Analisis dan Daftar Belanja FPL 2018/19: Pemain Tengah

Fantasy Premier League

by Redaksi 21 26000

Redaksi 21

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Analisis dan Daftar Belanja FPL 2018/19: Pemain Tengah

Gelandang Harga Menengah (£6.5 sampai £7.5)

Pada gelandang harga menengah ini terlihat para manajer FPL lebih banyak memilih dua atau tiga gelandang untuk menyimpan sedikit bujet demi mendapatkan penyerang mahal. Untuk musim 2018/19 terlihat cukup banyak gelandang potensial di harga menengah untuk memberikan poin lebih banyak daripada para gelandang premium seperti Mohamed Salah yang kini harganya sudah menjadi £13.0.

Hampir tiga pekan sejak dibukanya kembali jendela transfer FPL, nama besar Henrikh Mkhitaryan (Arsenal, £7.0) menjadi pemain paling populer di harga ini. Ia berpotensi memberikan banyak poin.

Namun di bawah harga Mkhitaryan masih cukup banyak gelandang potensial yang bisa masuk dafar belanja musim 2018/19. Nama pertama yang paling populer adalah Luka Milivojevic (Crystal Palace, £6.5). Musim lalu ia menjadi gelandang produktif lewat gol-gol dari penalti. Crystal Palace menjadi kesebelasan paling banyak mendapatkan tendangan penalti di mana Milivojevic berhasil mencetak tujuh gol karena ia merupakan set piece taker Palace.

Ryan Sessegnon (Fulham, £6.5) menjadi nama paling fenomenal di Championship karena ia sangat produktif padahal ia sempat bermain di posisi bek sayap kiri. Sebanyak 15 gol dan enam asis berhasil ia cetak bersama Fulham musim lalu. Di musim ini Sessegnon kemungkinan akan mengisi penyerang sayap kiri dengan formasi 4-3-3. Jika Sessegnon dianggap terlalu mahal, rekannya di sayap lainnya yang baru didatangkan dengan status pinjaman, Andre Schurrle (Fulham, £6.0), tersedia dengan harga sedikit lebih murah.

Dengan harga sama seperti Sessegnon, James Maddison (Leicester, £6.5) yang baru saja pindah dari Norwich City cukup menarik perhatian. Bersama Norwich musim lalu di Championsip, Maddison menjadi gelandang paling banyak dalam menciptakan peluang daripada para gelandang lain. Dengan harga yang relatif murah ini tentu para manajer yang ingin menyimpan bujet, Maddison bisa saja menjadi pilihan, apalagi dengan pindahnya Mahrez, Maddison mungkin akan mendapat tempat utama di lini tengah Leicester.

Untuk gelandang di kesebelasan enam besar musim lalu untuk mendapatkan harga ekonomis memang agak sedikit sulit, tapi dua nama, Fred (Manchester United, £6.0) dan Fabinho (Liverpool, £6.0), bisa jadi pilihan apabila kalian tetap ingin memiliki pemain dari kesebelasan enam besar. Khusus Fabinho, ia cukup produktif musim lalu bersama Monaco, meski itu terjadi karena ia adalah penendang penalti utama Monaco. Fabinho juga mempunyai kemampuan tendangan jarak jauh yang baik.

Erik Lamela (Tottenham, £6.5) tidak bermain di Piala Dunia 2018 sehingga ia memiliki kebugaran lebih baik daripada gelandang Tottenham yang bermain di Piala Dunia. Son Heung-Min yang harus bermain di Asian Games 2018 Agustus nanti tentu membuat Lamela kemungkinan akan mendapat posisi utama. Melihat penampilannya di akhir musim lalu, rasanya dengan harga £6.5 ia bisa masuk pilihan untuk di gameweek awal nanti.

Everton memiliki jadwal yang menarik di lima gameweek awal musim ini. Theo Walcott (Everton, £6.5) dan Yannick Bolasie (Everton, £6.0) cukup menjanjikan, apalagi dengan hadirnya Marco Silva yang mempunyai cara main menyerang yang aktif, kedua pemain ini akan sangat diandalkan untuk tiga penyerang di depan. Richarlison (Everton, £6.5) yang sering menjadi pemain andalan Watford musim lalu di bawah Marco Silva tentu akan mendapat kesempatan lebih mengisi starting line-up.

