Malam Terkuburnya Catatan Sejarah Man United

Backpass

by Dex Glenniza 50500

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Malam Terkuburnya Catatan Sejarah Man United

Hampir semua orang memiliki tanggal lahir (ulang tahun), bahkan kesebelasan sepakbola juga. Tapi adakah yang tahu kapan tanggal lahir Manchester United?

Kebanyakan orang akan mengatakan United dibentuk pada tahun 1878 dengan menggunakan nama awal mereka, yaitu Newton Heath LYR. LYR adalah singkatan dari “Lancashire & Yorkshire Railway” yang merupakan perusahaan kereta api, perusahaan yang membiayai mereka pada awalnya.

Tidak ada yang salah dengan informasi di atas. Tahun 1878 berarti adalah sekitar 139 tahun yang lalu. Namun, tanggal tepatnya Newton Heath LYR dibentuk, sejauh yang saya cari dan saya tanyakan, tidak ada yang tahu.

Catatan sejarah terkadang bisa hilang atau hancur. Setiap orang begitu yakin jika United (Newton Heath LYR) pertama kali dibentuk pada tahun 1878. Tapi tanggal dan bulannya? Entahlah.

Hal ini terjadi karena sejarah di tahun-tahun pertama Man United hancur bersama dengan bom yang dijatuhkan oleh pesawat perang Jerman pada malam tanggal 11 Maret 1941, yang membuat Old Traffod hancur menjadi puing-puing.

Sehingga, jika kita ingin mengetahui tanggal pasti berdirinya Man United, kita memang harus menggali sejarah dari puing-puing hasil Perang Dunia kedua tersebut. Sebuah penggalian yang sejauh ini tidak menghasilkan apa-apa selain mitos.

Perang Dunia II yang mengorbankan sejarah

Pada saat Perang Dunia II, Old Trafford diambil alih oleh militer untuk digunakan sebagai depot. Meskipun begitu, pertandingan sepakbola yang melibatkan United terus dimainkan di stadion yang didirikan pada 1909 tersebut.

Mengetahui status Old Trafford sebagai depot, pasukat sekutu dari Jerman melakukan pengeboman pertama ke stadion ini pada 22 Desember 1940. Setelah pengeboman pertama itu, Old Trafford mengalami kerusakan terutama pada permukaan lapangannya, sehingga pertandingan boxing day melawan Stockport County harus dilangsungkan di stadion milik Stoockport.

Sepakbola kemudian berlangsung seperti biasanya di Old Trafford pada 8 Maret 1941, atau sekitar kurang dari tiga bulan sejak pengeboman pertama. Namun tidak lama kemudian, pesawat Jerman kembali melakukan pengeboman pada malam tanggal 11 Maret 1941, atau tepat hari ini 76 tahun yang lalu.

Pada pengeboman kedua ini, Old Trafford mengalami kerusakan yang parah, yang membuat kegiatan operasional kesebelasan terpaksa harus dipindahkan ke Cornbrook Cold Storage yang dimiliki oleh pemilik United saat itu, James Gibson.

Kejadian ini juga membuat Sir Matt Busby, manajer United saat itu, tidak memiliki ruangan pribadi dan harus bekerja di gudang penyimpanan es milik Gibson tersebut.

Tidak hanya itu saja, kerusakan parah terjadi bukan hanya kepada fisik Old Trafford. Karena pada saat itu seluruh catatan sejarah United disimpan di tribun utama stadion, maka dengan hancurnya Old Trafford tersebut juga membuat catatn sejarah United ikut hancur, terkubur bersama puing-puing.

Pemilik United saat itu, Gibson, menekan War Damage Comission untuk membantu United membangun ulang Old Trafford. United pun mendapatkan dana 4.800 paun untuk membersihkan puing-puing dan tambahan dana 17.478 paun lagi untuk membangun ulang tribun utama.

Pada saat Old Trafford sedang dibangun ulang, Manchester United memainkan laga-laga kandang mereka dengan menumpang stadion ke Maine Road, kandang Manchester City. Jadi, pada 1941 sampai 1949, United dan City memiliki kandang yang sama.

Pada 24 Agustus 1949, empat tahun setelah tragedi pengeboman, United akhirnya kembali lagi ke Old Trafford.

Baca juga: Tidak Ada Kandang Sebaik Old Trafford

Jadi, tanggal dan bulan lahirnya Manchester United adalah...

Sejak United lahir pada 1878 lalu kemudian sampai 2017 saat ini, berarti United (entah “sudah” atau “akan”) berusia 139 tahun.

139 tahun tersebut bukanlah waktu yang singkat. Manchester United adalah kesebelasan yang begitu tua, meskipun bukan yang tertua, yang memiliki sejarah yang terkubur dari hasil Perang Dunia II.

Tapi sejak 1941, sejarah mereka terkubur di balik puing-puing hingga menjadikan United tidak memiliki asal-usul yang jelas. Kesebelasan tersukses di Inggris ini mengawali petualang mereka dari para pekerja atau buruh (working class) di perusahaan kereta api Lancashire & Yorkshire Railway, yang menunjukkan kepada kita arti sesungguhnya dari kerja keras yang mereka bangun di awal terbentuknya kesebelasan ini.

Sampai sekarang tidak ada seorangpun yang bisa memastikan kapan tanggal dan bulan Newton Heath LYR berdiri. Satu hal yang jelas, pada 11 Maret 1941, catatan sejarah Manchester United hancur bersama bom yang dijatuhkan oleh pesawat perang Jerman. Biarlah masa lalu itu terus terkubur di dalam puing-puing.

Namun, jika kamu masih penasaran dengan kapan sebenarnya tanggal dan bulan kelahiran Manchester United, mungkin kamu bisa membaca tulisan ini karena ada spekulasi jika United dilahirkan pada 5 Maret 1978: Menggali Sejarah Manchester United dari Puing-puing.

Komentar