 pertandingan.

Joao Cancelo (MCI)

Kami telah beberapa kali memilih Cancelo sebagai salah satu bek unggulan. Alasan yang juga pasti disadari oleh sebagian besar manajer FPL adalah potensi mendapatkan poin dari aksi bertahan dan menyerang yang cukup besar. Sebagai bek sayap, Cancelo sangat rajin berkontribusi dalam usaha Manchester City mencetak gol.

Tanpa adanya pemain Liverpool, kami tidak ragu untuk memilih Cancelo untuk kesekian kalinya. Hingga pekan keenam, Cancelo menjabat sebagai bek yang paling sering melepaskan umpan ke sepertiga akhir (113 umpan) dilengkapi dengan 260 operan ke area lawan. Saingan terberatnya adalah Trent Alexander-Arnold, tapi pekan ini jadwal pertandingan Liverpool tidak akan diselenggarakan.

Kieran Trippier (NEW)

Pemain Newcastle United cukup berpeluang meraih banyak poin karena akan berhadapan dengan sang juru kunci, Bournemouth. Selain itu, Newcastle United dalam konteks kolektivitas bertahan tampil cukup baik. Dalam 2 pertandingan terakhir, mereka hanya menderita 2 gol dari 24 ancaman.

Kandidat bek unggulan dari Newcastle United ada dua pemain. Antara Fabian Schar atau Kieran Trippier. Dalam konteks FPL, dua pemain ini telah mendapatkan banyak poin. Tapi, kami memilih Trippier atas dasar potensi gol dan asis yang lebih baik dibanding Schar. Pemain asal Inggris ini merupakan salah satu bek yang paling sering melepaskan crossing (50 kali) dan rajin menciptakan peluang. Hingga pekan keenam, Trippier telah mencatatkan 11 peluang. Faktor lainnya adalah peran Trippier sebagai eksekutor tendangan bebas.

Emerson Royal (TOT)

Pemilihan pemain Tottenham Hotspurs untuk posisi kiper dan bek secara bersamaan memang cukup berisiko. Namun, mengingat lawannya memiliki tren yang cukup buruk, maka kami berani mengusulkan Emerson Royal sebagai salah satu bek unggulan. Status Leicester yang sedang terpuruk telah kami bahas di poin kiper unggulan.

Tapi, pemilihan Emerson tidak sebatas itu. Pemain asal Brasil ini memiliki jaminan posisi yang lebih pasti dari pada Ivan Perisic atau Ryan Sessegnon. Antonio Conte beberapa kali merotasi posisi bek kiri. Sementara bek kanan selalu diberikan kepada Emerson Royal. Secara statistik, Emerson memiliki beberapa catatan unik. Salah satunya adalah 20 crossing telah ia lepaskan dalam 6 pertandingan saja.

Komentar