Cuco Martina, Pencetak Gol Pertama dari Curacao di Liga Primer

Cerita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Pemimpin Redaksi | Pesepakbola Tarkam | Juru Taktik
ardynshufi@gmail.com

Cuco Martina, Pencetak Gol Pertama dari Curacao di Liga Primer

Curacao tampaknya menjadi nama yang cukup asing bagi telinga kita. Namun usai laga Southampton menghadapi Arsenal pada Minggu (27/12) dini hari WIB, sepertinya Curacao akan menghiasi sejumlah media sepakbola, khususnya di Inggris sana. Negara dengan jumlah penduduk sekitar 152 ribu jiwa ini akan mulai sedikit menarik perhatian.

Adalah Rhuendly Aurelio Jean-Carlo Martina atau yang akrab disapa Cuco Martina yang akan membuat banyak orang mencari-cari tahu tentang Curacao. Pada laga pertamanya bermain sebagai starter di Liga Primer Inggris (saat menghadapi Arsenal), bek kanan Southampton ini mencetak gol indah dari luar kotak penalti.



Martina merupakan kapten timnas Curacao. Curacao merupakan Negara yang berada di zona CONCACAF. Timnas Curacao sendiri dilatih oleh mantan pemain timnas Belanda yang pernah malang melintang di berbagai kesebelasan papan atas Eropa, Patrick Kluivert.

Curacao memang merupakan termasuk Negara otonom dari Kerajaan Belanda, sebelum 2010 bernama Netherland Antilles. Tak mengherankan banyak pemain-pemain kelahiran Belanda yang bermain untuk timnas Curacao. Martina adalah satu dari sekian banyak pemain timnas Curacao yang lahir di Belanda.

Di timnas Curacao, ia telah bermain sebanyak 19 kali. Ia mulai membela timnas Curacao sejak 2011. Laga pertamanya sebagai pemain timnas Curacao adalah ketika menghadapi timnas Antigua dan Barbuda pada babak kualifikasi Piala Dunia 2014. Pada laga tersebut, Curacao kalah dengan skor 2-5.

Bek berusia 26 tahun tersebut merupakan rekrutan anyar Southampton pada musim panas 2015. Sebelum ke Liga Primer, ia memang berkarier dan besar di Belanda. Ia merupakan pemain lulusan akademi Feyenoord yang kemudian membela RBC Roosendaal, RKC Waalwijk, dan terakhir FC Twente.

Southampton sendiri mendapatkan rekomendasi untuk merekrut Martina dari asisten manajer mereka, Erwin Koeman. Kakak dari Manajer Southampton, Ronald Koeman, ini pernah menukangi RKC Waalwijk pada musim 2012/2013, di mana Martina adalah salah satu anak asuhnya saat itu. Menurut saintsfc.co.uk, Martina bermain di setiap pertandingan RKC Waalwijk pada musim tersebut dengan mencetak satu gol.

Penampilannya tersebut yang membuat FC Twente merekrutnya. Pada musim pertamanya, ia menjadi rekan setim Dusan Tadic, pemain yang juga kini membela Southampton. Meskipun begitu, saat itu ia bermain untuk skuat utama dan skuat cadangan Twente sesuai kebutuhan pelatih.

Kepergian Nathaniel Clyne di skuat Southampton membuat The Saints mendatangkan Martina pada awal musim 2015/2016. Meskipun begitu, ia bukan pemain Curacao pertama yang bermain di Liga Primer Inggris.

Sebelumnya terdapat Shelton Martins yang membela West Bromwich Albion pada periode 2007 hingga 2010. Hanya saja golnya ke gawang Arsenal membuat Martina menjadi pemain Curacao pertama yang mencetak gol di Liga Primer.

foto: espnfc

Komentar