Analisis dan Daftar Belanja FPL 2018/19: Pemain Tengah

Fantasy Premier League

by Redaksi 21 26000

Redaksi 21

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Analisis dan Daftar Belanja FPL 2018/19: Pemain Tengah

Gelandang Harga Premium (£8.0 dan seterusnya)

Setelah melihat para gelandang dengan harga ekonomis dan menengah, kini saatnya kami menyertakan para gelandang dengan harga premium yang bisa dikatakan akan menjamin para manajer FPL mendapatkan poin. Hanya 14 gelandang yang tersedia dengan harga di atas £8.0.

Mohamed Salah (Liverpool, £13.0) tentu berada di urutan pertama. Tidak perlu penjelasan yang terlalu panjang untuk pemain Mesir ini. Kenaikan harga yang drastis juga tak mengurangi minat para manajer FPL untuk tetap memilihnya. Gelar pencetak gol dan poin FPL terbanyak musim lalu adalah daya tarik utama. Sekarang total kepemilihan Salah hampir melebihi 45%. Jika Salah dirasa terlalu mahal, kalian bisa beralih ke jagoan Liverpool lainnya yang berharga lebih murah; dua di antaranya adalah Sadio Mane (gelandang) dan Roberto Firmino (penyerang) yang sama-sama berharga £9.5.

Beda lagi dengan Raheem Sterling (Man City, £11.0) yang mengalami kenaikan harga juga, ia justru mengalami penurunan kepemilikan. Hanya sekita 3% manajer FPL yang memasukkan namanya ke skuat masing-masing. Tapi untuk musim depan, Sterling tetap kami unggulakan karena peran pentingnya di Man City yang telah kami bahas bahwa ia akan menjadi senjata rahasia untuk Liga Primer 2018/19.

Seperti di awal tadi kami mengatakan bahwa hanya ada 14 pemain yang tersedia untuk harga premium ini (£8.0 ke atas). Menariknya para gelandang premium ini hanya berada di kesebelasan enam besar. Maka dari itu, selain Salah dan Sterling yang spesial, kami coba jabarkan satu per satu berdasarkan asal kesebelasan masing-masing.

Manchester City

Sterling tentu menjadi pemain pertama dari Man City yang paling berprestasi. Ia mencatakan 6,9 poin setiap pertandingannya. Ia juga menjadi gelandang paling banyak melakukan sentuhan di dalam kotak penalti lawan musim lalu. Memilihnya untuk masuk skuat memang sedikit memberikan jaminan untuk ia memberikan poin (meski ada kemungkinan rotasi setelah Riyad Mahrez datang) tapi harga yang cukup mahal menjadi dilema tersendiri.

Kevin De Bruyne (£10.0) adalah pemain favorit Pep Guardiola. Ia memainkan 36 pertandingan bersama Man City musim lalu. Ia adalah pemain penting, jantung lini tengah Man City. Musim lalu ia memberikan 19 asis dan mencetak delapan gol. Total operan yang ia lakukan pun sangat banyak (2693 operan). Dengan peran pentingnya itu De Bruyne sedikit memberikan jaminan bahwa para manajer yang mempercayakan satu tempat kepada dirinya akan mendapatkan harapan poin asis.

Leroy Sane (£9.5) menjadi gelandang yang cukup mengejutkan penampilannya musim kemarin. Ia muncul sebagai senjata andalan di sisi kiri penyerangan Man City. 10 gol dan 15 asis adalah buktinya. Tidak tampil di Piala Dunia 2018 tentu menjadi kelebihan tersendiri bagi Sane yang memiliki stamina lebih fit.

Riyad Mahrez (£9.0) menjadi pengganggu ketiga gelandang Man City di atas. Mahrez tentu memiliki kualitas sendiri, 12 gol dan 13 asis berhasil ia cetak untuk Leicester musim lalu. Mahrez bisa jadi pengganti Sterling di skuat FPL kalian karena harganya yang lebih murah.

Tottenham Hotspur

Tottenham memiliki tiga gelandang yang harganya premium. Ada Bamidele Alli (£9.0), Son Heung-Min (£8.5), dan Cristian Eriksen (£9.5).

