On This Day 1936, Sepakbola Pertama di Televisi

Backpass

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@panditfootball.com

On This Day 1936, Sepakbola Pertama di Televisi

29 Agustus 1936, Arsenal menjamu Everton di Highbury dalam laga pembuka First Division Championship musim 1936/1937. Pertandingan kali ini masuk dalam sejarah sebagai pertandingan sepakbola pertama yang tayang di televisi.

Tayangan yang ditampilkan sendiri hanyalah cuplikan dan bukan pertandingan secara penuh. Diperkirakan hanya ada sekitar 1000 orang yang menonton tayangan ini melalui saluran BBC, satu-satunya stasiun tv pada saat itu.

Tidak banyak data yang berhasil dihimpun dalam pertandingan ini, situs The Everton Collection hanya mencatat laga berakhir 3-2 untuk kemenangan Arsenal.  Legenda Everton, Dixie Dean mencetak gol pertamanya dalam pertandingan tersebut.

Sedangkan tayangan langsung sepakbola baru dapat dinikmati sekitar satu tahun kemudian. Tepatnya pada 16 September 1937, antara Arsenal melawan tim keduanya (reserves) yang berlangsung di Highbury.

Jangan bayangkan tayangan sepakbola pada era tersebut dapat dengan nyaman dinikmati seperti sekarang. Penonton di rumah bahkan masih kerap kebingungan membedakan kedua tim. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan diberlakukannya seragam terang vs gelap.

Komentar