Persegres: Skuat Muda dan Target Pribadi yang Diusung

Taktik

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Persegres: Skuat Muda dan Target Pribadi yang Diusung

Dalam ajang ISC A 2016 serta Piala Presiden 2017 silam, Persegres Gresik United tidak meraih prestasi yang terlalu impresif. Dalam ajang ISC, mereka finish di posisi ke-17, satu tingkat di atas PS TNI yang menjadi juru kunci. Dalam ajang Piala Presiden 2017 pun mereka gagal menembus fase grup dan kalah bersaing dengan Mitra Kukar.

Jelang digelarnya Gojek Traveloka Liga 1, seperti halnya tim-tim lain, Persegres pun melakukan persiapan. Di bawah komando pelatih anyar, Hanafi, mereka menggelar serangkaian laga uji tanding dan mengikuti berbagai turnamen selain Piala Presiden 2017, seperti Piala Bung Karno. Dengan persiapan yang matang ini, Persegres diharapkan dapat meraih prestasi yang lebih baik, di tengah keterbatasan yang kerap mereka alami.

Komposisi Skuat

Ditinggalkan oleh pemain andalan mereka pada ISC A 2016 lalu yang hengkang ke klub lain, semisal Oh In Kyun yang hijrah ke Mitra Kukar serta Ghazali Siregar yang pindah ke PSM, Persegres pun berburu beberapa pemain anyar. Salah satunya adalah mereka berhasil mendapatkan Goran Gancev, pemain yang pada ISC A 2016 silam menjadi bagian dari skuat Arema FC.

Selain Gancev, Persegres pun cukup banyak merekrut pemain muda seperti I Gusti Rustiawan, Fitra Ridwan, serta Gufroni Al-Ma`ruf. Ini tak lepas dari aturan liga yang mewajibkan setiap tim setidaknya memiliki lima pemain U23 yang tiga di antaranya diwajibkan untuk menjadi starter (ditambah Satria Tama dan Arsyad Yusgiantoro yang sedang membela timnas U22).

Nama-nama muda tersebut dihiasi oleh nama-nama pemain yang sudah mencapai usia matang macam Dave Mustaine, Aji Saka, Herwin Tri Saputra, serta Rahel Radiansyah. Ada juga sosok Agus Indra Kurniawan yang masih menjadi pemain senior sekaligus kapten dari Persegres untuk musim ini, serta sosok Patrick Silva di lini depan yang menjadi pencetak gol andalan bagi Persegres.

Melihat komposisi skuat Persegres sekarang, Laskar Joko Samudro memiliki cukup banyak pemain di dalam skuat. Hal ini tak lepas dari keinginan manajemen untuk mengambil kurang lebih 30 pemain yang akan memperkuat skuat Persegres pada Liga 1 2017 nanti, sehingga kelak pelatih Hanafi pun bisa melakukan bongkar pasang dalam skuat, terlebih Satria Tama maupun Arsyad Yusgiantoro, jika kelak mereka terpilih masuk skuat timnas U22 akan absen cukup lama dari tim Persegres.

Walau pun berada di tengah keterbatasan, tidak berarti Persegres melakukan persiapan secara asal-asalan. Justru dengan segala keterbatasan itulah, Persegres memiliki motivasi yang cukup besar untuk meraih prestasi musim ini, dengan patokan target awal 17 x 3, alias meraih tiga poin dari 17 pertandingan.

"Kita target untuk tahun ini hanya pakai format 17 x 3. Kita menargetkan kemenangan dari 17 pertandingan yang akan kita jalani di Liga 1," ujar wakil manajer Persegres, Bagus Citra Pratama.

Pemain Kunci: Agus Indra Kurniawan dan Patrick Silva

Secara kemampuan, memang Agus Indra tidak setangguh di masa mudanya dulu. Tapi ketenangan dan juga wibawa yang ia miliki membuatnya menjadi panutan di tim Persegres. Apalagi Persegres sekarang banyak berisikan pemain muda sehingga sosok pengayom dan pemimpin dibutuhkan dalam tubuh skuat. Agus "Jepang" Indra adalah pemain yang pas untuk itu.

Selain Agus, ada lagi satu pemain yang masih akan menjadi sosok kunci untuk Laskar Joko Samudro pada musim Liga 1 nanti. Ia adalah Patrick Silva. Pemain yang pada musim lalu mencetak cukup banyak gol untuk Persegres ini tetap akan menjadi hantu bagi para lawan-lawan Persegres di Liga 1 nanti.

Bukan hanya andal dalam mencetak gol, pemain asal Brasil ini juga andal dalam membuka ruang bagi kawan-kawannya dari second line. Pergerakan liarnya di daerah pertahanan lawan juga tak jarang kerap membuat lini pertahanan lawan kebingungan dalam menjaganya, Mobilitas di lini depan, disertai dengan kemampuan finishing nya yang baik inilah yang membuat Patrick masih akan menjadi andalan lini depan Persegres.

Selain dua nama di atas yang diperkirakan masih akan menjadi sosok kunci Persegres di Liga 1 2017 nanti, ada beberapa pemain muda yang cukup potensial yang bisa menggebrak di skuat Persegres. Selain nama Arsyad dan Satria yang kualitasnya sudah diakui dengan masuk timnas U22, ada juga nama-nama lain macam Fitra Ridwan, Dave Mustaine, I Gusti Rustiawan, dan Gufroni Al-Ma`ruf yang menjadi nama potensial dari skuat Gresik.

Semua sekarang ada di tangan Hanafi. Bagaimana ia meracik skuat serta bagaimana ia membentuk skuat untuk Liga 1 tergantung padanya. Dengan berbekal banyak pemain muda, serta pemain-pemain senior kenyang pengalaman macam Agus Indra serta Chairul Rifan, setidaknya target 17x3 bisa tercapai untuk Liga 1 2017 nanti.

Skuat Persegres musim 2017 (masih dimungkinkan ada penambahan dan pengurangan):

Penjaga gawang:

Fitrul Dwi Rustapa, Aji Saka, Satria Tama

Bek:

Goran Gancev, Egy Ardy Septian, Chairul Rifan, Goran Gancev, Obet Yulius, Husni Mubarok, Achmad Faris, Herwin Tri Saputra, Igor Shitov, Jeki Arisandi, I Gusti Rustiawan, Komarudin

Tengah:

Choi Hyun-yeon, Yusuf Effendi, Gufroni Al-Ma`ruf, Agus Indra, Rendi Saputra, Fitra Ridwan, Jusmadi, Yus Arfandy, Mohammad Said, Rahel Radiansyah, Dave Mustaine, Loudry Setiawan

Depan:

Kushedya Yudo, Tohir Hazar, Arsyad Yusgiantoro, Arga Permana, Patrick da Silva

Perkiraan formasi (4-3-3) dan susunan pemain:

Komentar