Berkah untuk Bastian Schweinsteiger

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Berkah untuk Bastian Schweinsteiger

Jelang bergulirnya tahun yang baru, berkali-kali Bastian Schweinsteiger mendapatkan berkah. Setelah menjalani pertandingan pertamanya dalam laga perempat final EFL Cup melawan West Ham pada akhir November 2016, dalam pertandingan babak keempat Piala FA melawan Wigan Athletic, Minggu (29/1/2017), Schweini menjadi starting XI untuk pertama kalinya.

Bukan hanya menjalani pertandingan saja, saat melawan Wigan kemarin, pemain yang juga ikut mengantarkan Jerman juara Piala Dunia pada 2014 tersebut juga berkontribusi cukup banyak dalam kemenangan United atas Wigan dengan skor 4-0. Catatan satu asis dan satu golnya dalam pertandingan tersebut, ditambah dengan kontribusinya yang apik di lini tengah The Red Devils (ia mencatatkan 111 umpan pada pertandingan tersebut dengan rataan 92,8%) membuat permainan United begitu hidup.

Berkat penampilannya yang cemerlang ini, selain berhasil mengantarkan United melaju ke babak kelima Piala FA, membuatnya mendapatkan garansi tampil dari sang manajer, Jose Mourinho, minimal untuk ajang Liga Europa. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Mourinho dalam konferensi pers seusai pertandingan melawan Wigan.

"Ya, ia (Schweinsteiger) akan tetap tinggal di sini dan akan menjadi bagian dari skuat United untuk Liga Europa. Setelah Memphis Depay dan Morgan Schneiderlin hengkang, ada tempat untuknya kembali masuk dalam skuat kami," ujar Mourinho seperti dilansir ESPN FC.

"Bermain 90 menit dalam pertandingan ini, walau saya melihat ketika masuk menit ke-70 ia sudah sedikit lelah, adalah sesuatu yang luar biasa untuknya. Itu merupakan bukti bahwa selama ia tidak bermain ia tetap mampu menjaga tubuhnya dengan rutin melakukan olahraga dan aktivitas fisik lainnya. Ia adalah pemain profesional, dan melihat hal tersebut, saya tak ragu untuk memasukkannya kembali ke dalam skuat," tambah Mou.

Schweini sendiri pun tampaknya cukup puas kembali bermain, bahkan secara penuh selama 90 menit, untuk skuat United. Dalam akun Twitter pribadinya, ia mengungkapkan kebahagiaannya dapat bermain kembali untuk The Red Devils sekaligus mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan suporter kepada dirinya.

Semua berkah yang didapat ini tak lain berkat kesabarannya dirinya untuk tetap bertahan di dalam skuat United. Walau dikabarkan sempat dibekukan dari skuat United dan sempat ikut berlatih bersama tim cadangan, Schweini tetap profesional, tidak banyak omong, dan tetap berlatih secara individu untuk menjaga kondisi badannya.

Sekarang, berkah yang didapatkan oleh Schweini ini seolah menjadi counter tersendiri atas omongan Mou yang sempat mengesampingkan pemain kelahiran Kolbermoor, Jerman, ini karena terlalu banyaknya pemain yang satu posisi dengannya. Memanfaatkan kesempatan yang sudah dijanjikan oleh Mou ini, Schweini harus menunjukkan kemampuannya, apalagi sekarang penampilan pemain tengah United pun sedang tidak dalam kondisi bagus, terutama Paul Pogba.

Ia masih 32 tahun. Ada sisa beberapa tahun lagi yang bisa ia gunakan untuk mempertunjukkan kelas yang ia miliki.

foto: @BSchweinsteiger

Komentar