Para pemain dari kesebelasan promosi memang cukup membuat penasaran dan menarik. Di harga menengah ini ada nama Diogo Jota (Wolverhampton Wenderers, £6.5) yang musim lalu mencetak 17 gol. Ia terdaftar sebagai gelandang meski pada kenyataannya sering bermain di lini depan.

Mohamed Elyounoussi (Southampton, £6.5), pemain yang baru didatangkan dari FC Basel ini, tampil impresi bersama kesebelasan lamanya itu. Di gameweek awal musim ini, Soton punya jadwal yang tidak berat dan membuat namanya bisa jadi pilihan untuk gelandang menengah.

Nama-nama lain di harga di bawah £7.0 yang cukup menjanjikan di musim lalu seperti Juan Mata (Manchester United, £6.5), Matt Richie (Newcastle, £6.0), Jose Izquerdo (Brighton, £6.0), Andros Townsend (Crystal Palace, £6.0), dan Johann Berg Gudmundsson (Burnley, £6.0) bisa menjadi alternatif juga untuk masuk daftar belanja kalian.

Setelah melihat daftar belanja di bawah angka £7.0, kini mari kita melihat daftar para pemain potensial menurut kami untuk musim depan.

Nama pertama tentu tadi kami sudah sebutkan di awal, Mkhitaryan, yang menjadi daya tarik paling populer untuk musim depan. Untuk nama-nama seperti Bernardo Silva (Manchester City, £7.5), Willian (Chelsea, £7.5), serta Athony Martial dan Jesse Lingard (Man United, £7.5) memang cukup menjanjikan. Kecuali Lingard, mereka semua musim lalu bermain hampir tidak sampai 20 pertandingan dan membuat dilema apa mereka masih layak untuk masuk daftar belanja.

Untuk menghilangkan dilema itu, kami mencoba untuk mencari pemain lain dengan harga yang sama. Xherdan Shaqiri (Liverpool, £7.5) menjadi nama pertama yang muncul. Satu gol indah di laga pra-musim Liverpool kemarin seolah menunjukkan bahwa ia memang layak mendapat satu tempat di Liverpool. Musim lalu Shaqiri mencetak delapan gol dan sembilan asis, menjadi salah satu jagoan FPL.

Kalau tahu Erik Lamela di harga di bawah £7.0 punya potensi bagus, kali ini dengan harga yang lebih tinggi sedikit, Lucas Moura (Tottenham Hotspur, £7.0) bisa juga potensi tersembunyi di awal gameweek ini. Alasannya sama, ia lebih segar karena tidak bermain di Piala Dunia seperti Dele Alli, Christian Eriksen, dan tidak akan bermain di Si Jalak Harupat seperti Son.

Di harga £7.0 ini kami tertarik untuk melihat tiga nama pemain West Ham yaitu Michail Antonio, Andriy Yarmolenko, dan Felipe Anderson (West Ham, £7.0). Yarmolenko bermain sangat impresif bersama Dynamo Kyiv, sementara Anderson memiliki catatan yang baik selama bermain di Serie A (25 gol dan 33 asis dari 137 penampilan).

Pascal Gross (Brighton, £7.0) mengalami kenaikan harga karena penampilan impresifnya musim 2017/18. Ia masuk ke dalam daftar lima gelandang yang paling banyak menciptakan peluang musim lalu. Kalaupun kalian para manajer FPL ingin memasukkan namanya ke dalam skuat, kami sarankan untuk memilihnya nanti-nanti, karena di awal-awal gameweek musim ini Brighton harus menghadapi jadwal yang cukup berat.

Gylfi Sigurdsson (Everton, £7.5) patut mendapat perhatian. Musim lalu ia hanya berhasil mencetak 4 gol dan 4 asis. Namun musim ini bisa jadi sangat berbeda di bawah Marco Silva karena ia akan mendapatkan perannya sebagai gelandang serang di belakang penyerang. Jagoan Islandia ini pernah mencatatkan asis double digit dua musim sebelum 2017/18 yang cupu (dari segi skema dan cedera) bersama Sam Allardyce.

Halaman berikutnya: gelandang harga premium

Komentar