Milestone 100 Pertandingan Alfred Finnbogason di FC Augsburg

Cerita

by Ikhsan Abdul Hakim

Ikhsan Abdul Hakim

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Milestone 100 Pertandingan Alfred Finnbogason di FC Augsburg

Tak banyak pemain Islandia yang sukses di negeri orang, terlebih di liga-liga top Eropa. Sejak merdeka pada 1944, hanya segelintir pemain Islandia yang secara reguler mencicipi kompetisi liga-liga top Eropa; di antaranya adalah Asgeir Sigurvinsson, Hermann Hreidarsson, serta Eidur Gudjohnsen.

Namun, semuanya mulai berubah pada dekade 2010-an. Negara dengan populasi tak lebih dari 400.000 jiwa itu memiliki generasi pesepakbola terbaik. Pemain seperti Gylfi Sigurdsson, Johann Berg Gudmundsson, serta Alfred Finnbogason sukses berkiprah di liga papan atas. Gylfi dan Johann bersinar di Inggris, sedangkan Alfred tampil apik di Bundesliga. Generasi ini membawa Islandia menembus Euro 2016, turnamen mayor pertama mereka, serta Piala Dunia 2018.

Salah satu penyerang di generasi itu, Alfred Finnbogason, akan menjalani hari istimewa pada Sabtu (28/11/2020) besok. Ketika FC Augsburg menjamu SC Freiburg, penyerang berusia 31 tahun itu berpeluang memainkan pertandingan ke-100-nya untuk die Fuggerdstaedter.

Link streaming pertandingan Bundesliga: FC Augsburg vs SC Freiburg

Capaian tersebut adalah tonggak sejarah yang belum banyak diraih oleh pemain Islandia. Sejak kedatangannya pada 2015/16, Alfred berperan penting dalam mempertahankan Augsburg di Bundesliga 1.

Didatangkan pada pertengahan musim, Alfred memberi dampak instan ke performa Augsburg. Di musim debut, ia tampil dalam 14 pertandingan dan mencetak tujuh gol serta tiga asis. Die Fuggerstaedter pun berhasil lolos dengan keunggulan dua poin dari zona play-off degradasi 2015/16.

Setelah musim itu, Alfred makin prolifik di WWK Arena. Pemain kelahiran Reykjavik ini menjadi top skor Augsburg di ajang Bundesliga dengan 35 gol. Raihan itu menunjukkan bahwa ia tak mengalami “demam panggung” di Bundesliga.

Sebelum pindah ke Jerman, performa Alfred sempat dikhawatirkan akan menurun. Pasalnya, Alfred memiliki pengalaman buruk saat hijrah ke salah satu liga top Eropa, La Liga Spanyol. Pada 2014/15, Real Sociedad merekrutnya usai tampil impresif bersama SC Heerenveen, mencetak 53 gol dalam dua musim Eredivisie.

Akan tetapi, performanya menurun drastis di Anoeta. Alfred hanya berhasil mencetak dua gol di La Liga 2014/15. Ia kemudian dipinjamkan ke Olympiakos sebelum direkrut secara permanen oleh Augsburg.

Di Jerman, peran penting Alfred dipertahankan hingga setidaknya 2022. Eks penyerang Helsingborg ini menandatangani perpanjangan kontrak pada awal 2019/20 lalu.

“Saya telah berada di klub ini lebih dari tiga tahun sekarang, dan di samping sejumlah cedera, ini adalah periode terbaik dalam karier saya sejauh ini. Kedua anak saya lahir di Augsburg dan kami sangat betah di kota ini. Maka dari itulah saya menyambut kesempatan memperpanjang waktu saya di sini,” jelas Finnbogason usai menandatangani perpanjangan kontrak.

Problem cedera memang menghambat kiprah Finnbogason di Jerman. Ia tercatat melewatkan 62 pertandingan akibat cedera sejak datang pada 2015/16. Jika bukan karena itu, Alfred tentu telah membuat penampilan ke-100 untuk Augsburg sejak lama.

Musim ini, Alfred pun telah menderita cedera pada Oktober lalu. Ia menderita cedera hamstring, melewatkan laga kontra RB Leipzig dan Bayer Leverkusen. Pekan lalu, saat menahan imbang Borussia Moenchengladbach, Alfred mendapat kesempatan pertama masuk starting line up setelah cedera tersebut.

FC Augsburg akan menjamu SC Freiburg pada Spieltag 9 Bundesliga 2020/21, Sabtu (28/11), pukul 21:30 WIB. Pertandingan tersebut, serta seluruh pertandingan Bundesliga 2020/21 beserta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar