(2 September) Selamat Ulang Tahun, Carlos Valderrama!

Backpass

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

(2 September) Selamat Ulang Tahun, Carlos Valderrama!

Tepat pada 2 September 1961, seorang pesepakbola bernama Carlos Valderrama dilahirkan ke dunia. Ia dilahirkan di Santa Maria, Colombia. Ia menjadi pemain dengan penampilan terbanyak bagi timnas Kolombia dengan catatan 111 penampilan, dan ia tampil dalam tiga gelaran Piala Dunia.

Pemain bernama lengkap Carlos Alberto Valderrama Palacio, dan juga memiliki nama panggilan El Pibe ini adalah salah satu pemain dunia dengan tampilan yang unik, yaitu rambut keriting (serupa rambut David Luiz, tapi lebih tebal) yang berwarna blonde. Mungkin, ialah inspirasi dari Fellaini untuk berambut kribo dan blonde seperti sekarang ini.

Valderrama memulai karier sepakbolanya di Union Magdalena pada 1981. Pada 1985, saat ia membela tim Deportivo Cali, ia mencatatkan debutnya bersama tim nasional Kolombia dalam sebuah pertandingan persahabatan melawan Paraguay yang berakhir dengan kekalahan Kolombia dengan skor 3-0. Usai debutnya pada 1985, Valderrama pun diangkat menjadi kapten timnas Kolombia dalam tiga gelaran Piala Dunia (1990, 1994, dan 1998).

Salah satu hal yang akan masyarakat Kolombia ingat adalah umpan menawannya yang membuat Kolombia mampu menyamakan kedudukan pada masa injury time saat melawan Jerman dan membawa Kolombia ke babak 16 besar Piala Dunia 1990. Ia pensiun dari timnas usai Piala Dunia 1998, dengan catatan 111 penampilan dan mencetak 11 gol.

Dua tahun sebelum ia pensiun dari timnas, ia sempat hijrah ke Major League Soccer, yang kala itu masih seumur jagung, setelah merasakan kompetisi Eropa bersama Montpellier dan Real Valladolid. Pada 1996, ia memutuskan membela Tampa Bay Mutiny, salah satu klub yang berkompetisi di MLS.

Setelah membela Tampa Bay, ia hijrah ke Miami Fusion pada 1998, lalu kembali lagi ke Tampa Bay pada 1999. Valderrama memutuskan untuk mengakhiri kariernya di Colorado Rapids pada 2002, dan mencatatkan diri sebagai pencetak asis terbanyak kedua di MLS dengan total 114 asis.

Feliz cumpleaƱos, El Pibe



Komentar