Dortmund Gagal Pertahankan Keunggulan Empat Gol

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Dortmund Gagal Pertahankan Keunggulan Empat Gol

FC Schalke 04 tertinggal empat gol dalam 25 menit. Selepas turun minum, die Konigsblauen memutar balik keadaan. Borussia Dortmund mereka paksa menerima empat gol balasan ? gol terakhir dicetak di menit keempat injury time.

Pertandingan dimulai dengan tempo dan tensi tinggi. Baru dua menit pertandingan berjalan, kartu kuning pertama sudah keluar dari kantung Deniz Aytekin, untuk Wenston McKennie. Schalke menekan dan terus menekan, namun yang mencetak gol pertama adalah Dortmund.

Pierre-Emerick Aubameyang, yang absen mencetak gol dalam empat pertandingan Bundesliga terakhir, membuka keunggulan di menit ke-12. Enam menit berselang Dortmund unggul semakin jauh berkat gol bunuh diri Benjamin Stambouli.

Dua menit setelah menggandakan kedudukan, Dortmund kembali mencetak gol. Mario Gotze, yang terakhir kali mencetak gol (pertandingan kompetitif) pada Desember 2016, mencetak gol ketiga Dortmund dengan menyundul masuk umpan silang Aubameyang.

Di menit ke-25, dari bola liar sepakan Aubameyang, Raphael Guerreiro melepas tendangan voli yang tak mampu dijangkau kapten Schalke, Ralf Fahrmann. Kurang dari setengah jam, pertandingan tampak sudah berakhir.

Domenico Tedesco, pelatih kepala Schalke, merespons situasi dengan menarik keluar Franco Di Santo dan Wenston McKennie untuk memainkan Amine Harit dan Leon Goretzka.

Sepuluh menit pasca turun minum, Schalke mencetak gol balasan lewat sundulan Naldo. Gol tersebut dianulir setelah teknologi VAR menyatakan Naldo sudah berada dalam posisi offside bahkan sebelum menyundul bola.

Gol balasan yang sah tetap tercipta. Di menit ke-61, Guido Burgstaller menyundul masuk umpan panjang Stambouli, sang pencetak gol bunuh diri. Empat menit berselang, Harit ? yang masuk sebagai pemain pengganti ? mencetak gol balasan kedua. Asisnya dari umpan silang Yevhen Konoplyanka.

Menit ke-68, Peter Bosz menarik keluar Andriy Yarmolenko (penyerang sayap) untuk Marc Bartra (bek tengah). Pergantian yang bertujuan untuk memperkokoh pertahanan, pada akhirnya, tidak banyak membantu.

Pelanggaran yang dilakukan Pierre-Emerick Aubameyang di menit ke-78 membuatnya harus meninggalkan lapangan. Sebelumnya, pada menit ke-55, Aubameyang mendapat kartu kuning pertamanya. Kalah jumlah pemain membuat Dortmund bertahan di kedalaman.

Empat menit sebelum waktu normal berakhir, aksi individu Daniel Caliguri (asis Stambouli, lagi) memangkas ketinggalan menjadi hanya satu gol saja. Menjelang akhir waktu normal, asisten wasit keempat menunjukkan durasi injury time: tujuh menit.

Empat menit injury time berjalan, Naldo menyundul masuk sepak pojok Konoplyanka. Kali ini tidak offside. Schalke berhasil menyamakan kedudukan dari ketinggalan empat gol, namun pertandingan berakhir dengan kedudukan 4-4.

Perkelahian yang terjadi selepas peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan membuat Nuri Sahin dan Ralf Fahrmann mendapat masing-masing satu kartu kuning.

Schalke turun satu posisi ke peringkat ketiga. Dortmund naik satu posisi ke peringkat keempat (untuk sementara). Selisih poin antara keduanya tetap tiga.

Nantikan analisis pertandingan ini di panditfootball.com

Komentar