On This Day 1969, Selamat Ulang Tahun Dennis Bergkamp

Backpass

by redaksi

On This Day 1969, Selamat Ulang Tahun Dennis Bergkamp

"Aku selalu berpendapat bahwa Dennis Bergkamp adalah partner terbaik yang pernah aku punya. Dia adalah impian bagi semua striker." - Thierry Henry

Legenda tim nasional Belanda dan Arsenal, Dennis Bergkamp, berulang tahun pada hari ini. Bergkamp tentu bukan nama yang asing lagi di kepala kita. Striker dengan tinggi badan 183 cm ini selalu bisa menunjukan aksi-aksi ajaib di lapangan. Bahkan seorang king Henry mengatakan bahwa Bergkamp adalah partner impian bagi setiap striker.

Bergkamp sudah memulai perjalanan panjang di dunia sepakbola sejak berumur 11 tahun. Ketika itu Bergkamp bergabung dengan tim muda Ajax. Setelah berumur 17 tahun, Manajer Ajax ketika itu, Johan Cruyff, melihat talenta yang dimiliki Bergkamp. Cruyff memasukan Bergkamp ke dalam skuad utama Ajax. Debut karir profesional Bergkamp berlangsung pada tanggal 14 Desember 1986 melawan Roda JC.

Pertandingan melawan HFC Harlem 2 bulan setelah pertandingan debutnya, Bergkamp mencetak gol pertamanya di karir profesional. Pada musim itu Bergkamp kemudian mencatatkan 23 penampilan termasuk beberapa penampilannya di Piala Winners yang membuatnya mulai menarik banyak perhatian.

Sejak musim pertamanya, karir Bergkamp semakin melesat naik. Bergkamp berhasil menjadi top skor Liga Belanda 3 tahun berturut-turut dari tahun 1991, 1992, dan 1993 serta menjadi player of the year Liga Belanda di tahun 1992 dan 1993. Bergkamp berhasil mencetak 103 gol dari 185 pertandingannya bersama Ajax.

Penampilan cemerlang Bergkamp bersama Ajax membuat Inter Milan tertarik untuk merekrutnya. Bersama rekannya di Ajax, Wim Jonk, Bergkamp hengkang ke Inter Milan dan bermain 2 musim dari musim 1993 dan 1995. Sayang, Bergkamp gagal bersinar di Italia. Bergkamp hanya berhasil mencetak 11 gol dari 52 pertandingannya bersama Inter Milan.

Setelah itu, Bergkamp memutuskan untuk pindah ke Arsenal. Keputusannya untuk pindah ke Arsenal menjadi pilihan yang sangat tepat mengingat karirnya mencapai puncak ketika Bergkamp membela klub London ini. Hingga memutuskan untuk pensiun pada tahun 2006, Bergkamp mencatatkan 315 pertandingan dan mencetak 87 gol.

Karirnya di Arsenal sebenarnya sempat mengundang dilema bagi Bergkamp. Anggota keluarga Bergkamp adalah fans Manchester United dan dia sendiri mengidolakan Glenn Hoddle, mantan pemain Tottenham Hotspur. Meski kemudian Bergkamp menyatakan bahwa dia adalah fans Hoddle dan bukan fans Spurs.

Bersama tim nasional Belanda, Bergkamp juga mencatatkan karir yang luar biasa. Pada tanggal 26 September 1990 Bergkamp mencatatkan debutnya saat menjadi pemain pengganti Frank De Boer. Selama 10 tahun Bergkamp menjadi pilihan utama di tim nasional Belanda dengan mencetak 37 gol dari 79 pertandingannya.

Satu hal yang paling menarik dari Dennis Bergkamp adalah teknik mengolah bolanya yang luar biasa. Mantan pemain tim nasional Belanda di era 70an mengatakan bahwa Bergkamp adalah pemain dengan teknik paling baik yang pernah dimiliki Belanda. Beberapa gol-gol ajaibnya pun lahir dari sentuhan ajaibnya. Salah satunya adalah golnya saat melawan Newcastle United saat membela Arsenal.

Bergkamp juga mendapatkan julukan dari pendukung Arsenal sebagai `non-flying dutchman`. Julukan ini diberikan kepada Dennis Bergkamp karena ketakutannya untuk bepergian menggunakan pesawat terbang.



Komentar