Dari ketiga gelandang Spurs ini kami lebih merekomendasikan Eriksen. Harganya memang mahal tapi kualitas yang ia berikan untuk Tottenham tentu lebih penting. Ia menjadi kunci lini tengah lewat operan-operan yang ia berikan. Ia pun adalah set piece taker utama yang membuatnya paling potensial untuk memberikan asis.

Untuk Alli, masih ada kendala inkosistensi penampilannya. Permasalahan mendapatkan kartu kuning adalah yang sering merugikan Dele ketika dipasang. Sementara untuk Son, kami tidak menyarankan untuk membelinya di awal gameweek ini karena ia akan berjuang bersama Timnas Korea Selatan untuk memainkan pertandingan Asian Games 2018.

Liverpool, Manchester United, Chelsea, dan Arsenal

Sadio Mane (£9.5) memiliki harga £3.5 lebih murah dari Mohamed Salah. Mane adalah pilihan yang lebih murah karena suatu alasan, ia memiliki rata-rata poin 5,1 per pertandingan. Penampilannya di Senegal di Piala Dunia kemarin juga sangat menjanjikan. Ia tentu akan mendapat satu tempat di lini tengah. Saling membantu dalam mencetak gol dan asis bersama Salah tentu menggiurkan.

Alexis Sanchez (£10.5) akan memulai kembali petualangannya bersama Man United. Di musim lalu ia hanya memulai dari pertengahan musim dan membuatnya sedikit lambat berprestasi memberikan poin. Kini ia telah memiliki waktu lama untuk penyesuaian dengan Man United, termasuk di pra-musim (dua gol dan satu asis). Musim lalu ia berhasil mencetak 9 gol dan rata-rata menciptakan peluang setiap 34 menit; mengalami peningkatan dari sebelumnya yaitu menciptakan peluang 41 menit sekali.

Paul Pogba (£8.0) tampil sangat baik bersama Perancis dan ia pun membawa Perancis menjadi juara dunia. Pogba musim lalu memberikan 15 asis untuk Man United dan mencatatkan 5,1 rataan poin FPL. Tentu menjadi angin segar bahwa ia akan kembali tampil baik bersama Man United apalagi dengan hadirnya Fred, yang akan membebaskannya untuk berkreasi di lini tengah Man United.

Eden Hazard (Chelsea, £10.5) dan Mesut Ozil (£8.5) adalah satunya-satunya gelandang premium Chelsea dan Arsenal. Kedua pemain akan bermain di bawah manajer baru musim depan, menyusul kedatangan Maurizio Sarri dan Unai Emery ke Liga Primer.

Masa depan Hazard di London sebenarnya masih diragukan, karana ada info ia akan meninggalkan Chelsea. Tapi Sarri sendiri mengatakan bahwa ia sangat berharap Hazard akan bertahan. Peran Hazard akan sangat penting untuk strategi Sarri dengan gaya swashbuckling yang ditampilkan Napoli di Serie A.

Hazard setiap musimnya bersama Chelsea selalu mencetak gol di atas 10 dan kemungkinan musim depan akan terulang tentu bisa terjadi karena kualitasnya. Penampilan yang sangat baik ketika Piala Dunia kemarin adalah bukti dirinya menjadi gelandang unggulan untuk Chelsea musim depan. Namun untuk memilih Hazard, sebaiknya di saat-saat terakhir menjelang tenggat waktu GW1 saja, khawatir ia akan dijual.

Ozil telah lima musim bersama Arsenal. Sebanyak 55 asis telah ia catatkan selama bermain untuk The Gunners. Musim kemarin ia mencatatkan 4.3 rataan poin FPL. Dengan strategi 4-2-3-1 ala Emery tentu Ozil akan mendapat peran spesial. Kepemilikan Ozil kini hampir mencapai 2.5% dan bisa saja manajer FPL yang jumlahnya hanya 2.5% ini mendapatkan hasil yang baik dari Ozil musim ini.

***

Hasil polling pemilihan gelandang oleh para manajer FPL di akun twitter @PanditFPL:

Untuk melengkapi tips awal sebelum mulai menyusun skuat gameweek 1, berikut adalah rekapitulasi artikel analisis dan daftar belanja FPL 2018/19:

Salam panah hijau!

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 4 Agustus 2018.

Komentar