Harry Kane Ditepikan Sementara, Kesempatan bagi Sturridge?

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Harry Kane Ditepikan Sementara, Kesempatan bagi Sturridge?

Striker utama timnas Inggris, Harry Kane, akan ditepikan untuk sementara ketika Inggris menghadapi Slovakia dalam laga pamungkas Grup B Piala Eropa. The Guardian melansir bahwa Hodgson akan mengistirahatkan Kane, karena sang pemain kelelahan.

Kane sendiri ditarik keluar dalam pertandingan melawan Wales yang berkesudahan 2-1 untuk kemenangan Inggris. Striker yang menggantikan Kane saat itu, Daniel Sturridge, bermain gemilang dengan mencetak satu gol dan satu asis untuk membawa Inggris berbalik unggul setelah sempat tertinggal 0-1 pada akhir babak pertama saat melawan Wales.

Saat disinggung mengenai hal ini, Hodgson mengatakan bahwa pergantian striker ini ia lakukan bukan semata-mata karena seorang Kane lelah. Ia juga melakukan hal ini untuk meningkatkan kemampuan para striker dengan menghidupkan persaingan di antara mereka sehingga tidak ada yang merasa bahwa posisi mereka di timnas aman.

"Saya kira semua striker yang kita miliki harus diberikan semacam sebuah tantangan. Mereka semua harus menerima itu. Saya justru tidak ingin melihat arogansi mereka yang menganggap bahwa ada beberapa di antara striker kami yang menganggap bahwa tempat mereka di tim sudah terjamin," ujarnya kepada Guardian.

Ia juga menambahkan bahwa semua striker Inggris itu memiliki kualitas. Namun, tetap dibutuhkan sebuah tantangan agar kualitas-kualitas tersebut dapat muncul di atas lapangan, seperti yang diperlihatkan oleh Sturridge dan Vardy saat keduanya diberikan kesempatan tampil dalam pertandingan melawan Wales.

"Saya akui bahwa semua striker yang kami bawa ke Eropa ini memiliki kualitas, bahkan striker termuda kami sekalipun. Rashford, Vardy, mereka juga memiliki kualitasnya masing-masing, hanya butuh sebuah tantangan untuk mengeluarkan kualitas mereka," tambahnya.

Dengan mengatakan hal ini, Hodgson seolah mengeluarkan sinyal bagi para striker timnas Inggris bahwa slot untuk striker utama Inggris, yang dianggap menjadi milik Harry Kane karena penampilan impresifnya bersama Tottenham Hotspurs musim 2015/2016 lalu, masih terbuka dengan ditepikannya Kane pada pertandingan melawan Slovakia nanti.

Hal ini juga berarti bahwa Sturridge dan Vardy, dua orang yang juga berkesempatan besar untuk menjadi striker utama timnas Inggris, memiliki kesempatan untuk menunjukkan kemampuan mereka kepada Hodgson. Asal mampu memberikan efek baik, bukan tidak mungkin mereka akan menjadi striker utama Inggris dalam pertandingan berikutnya, itupun jika Kane permainannya tidak kunjung membaik seperti ketika melawan Wales.

ed: fva

Komentar