Analisis dan Daftar Belanja FPL 2018/19: Pemain Tengah

Fantasy Premier League

by M. Rifky Herlanda P.

M. Rifky Herlanda P.

Bola adalah pacar.

Analisis dan Daftar Belanja FPL 2018/19: Pemain Tengah

Dengan pertimbangan bujet, lima pemain tengah dalam skuat FPL kita sebaiknya terdiri dari dua pemain premium atau high scoring midfielder (harga £8.0 ke atas, prospek bagus). Satu pemain harga menengah (£6.0 sampai £8.0), serta dua gelandang yang murah namun mendapat jaminan regular starter (£4.5 sampai £5.5).

Tidak seperti kiper, bujet per lini di outfield tergantung pada strategi kita. Kita bisa memilih apakah ingin memperkuat lini belakang, lini tengah, atau lini depan. Khusus untuk gelandang, biasanya terdiri dari:

  1. Gelandang harga premium (harga £8.5 ke atas), biasanya akan menjadi pendulang poin andalan dan hampir tak tergantikan. Jika kita ingin memperkuat lini tengah, silakan pilih dua pemain dari kalangan gelandang premium. Pastikan pemain kita imun terhadap rotasi dan tidak rentan cedera.
  1. Gelandang harga menengah (harga £6.0 sampai £8.0) yang dapat tampil konsisten, jaminan reguler sebagai starter, dan punya daya ledak yang bagus, artinya tidak melulu tampil bagus, tapi dapat sesekali diandalkan. Akan lebih baik jika kita bisa menemukan gelandang yang area bermainnya didorong ke depan sehingga bisa dianggap sebagai penyerang.
  1. Gelandang ekonomis (murah) dengan peluang tinggi sebagai starter. Lebih baik lagi jika ada dua gelandang murah yang bermain secara rotasi. Kehadiran pemain jenis ini tentu saja sebagai enabler agar bujet yang dihemat dapat digunakan untuk pemain dengan harga lebih mahal.

Gelandang Harga Ekonomis (£4.5 sampai £6.0)

Dale Stephens (Brighton, £4.5) yang musim kemarin kami masukkan ke dalam gelandang yang perlu dipantau ternyata menunjukkan kelasnya dengan memainkan 36 pertandingan dan mencetak tiga asis. Musim ini ia tetap akan kembali menjadi andalan untuk Brighton bersama Pascal Gross dan Jose Izguierdo.

Aaron Gunnarsson (Cardiff City, £4.5) kami prediksi akan membuat kejutan untuk musim depan bersama Cardiff City. Kapten Timnas Islandia ini tampil baik di Piala Dunia 2018. Kemampuan lemparan jauh yang ia punya berpotensi untuk memberikan asis. Dengan pengalaman yang dimilikinya, Pelatih Cardiff City, Neil Warnock, tentu akan memberikan satu posisi utama di lini tengah Cardiff City.

Jason Puncheon (Crystal Palace, £4.5) telah sembuh dari cedera dan bermain di laga pra-musim untuk Crystal Palace dan mencetak satu gol ketika mengalahkan Halmstads 6-1. Palace memiliki jadwal yang terbilang mudah di sembilan gameweek pertama, namun sejujurnya tak ada jaminan Puncheon akan menjadi starter.

Pemain harga £4.5 lainnya yang menarik masuk skuat FPL untuk awal musim ini adalah Arthur Masuaku (West Ham, £4.5). Pada musim lalu, Masuaku masuk ke posisi pemain belakang tapi untuk musim ini ia dimasukkan ke dalam posisi gelandang karena lebih sering bermain sebagai winger. Ia lebih aktif menyerang dan tercatat melakukan 100 umpan silang. Sayangnya selama pra-musim ia lebih banyak bermain sebagai full-back, sehingga membuat Masuaku mungkin sepi peminat.

Ruben Neves (Wolverhampton Wanderers, £5.0) menjadi gelandang harga £5.0 yang sementara ini paling populer dengan kepemilikan 15%. Gelandang asal Portugal ini memiliki peran penting di lini tengah Wolves. Enam gol berhasil ia cetak di Divisi Championship musim lalu yang kebanyakan lewat tendangan dari luar kotak penalti. Ia pun tercatat melepaskan 93 tembakan. Melihat catatan ini tentu ia menjadi gelandang dengan harga £5.0 yang sayang untuk dilewatkan masuk ke dalam skuat FPL.

Untuk gelandang dengan harga £5.0 kedua yang kami anggap memiliki potensi besar, yang juga berasal dari kesebelasan promosi, adalah Tom Cairney (Fulhan, £5.0). Kedatangan Jean Michael Seri ke Fulham membuat Cairney akan mendapat kebebasan di lini tengah Fulham. Ia akan lebih bebas untuk mengatur serangan karena tugas untuk memutus serangan lawan menjadi bagian Seri. Cairney memiliki statistik operan yang sangat baik di Championship dan membuat ia berpeluang mendapat poin tambahan dari sistem bonus FPL. Tiga tahun membela Fulham, ia tercatat telah mencetak 25 gol dan menandakan ia menjadi gelandang yang memiliki potensi mencetak gol cukup besar.

