Adaptasi Cepat Nelson Semedo Bersama Wolves

Cerita

by Hendi Abdurahman

Hendi Abdurahman

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Adaptasi Cepat Nelson Semedo Bersama Wolves

Tak ada yang istimewa dari sosok Nelson Semedo jika merujuk pada catatan asis atau gol. Namun, kehadirannya di skuad Wolves musim 2020/21 cukup penting. Untuk ukuran debutan Liga Inggris, performanya bersama tim terbilang menjanjikan. Dari sembilan laga yang telah dilalui Wolves musim ini, tujuh pertandingan diikuti penggawa Timnas Portugal tersebut.

Kerap diturunkan sebagai bek kanan atau gelandang sayap kanan, keterlibatan Semedo dalam permainan yang diusung tim asuhan Nuno Espirito Santo terhitung cukup baik. Dalam hal serangan, misalnya, ia telah membuat enam tembakan yang dua di antaranya mengarah ke gawang. Keunggulan Semedo juga bisa dilihat dari jumlah operan yang mencapai 342, menjadikannya terbanyak di bawah Willy Boly. Setidaknya, operan-operan yang dilakukan Semedo bisa membuat Wolves menjaga tempo sekaligus memancing pergerakan lawan.

Sementara dari aspek bertahan, atribut Semedo juga tak kalah oke. Ia melakukan 12 sapuan alias ketiga terbaik dari seluruh pemain Wolves, disertai 15 blok. Hanya kebobolan 10 gol membuat Wolves menjadi tim terbaik di lini pertahanan setelah Tottenham Hotspur (9 gol). Dengan kontribusi yang telah diberikan, Nuno Espirito Santo tak ragu untuk memberi satu tempat di sebelas pertama.

Link streaming pertandingan Premier League: Arsenal vs Wolverhampton Wanderers

“Dia [Nelson Semedo] mengalami peningkatan. Kami mesti menyadari jika Premier League sangat menuntut aspek fisik dalam permainannya. Selalu ada momen bagi para pemain untuk membutuhkan waktu dan menyesuaikan diri atau adaptasi, dan itu membutuhkan kerja keras,” kata Nuno.

“Kami telah mencoba untuk memperbaikinya, memperoleh kebugaran dan kekuatan serta mampu menangani tuntutan Liga Inggris,” tambahnya.

Dana yang dikeluarkan Wolves senilai 30 juta euro bisa saja dianggap terlalu mahal untuk ukuran bek kanan atau gelandang sayap kanan. Namun, keyakinan Nuno atas kemampuan Semedo membuat harga tersebut cukup layak dikeluarkan klub.

Tak hanya itu, salah satu faktor yang membuat adaptasi Semedo kian cepat lantaran koneksi pemain Portugal yang berada di Wolves. Dari catatan Transfermarkt, musim ini terdapat sembilan pemain asal Portugal dari total 25. Kehadiran Semedo bisa mengatasi hengkangnya Matt Doherty ke Tottenham Hotspur.

Jika melihat performanya musim lalu bersama Barcelona, Semedo memang bukanlah tipikal bek sayap yang gemar mencetak gol atau memberikan asis. Dari 42 laga yang dijalani di lintas kompetisi, ia hanya mencetak satu gol dan 6 asis. Tetapi, agresivitas serta tahu kapan mesti naik menopang serangan atau pun turun membantu pertahanan menjadi nilai lebih Semedo.

“Saya memilih Wolves karena tim ini sangat bagus dan memainkan sepak bola yang hebat. Tahun lalu mereka menjalani musim yang apik. Mereka tim yang sangat penting di Inggris, juga di Eropa. Saya berharap tahun ini kami dapat melakukan hal-hal yang sangat baik,” papar Semedo di awal kedatangannya ke Molineux.

Melawan Arsenal di Stadion Emirates pada Senin (30/11/2020) pukul 02.15 WIB, Semedo diprediksi bakal kembali diturunkan Nuno di sisi kanan. Misi berat bakal dihadapinya untuk membantu meraih kemenangan tandang melawan The Gunners. Wolves tak pernah menang jika bersua Arsenal dalam laga tandang sejak September 1979.

Seluruh pertandingan Premier League 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar