Kalahkan Peru Lewat Adu Penalti, Kolombia Melaju ke Semifinal Copa America

Berita

by Redaksi 32

Redaksi 32

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Kalahkan Peru Lewat Adu Penalti, Kolombia Melaju ke Semifinal Copa America

Kolombia sukses melaju ke babak semifinal Copa America Centenario usai menyudahi perlawanan Peru lewat adu penalti dengan skor 4-2 pada Sabtu (18/06) pagi WIB di MetLife Stadium. Sebelumnya, kedua kesebelasan hanya bermain dengan skor kacamata di waktu normal.

Kolombia memang baru menelan kekalahan atas Kosta Rika di laga penutup Grup A. Namun, kala itu mereka tidak tampil dengan kekuatan penuh. Pelatih Kolombia, José Pékerman, baru menurunkan James Rodriguez dan Juan Cuadrado di babak kedua. Bahkan, Carlos Bacca serta dua bek tengah mereka, Cristián Zapata dan Jeison Murillo tidak ikut bermain. Hal tersebut dilakukan demi menjaga kebugaran para penggawa La Tricolor di fase knock-out, meski harus kehilangan angka di laga terakhir babak grup.

Kendati demikian, keputusan tersebut ternyata tidak memberikan pengaruh yang signifikan dalam laga tersebut. Meski bermain dengan menurunkan pemain andalannya, Kolombia tak mampu membobol gawang Peru yang dijaga Pedro Gallese.

Sementara itu, Peru yang secara mengejutkan berhasil lolos ke babak 16 besar sebagai pemuncak klasemen, bermain disiplin di laga kali ini. Peru berhasil mengimbangi permainan Kolombia di waktu normal. Ini terbukti dari penguasaan bola yang tipis, yakni 49% berbanding 51%. Dari segi pertahanan, Paolo Guerrero dan kawan-kawan memang telah teruji, mereka hanya kebobolan dua gol di fase grup. Kini mereka berhasil menahan gempuran Kolombia hingga berakhirnya waktu normal.

Pada babak adu penalti, James Rodriguez yang ditunjuk sebagai penendang pertama berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik, disusul oleh Raul Ruidiaz yang menjadi algojo bagi Peru. Selanjutnya, Cuadrado dan Renato Tapia secara bergiliran berhasil mencetak poin bagi timnya.

Penendang ketiga Kolombia, Dayro Moreno berhasil membawa timnya kembali unggul. Di satu sisi, Miguel Trauco yang menjadi eksekutor Peru gagal melesakkan bola ke gawang. David Ospina sebenarnya telah terkecoh, namun dengan cepat ia menghalau tendangan pemain berusia 23 tahun tersebut dengan kakinya.

Kesuksesan Sebastian Perez mengeksekusi tendangan semakin membuat Peru tertinggal. Puncaknya, tendangan Christian Cueva yang mengempas ke atas gawang menyudahi babak adu penalti dengan skor 2-4 untuk Kolombia sekaligus meleburkan asa Peru untuk lolos ke babak semifinal.

Dengan kemenangan tersebut Kolombia akan berhadapan dengan pemenang antara Meksiko dan Chile yang baru akan bermain Minggu pagi. Sementara itu, meski Peru telah bermain apik, mereka tak lagi dinaungi oleh dewi fortuna seperti saat sukses mengalahkan Brasil lima hari yang lalu.

ed: fva

Komentar