Saat Perancis Memakai Jersey Klub pada Piala Dunia 1978

Klasik

by redaksi

Saat Perancis Memakai Jersey Klub pada Piala Dunia 1978

Dalam gelaran Piala Dunia satu-satunya sejarah tercipta dan mungkin tak akan terulang terjadi di Stadion Mar De Plata, 10 Juni 1978. Kala itu Perancis berhadapan dengan Hungaria dalam pertandingan pertama penyisihan grup 1.

Ada sesuatu yang janggal karena Perancis memakai kostum belang-belang hijau putih mirip Glasgow Celtic tapi dengan motif vertikal. Selidik-selidik kostum itu bukanlah kostum resmi Perancis tapi merupakan kostum pinjaman dari klub lokal Argentina yakni Atletico Kimberley.

Lantas bagaimana hal itu terjadi? Ternyata beberapa jam sebelum bertanding pihak televisi meminta kedua kostum memakai warna yang cukup kontras, mengingat mayoritas televisi di Argentina masih hitam putih, jadi sulit membedakan yang mana Perancis yang mana Hungaria.

Sesuai rencana awal Hungaria berwarna putih-putih dan Perancis berwarna putih-biru. Namun di televisi hitam putih kedua warna ini akan terlihat sama, meskipun warna celana berbeda.

Setelah berunding, Prancis yang selaku sebagai tim tamu bersedia mengalah untuk berganti kostum. Sialnya Perancis tak membawa kostum cadangan. Alhasil panitia pun mengakalinya dengan meminjam kostum pada klub lokal setempat. Alhasil kostum Perancis pun berganti menjadi hijau putih belang-belang.

(wam)

Komentar