Gol Kecil yang Dirayakan dengan Besar oleh Kosta Rika

Berita

by Rio Pangestu

Rio Pangestu

Pembaca yang menulis.

 Gol Kecil yang Dirayakan dengan Besar oleh Kosta Rika

Kosta Rika akhirnya mencetak gol pertama mereka di Piala Dunia 2018, saat menghadapi Swiss di matchday ketiga Grup E yang berlangsung di Nizhny Novgorod Stadium, Kamis (28/6) dini hari WIB. Gol perdana Kosta Rika itu dicetak oleh Kendall Waston yang menyundul bola hasil umpan sepak pojok Joel Campbell pada menit ke-56.

Gol yang dicetak pemain bernomor punggung 19 itu merupakan penyama kedudukan, mengingat Swiss sudah unggul lebih dahulu lewat gol Blerim Dzemaili pada menit ke-31.

Meski hanya gol penyama kedudukan, para pemain dan pendukung Kosta Rika merayakan gol Waston dengan begitu meriah seakan menyambut gol kemenangan. Waston berlari ke tepi lapangan untuk menghampiri rekan-rekan satu timnya yang larut dalam perayaan di bangku pemain pengganti.

Di sisi lapangan yang lain, Celso Borges, David Guzman, dan Johnny Acosta turut melakukan perayaan dengan saling memeluk satu sama lain. Sorot kamera juga sempat menunjukkan beberapa pendukung Kosta Rika yang semringah dan berjoget ria dalam menyambut gol itu.

Gol Waston pantas dirayakan dengan meriah oleh Kosta Rika. Karena akhirnya mereka bisa turut mencicipi bagaimana rasanya mencetak gol di Piala Dunia 2018, setelah menjadi satu-satunya tim peserta yang belum mencetak gol sama sekali. Walau pada akhirnya gol tersebut tetap tak berpengaruh apa-apa, mengingat Los Ticos sudah dipastikan tersingkir akibat menelan dua kali kekalahan dari Serbia dan Brasil pada pertandingan sebelumnya.

Setelah gol Waston tercipta, Kosta Rika semakin bersemangat menjalani pertandingan. Pada menit ke-70, tertangkap momen ketika bek sayap Kosta Rika, Bryan Oviedo mengangkat-angkat kedua tangannya kepada pendukung Los Ticos yang berada di tribun penonton. Ia mengajak mereka agar bernyanyi dan memberikan dukungan dengan lebih semangat lagi.

Namun gairah dan semangat yang ditunjukkan Kosta Rika sempat mengendur ketika Josip Drmic berhasil mencetak gol kedua untuk Swiss pada menit ke-88. Bola umpan yang dilepaskan Denis Zakaria dari sisi kanan, langsung disambar Drmic dengan tembakan first time.

Kosta Rika sempat berpeluang mendapatkan hadiah penalti, setelah Bryan Ruiz dilanggar keras oleh Ricardo Rodriguez di dalam kotak penalti Swiss pada masa tambahan waktu babak kedua. Akan tetapi wasit Clement Turpin menganulir keputusannya setelah berkoordinasi dengan tim VAR yang berada di Moskwa. Menurut penilaian tim VAR, Ruiz sudah lebih dahulu berada dalam posisi offside sebelum Rodriguez melanggarnya.

Dua menit berselang, giliran Joel Campbell yang dilanggar oleh pemain bertahan Swiss di dalam kotak penalti. Kini Turpin langsung menunjuk titik putih tanpa merasa perlu mengonfirmasinya menggunakan VAR.

Eksekusi yang dilakukan Bryan Ruiz sempat mengenai mistar sebelum akhirnya memantul ke punggung Yann Sommer dan masuk ke gawang Swiss. Meriahnya perayaan dari para pendukung Kosta Rika kembali tampak dalam menyambut gol itu. Bahkan pelatih Swiss, Vladimir Petkovic, turut tersenyum melihat kebahagiaan para pemain Kosta Rika. Kedudukan 2-2 bertahan sampai akhir laga.

“Kosta Rika bermain dengan sangat hebat. Seluruh pujian aku tujukkan untuk mereka,” ucap gelandang Swiss, Blerim Dzemaili selepas laga.

Dengan hasil imbang ini, Swiss finis di posisi runner-up Grup E dengan total 5 poin. Sementara posisi juara grup ditempati Brazil yang meraih kemenangan atas Serbia dengan skor 2-0 di pertandingan lainnya. Swiss akan menghadapi Swedia di babak 16 besar.

Komentar