Shearer Pecahkan Rekor Hat-Trick Pemain Termuda

Backpass

by redaksi

Shearer Pecahkan Rekor Hat-Trick Pemain Termuda

Berbagai rekor sudah dicetak Alan Shearer dengan Newcastle United. Nama eks striker tim nasional Inggris itu memang tak pernah lepas dengan The Magpies. Namun, rekor pertama yang dicetak Shearer ternyata bukan dengan Newcastle.

Pada 9 April 1988, Shearer mencetak rekor hat-trick pemain termuda dalam sejarah liga Inggris dengan usia 17 tahun 240 hari. Ia memecahkan rekor sebelumnya yang dicetak Jimmy Greaves dengan 20 tahun 290 hari pada tahun 1960.

Rekor itu diciptakan Shearer saat ia menjalani debut starternya bersama Southampton di laga kandang melawan Arsenal. Debut Shearer sendiri pada 26 Maret 1988 hanya sebagai pemain pengganti dalam laga melawan Chelsea. Beruntung baginya, Danny Wallace yang semula akan menjadi starter kurang fit sebelum laga melawan Arsenal itu.

Diberi kepercayaan demikian, Shearer langsung beringas dan membawa Southampton unggul melalui sundulannya di menit ke-5. Sempat disamakan oleh Kevin Bond, Shearer membawa timnya memimpin 2-1 pada menit ke-33. Skor babak pertama berakhir 3-1 berkat dua gol Shearer dan satu gol dari Mark Blake pada menit ke-44.

Momen bersejarah bagi Shearer akhirnya datang di babak kedua, tepatnya menit ke-49. Trigol dari youngsters itu membawa Southampton memimpin 4-1. Skor laga ini berakhir 4-2 untuk kemenangan Southampton setelah Arsenal memerkecil ketertinggalannya pada menit ke-82 melalui Paul Davis.

Tiga gol perdananya itu juga yang membuat Shearer menjadi striker paling subur di Inggris. Sampai saat ini, ia juga masih memegang rekor top skor sepanjang masa liga Inggris dengan 260 gol.

(sum)

Komentar