Indonesia Lawan Malaysia, Partai yang Dinantikan Itu Akhirnya Terjadi Juga

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Indonesia Lawan Malaysia, Partai yang Dinantikan Itu Akhirnya Terjadi Juga

Partai antara Indonesia melawan Malaysia di ajang SEA Games 2017 akhirnya terjadi juga. Usai kemenangan timnas U22 Indonesia atas timnas U22 Kamboja di laga terakhir, Kamis (24/8/2017) sore, Indonesia memastikan diri akan menjadi lawan dari timnas U22 Malaysia di babak semifinal yang akan berlangsung pada Sabtu (26/8/2017).

Timnas U22 Indonesia dan timnas U22 Malaysia sudah bertemu sebelumnya dalam ajang babak kualifikasi Piala Asia U23 yang berlangsung di Thailand, Juli 2017 silam. Dalam pertandingan tersebut, Indonesia ditaklukkan oleh Malaysia dengan skor 3-0. Kekalahan ini juga yang menjadi salah satu biang kegagalan lolosnya Indonesia ke putaran final Piala Asia U23.

Di ajang SEA Games 2017, timnas U22 Indonesia dan timnas U22 Malaysia kembali berkompetisi. Namun di fase grup, keduanya tidak berada di dalam satu grup yang sama. Malaysia berada di grup A, sedangkan Indonesia berada di grup B. Mereka memulai perjalanannya dari garis awal yang berbeda.

D grup A, Malaysia begitu digdaya atas lawan-lawannya. Bahkan, saingan terkuat Malaysia di grup A, Myanmar mampu mereka taklukkan dengan skor 3-1. Dari empat laga yang mereka jalani di fase grup, Malaysia meraih hasil sempurna, yakni empat kemenangan dengan poin akhir 12, unggul tiga poin atas Myanmar yang menduduki posisi runner-up.

Sedangkan Indonesia harus melalui perjalanan yang berat untuk menuju ke babak semifinal. Berada satu grup dengan Thailand, Vietnam, dan Filipina, tim "Merah Putih" berhasil menorehkan 11 poin hasil dari tiga kali menang dan dua kali hasil seri. Namun tim-tim lain seperti Timor Leste maupun Kamboja, sempat menyulitkan Indonesia karena mereka memberikan perlawanan yang cukup sengit.

Indonesia pun baru memastikan lolosnya mereka ke babak semifinal setelah menang di pertandingan terakhir melawan Kamboja, Kamis (24/8/2017) sore. Itu pun bergantung kepada hasil lain, yakni kemenangan Thailand atas Vietnam di Stadion MP Selayang, pada waktu yang bersamaan. Ada sedikit tangan Thailand dalam lolosnya Indonesia ke babak semifinal.

Tapi terlepas dari perjalanan berbeda yang dilalui oleh Indonesia dan Malaysia, keduanya akhirnya dipertemukan dalam partai semifinal SEA Games 2017. Malaysia berstatus sebagai tuan rumah, dan Indonesia sekarang berstatus sebagai tim tamu. Tapi ini tak menyurutkan semangat suporter-suporter Indonesia untuk memberikan dukungan kepada timnas. Hal ini terlihat dari cuitan-cuitan netizen di medsos, apalagi Indonesia dan Malaysia pun sempat terlibat gesekan akibat kasus bendera yang salah.

Dengan bumbu-bumbu yang sudah ada ini, tampaknya laga semifinal antara Malaysia dan Indonesia nanti akan berlangsung dengan sengit.

(sf)

Komentar