Pesepakbola Pertama dalam The Simpsons

Backpass

by M. Rifky Herlanda P.

M. Rifky Herlanda P.

Bola adalah pacar.

Pesepakbola Pertama dalam The Simpsons

Serial kartun The Simpsons merupakan serial kartun komedi yang sangat terkenal di Amerika Serikat, juga di banyak negara lain. Serial kartun ini menceritakan kehidupan keluarga Simpsons yang terdiri dari Homer, Marge, Bart, Lisa, dan Maggie.

Walau berformat kartun, serial The Simpsons sebenarnya diperuntukkan bagi orang dewasa karena setiap episodenya selalu menghadirkan tema-tema yang cukup sensitif. Serial ini terkenal atas komedi satir yang menyinggung kehidupan sosial di Amerika Serikat, termasuk ketika The Simpsons menceritakan bagaimana sepakbola di negara Amerika Serikat. Ditampilkan dalam The Simpsons, orang-orang Amerika Serikat terlihat sangat bosan ketika menyaksikan pertandingan sepakbola—bahkan sang komentator tidak sedikit pun semangat dalam memadu jalannya pertandingan.

Tidak hanya keempat tokoh saja yang muncul di setiap episode The Simpsons. Tercatat, hampir 300an tokoh pendukung tayang selama 27 tahun The Simpson hadir di layar kaca. Para tokoh pendukung itu bukan sembarang orang; beberapa aktor terkenal, politikus, dan figur publik ikut serta dalam mengisi suara para tokoh. Bahkan beberapa tokoh ditampilkan versi kartun mereka sendiri ketika tayang di serial kartun ini, bahkan sosok presiden Amerika Serikat sekarang, Donal Trump, pernah muncul di serial kartun ini.

Tak hanya aktor, olahragawan bahkan pesepakbola terkenal sempat muncul dalam serial kartun ini. Pesepakbola yang pertama kali dimunculkan di serial kartun The Simpson adalah mantan penyerang timnas Brazil, Ronaldo Luís Nazário de Lima.

Tepat hari ini, 22 Aprill 2007, Ronaldo muncul dalam serial kartun The Simpsons season 18 episode 17 yang berjudul “Marger Gamer”. Episode tersebut merupakan kolaborasi antara sang penulis cerita J. Stewart Burns dengan Ronaldo yang langsung mengisi suara karakter dirinya sendiri dalam bentuk kartun.

Ronaldo tampil dua kali dalam episode ini dengan mengenakan jersey salah satu kesebelasan Liga Spanyol yang pernah ia bela yaitu Real Madrid walaupun sebenarnya ketika tampil dengan menggunakan jersey Real Madrid pada episode itu, ia sebenarnya sudah menandatangani kontrak untuk pindah ke kesebelasan Liga Italia, AC Milan.

Pada episode ini, Ronaldo diceritakan datang ke pertandingan sepakbola di kota tempat tinggal keluarga Simpsons, Springfield. Ronaldo datang masuk ke lapangan dengan menghampiri Homer yang pada saat itu menjadi wasit pada pertandingan yang sedang dimainkan oleh anaknya yang bernama Lisa.

Homer terlihat tidak adil ketika menjadi wasit. Setiap Lisa terjatuh, Homer selalu meniupkan peluit tanda terjadinya pelanggaran walaupun Lisa tak mengenai benturan sedikit pun. Karena tidak adil, Homer mendapat protes dari para orang tua yang sedang menonton pertandingan dan Homer pun menanggapinya dengan tidak baik.

Ketika Homer sedang berdebat dengan orang tua pemain lain, Ronaldo muncul di depan Homer dan membuat Homer terkaget dengan mengatakan “Ronaldo, pemenang dua Piala Dunia dan tiga Pemain Terbaik Dunia!"

Ronaldo mengatakan bahwa Lisa sering kali terjatuh sepanjang pertandingan tapi itu bukan pelanggaran dan seolah ia ingin mengatakan kepada Homer bahwa ia tidak adil sebagai wasit karena memihak kepada anaknya, Lisa.

Mendengar perkataan dari Ronaldo, Homer langsung memberikan kartu kuning kepada Lisa dan kartu merah karena Lisa melakukan protes dengan merobek kartu kuning yang diberikan Homer kepadanya.

Pada adegan selanjutnya, Ronaldo muncul ketika Homer sedang bermain bola dengan keluarganya. Homer pada saat itu sedang melakukan juggling bola dan setelah selesai, ia muncul dengan mengatakan bahwa Homer melakukannya dengan baik.

Walaupun hanya tampil di dua adegan saja, Ronaldo menjadi pemain sepakbola pertama yang tampil di serial The Simpson. Setelah itu bermunculan beberapa pemain sepakbola lain di serial kartun ini.

Beberapa pemain seperti Pele, Maradona, Zinedine Zidane, Cristiano Ronaldo, dan Lionel Messi sempat muncul dalam acara ini. Bahkan pada tahun 2014, lima pemain Chelsea langsung sempat tampil pada acara The Simpsons yaitu Petr Cech, Frank Lampard, Fernando Torres, Eden Hazard, dan John Terry pada episode yang berjudul "You Don`t Have to Live Like a Referee" yang menceritakan Homer yang berkeinginan menjadi wasit sepakbola ketika Lisa memujinya.

Beberapa kesebelasan sepakbola seperti Barcelona, Juventus, Zenit St Petersburg, Corinthians, FC Porto, dan Boca Juniors juga pernah nampang pada serial kartun ini. Bahkan ketika Spanyol berhasil menjadi juara Piala Dunia tahun 2010, serial kartun The Simpsons membuat karakter satu tim Spanyol.


Simak cerita dan sketsa adegan Rochi Putiray tentang cara menjadi suporter yang baik:

Komentar