Ballon d?Or Pertama untuk Perempuan

Berita

by redaksi

Ballon d’Or Pertama untuk Perempuan

Rencananya majalah France Football akan menggelar malam penghargaan Ballon d’Or 2018 pada Selasa (04/12) dini hari WIB di Paris, Perancis. Ada sesuatu yang baru di edisi 2018 ini.

Sebelumnya penghargaan tersebut hanya diperuntukkan untuk para pesepakbola laki-laki saja, tetapi France Football selaku penyelenggara menambah dua kategori baru: gelar pemain terbaik untuk pesepakbola perempuan dan untuk pemain muda di bawah usia 21 tahun.

Gelar pesepakbola terbaik perempuan dinamai Ballon d`Or Féminin. Sementara untuk U21 dinamai Kopa Trophy.

Penghargaan tahunan ini untuk pertama kalinya berubah format sejak pertama kali digelar pada 1956, di mana pada saat itu pemain asal Inggris, Stanley Matthews, muncul sebagai pemegang trofi pertama.

Sebenarnya Ballon d’Or sempat bergabung dengan penghargaan pemain terbaik dunia versi FIFA pada 2010. Namun sejak tiga tahun lalu penghargaan tersebut kembali dipecah.

“Ini adalah sebuah langkah maju bagi sepakbola perempuan yang sedang berkembang dan ketidaksetaraan gender menurun meskipun masih banyak yang harus diperbaiki,” kata bek Perancis dan Olympique Lyonnais, Wendie Renard.

“Saya selalu ingin melihat seorang perempuan memenangkan penghargaan bergengsi seperti ini,” ujar Marta Vieria da Silva dari Brasil seperti dilansir dari Reuters.

Pemimpin redaksi majalah Football France, Pascal Ferre, mengatakan jika sepakbola perempuan terus berkembang. “Lebih dari 760 juta masyarakat dunia telah menonton Piala Dunia Perempuan 2015 dari televisi. Hal ini terjadi bukan hanya karena sebuah kebetulan,” katanya kepada BBC.

Secara lebih lanjut Ferre mengatakan bahwa juri yang melakukan pemungutan suara berbeda dengan mereka yang melakukan pemungutan suara kepada pesepakbola laki-laki.

“Saya percaya diri kami akan mendapat juri dari 40 jurnalis dari berbagai negara yang mana sepakbola perempuannya berkembang,” katanya.

Sedangkan FIFA telah terlebih dahulu memberikan penghargaan untuk pesepakbola perempuan terbaik. Pada dua gelaran sebelumnya, Carli Lloyd dari Amerika dan Lieke Martens dari Belanda menjadi pemenangnya.

Yang terbaru, Marta meraih penghargaan pesepakbola perempuan terbaik 2018 versi FIFA pada September lalu. Saat itu dia berhasil mengungguli dua nama pesaingnya, yakni Dsenifer Marozsan dari Jerman dan Ada Hegerberg dari Norwegia.

Sudah enam trofi pemain terbaik FIFA yang dimiliki Marta. Dia pernah mendapatkannya lima kali secara beruntun pada tahun 2006 hingga 2010.

“Penghargaan ini sangat berarti, tetapi ini bukan hanya tentang saya saja, ini tentang rekan satu kesebelasan saya yang berjuang untuk sepakbola perempuan,” ujar Marta dilansir dari BBC.

Ballon d’Or untuk perempuan berisi 15 nominasi pesepakbola perempuan yang sudah diumumkan sejak Oktober lalu. Dari nama-nama tersebut, tujuh di antaranya berasal dari Olympique Lyonnais Feminin. Berikut daftar 15 nama nominasi Ballon d’Or Wanita 2018:

  1. Lucy Bronze (Olympique Lyonnais Feminin)
  2. Pernille Harder (SV Werder Bremen)
  3. Ada Hegerberg (Olympique Lyonnais Feminin)
  4. Amandine Henry (Olympique Lyonnais Feminin)
  5. Lindsey Horan (Portland Thorns)
  6. Fran Kirby (Chelsea Women)
  7. Sam Kerr (Red Stars Chicago)
  8. Saki Kumagai (Olympique Lyonnais Feminin)
  9. Amel Majri (Olympique Lyonnais Feminin)
  10. Dzsenifer Marozsan (Olympique Lyonnais Feminin)
  11. Marta (Orlando Pride)
  12. Lieke Martens (FC Barcelona Femeni)
  13. Megan Rapinoe (Seattle Reign)
  14. Wendie Renard (Olympique Lyonnais Feminin)
  15. Christine Sinclair (Portland Thorns)