Satu gelandang ekonomis dari kesebelasan promosi lainnya adalah Joe Ralls (Cardiff City, £5.0). Ia mencetak 7 gol dan 4 asis musim lalu di Championship. Hal yang menarik dari Ralls adalah tugasnya sebagai penendang bola mati Cardiiff, mulai dari penalti, tendangan bebas, sampai tendangan sudut. Cardiff memiliki jadwal menarik di tiga gameweek awal.

Nama-nama pemain baru juga cukup menarik untuk musim depan dengan harga £5.0. Ada nama Jorginho gelandang baru Chelsea yang baru saja didatangkan dari Napoli. Memiliki peran penting di skuad Napoli di musim kemarin bersama Sarri tentu akan membuatnya mendapat satu posisi di lini tengah Chelsea meski dari sisi FPL, ia mungkin bukan gelandang utama untuk pencetak gol atau asis. Nama gelandang baru Arsenal, Lucas Torreira, juga menarik perhatian untuk musim depan dan patut dipantau setidaknya sampai akhir Agustus.

Nama-nama gelandang pengangkut air seperti Marroune Fellaini, Nemanja Matic, Eric Dier, Mousa Dembele, Victor Wanyama, dan Moussa Sissoko tersedia di harga ini. Mereka bisa saja bermain, tapi tidak terlalu menguntungkan dari sisi poin FPL. Jadi, sebaiknya pilih gelandang lain.

Kenedy (Newcastle United, £5.0) juga layak masuk ke daftar pantau melihat performanya di akhir musim lalu yang sangat menjanjikan. Dua gol berhasil ia cetak dari 13 pertandingan dan melepaskan 23 tembakan. Tapi untuk Kenedy, kami sarankan untuk tidak memasukkannya di gameweek awal musm ini karena lima pertandingan Newcastle sangat berat harus bertemu dengan kesebelasan-kesebelasan papan atas seperti Spurs, Man United, Chelsea, Man City dan Arsenal.

Jack Wilshere (West Ham, £5.0) yang baru saja pindah dari Arsenal juga menarik perhatian kami. Di West Ham ia kemungkinan akan mendapat menit bermain yang lebih banyak dan membuat kejutan lewat gol-gol yang tidak terduga atau bahkan memberikan asis. Posisi gelandang menyerang di harga ini sangat menarik, selain Wilshere, juga ada Alex Pritchard (Huddersfield, £5.0) meski The Terriers akan menjalani dua gameweek awal yang berat.

Gerard Doulofeu (Watford, £5.5) telah pindah secara permanen dari Barcelona. Ia menjadi pilihan baik untuk tiga gameweek awal di mana Watford memiliki jadwal relatif ringan, yaitu Brighton (H), Burnley (A), dan Crystal Palace (H).

Dua pemain Southampton yang memiliki jadwal pertandingan yang tidak terlalu berat di lima pertandingan awal menarik perhatian. Ada nama Nathan Redmond dan Stuart Armstrong (Southampton, £5.5). Redmond mencetak dua gol di pra-musim ketika menghadapi Schalke 04.

Fernandinho (Man City, £5.5) menjadi gelandang dengan harga £5.5 yang memberikan poin paling besar musim lalu dengan total 120 poin dan mencetak lima gol. Ia bermain dalam 34 pertandingan dan melesakkan 47 tembakan. Apabila kalian ingin memilih gelandang murah Man City daripada para gelandang Man City lainnya yang lebih mahal, Fernandinho menjadi pilihan yang tepat.

Jordon Ibe dan Ryan Fraser (Bournemouth, £5.5) secara bergantian mendapat rotasi di Bournemoth di awal musim kemarin, tapi di pertengahan musim hingga akhir musim keduanya sering kali masuk ke susunan pemain inti. Stanislas yang sedang dalam tahap penyembuhan cedera lutut membuka jalan bagi Ibe dan Fraser akan bermain di gameweek awal karena musim lalu Bournemouth lebih banyak bermain menyerang lewat sayap di mana Ibe dan Fraser bermain.

Pemain terakhir dengan harga £5.5 yang berpotensi paling besar untuk musim depan adalah Ruben Loftus-Cheek (Chelsea, £5.5). Pemain berusia 22 tahun tampil sangat baik ketika dipinjamkan ke Crystal Palace musim lalu sehingga membuat namanya masuk ke dalam skuat Inggris untuk Piala Dunia 2018. Di musim barunya ia kembali ke Chelsea dan peluang untuk menjadi pemain andalan Maurizio Sarri terbuka, karena Sarri sangat menyukai para pemain muda.

Jika kalian ingin memiliki spesialis bola mati yang murah, Stefan Johansen (Fulham, £5.5) bisa dimasukkan ke radar. Pemain Norwegia ini mencatatkan 8 asis sepanjang musim lalu di Championship. Ia adalah pilihan gelandang yang lebih murah dibandingkan dua pemain Fulham lainnya, Ryan Sessegnon dan Andre Schurrle.

Halaman berikutnya: gelandang harga menengah

Komentar