Pertama untuk yang Pertama

Jika Ballon d’Or untuk pesepakbola perempuan diberi nama Ballon d`Or Féminin, penghargaan untuk para pemain U21 dinamai Kopa Trophy. Keduanya menjalani debut di Ballon d’Or tahun ini. Nama Kopa Trophy diambil dari pemain Perancis pertama yang memenangi penghargaan Ballon d’Or pada 1958, yaitu Raymond Kopa.

Kopa dianggap sebagai salah satu pemain terbaik yang ada di generasinya. Dia adalah gelandang serang yang memiliki kecepatan tinggi, lincah, dan dikenal karena kemampuan giringan bolanya. Selain itu dia adalah seorang pencetak gol yang produktif. Terbukti dari 541 catatan penampilannya, dia berhasil mengoleksi 123 gol.

Pada 2004, saat perayaan ulang tahun FIFA yang ke-100, nama Kopa juga masuk ke dalam 125 pemain terhebat sepanjang masa yang dibuat oleh Pele.

Untuk penjurian Kopa Trophy sendiri akan diputuskan oleh 33 penerima Ballon d`Or sebelumnya, termasuk nama mantan bintang Serie A Italia, Michel Platini, Jean-Pierre Papin, Marco Van Basten, Zinedine Zidane, Pavel Nedved, dan Kaka, serta tidak tertinggal nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Sebelumnya, para juri telah memilih 40 nominasi pemain muda terbaik, namun secara lebih lanjut nama-nama tersebut dikerucutkan kembali sehingga hanya menyisakan sepuluh nama.

AC Milan menjadi kesebelasan dengan penyumbang pemain muda terbanyak. Dalam sepuluh besar nominasi Kopa Trophy, mereka mengirimkan dua nama pemain. Sedangkan pemain asal benua biru menjadi yang terbanyak dengan enam pemain, Benua Amerika dua pemain, Asia satu, dan Afrika satu.

Pemain asal Brasil, Rodrygo, yang baru saja menyelesaikan kepindahannya ke Real Madrid, menjadi pemain termuda dalam nominasi ini. Perlu diketahui bahwa sang pemain baru lahir pada 9 Januari 2001, yang berarti usianya baru menginjak 17 tahun.

Nama Kylian Mbappé menjadi salah satu favorit untuk memenangi penghargaan pertama ini setelah sebelumnya berhasil menjuarai Piala Dunia bersama Perancis dan mendapatkan tempat di FIFPro World 11 pada September lalu.

Berikut daftar 15 nama nominasi Ballon d’Or Wanita 2018:

  1. Houssem Aouar (Olympique Lyonnais)
  2. Trent Alexander-Arnold (Liverpool)
  3. Patrick Cutrone (AC Milan)
  4. Ritsu Doan (Groningen)
  5. Gianluigi Donnarumma (AC Milan)
  6. Amadou Haidara (Red Bull Salzburg)
  7. Justin Kluivert (Ajax Amsterdam dan AS Roma)
  8. Kylian Mbappé (Paris Saint-Germain)
  9. Christian Pulisic (Borussia Dortmund)
  10. Rodrygo (Santos)

Sementara untuk pesepakbola laki-laki, ada 30 daftar nama nominasi. Pertanyaan paling umum adalah apakah Luka Modric akan meraih penghargaan ini setelah ia berhasil menjadi pemain terbaik di Piala Dunia dan di penghargaan versi FIFA?

View this post on Instagram

Kemarin versi FIFA, sekarang versi France Football. Modri? lagi gak, ya? ???"

A post shared by PanditFootball.com (@panditfootball) on

Penghargaan Ballon d’Or, Ballon d`Or Féminin, dan Kopa Trphy akan dilangsungkan Selasa (04/12) dini hari WIB di Paris, Perancis.

(kim/dex)

Komentar