Jelang Hessen-Derby, Suporter Frankfurt Akhirnya Bisa Datang Ke Darmstadt

Berita

by Teguh Rama

Teguh Rama

Penulis. Menggemari sepakbola dari sisi budaya tribun. Dapat dihubungi melalui surel teguhsutasman@gmail.com

Jelang Hessen-Derby, Suporter Frankfurt Akhirnya Bisa Datang Ke Darmstadt

Suporter Frankfurt tampaknya akan berbondong-bondong mendatangi Darmstadt setelah pengadilan Jerman mencabut larangan kontroversial berupa tidak diporbolehkannya pendukung Frankfurt mendatangi Darmstadt oleh Federasi Sepakbola Jerman.
Sebelumnya, kota Darmstadt akan terbebas dari suporter Frankfurt menyusul kericuhan yang terjadi di laga derby Hessen antara SV Darmstadt dengan Eintracht Frankfurt. Saat itu, suporter Frankfurt melemparkan petasan, menyerbu kedalam lapangan, dan membakar bender serta spanduk pendukung Darmstadt.

Menyusul kerusuhan tersebut, Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) memutuskan bahwa tidak ada penggemar Eintracht yang akan diizinkan untuk berada di stadion untuk pertandingan hari Sabtu (30/4) di Darmstadt. Frankfurt yang telah diperingatkan oleh federasi perihal perilaku fans mereka di awal musim juga didenda sebesar 75 ribu Euro.

Namun, kota Darmstadt menginginkan sanksi atau tindakan yang lebih tegas, yakni melarang suporter tandang berada kota mereka dari pukul 19.00 Jumat malam sampai 07:00 waktu setempat hingga pada hari Minggu pagi pukul 7 waktu setempat, dengan alasan keamanan dan keselamatan publik.

Pembatalan Larangan oleh Pengadilan

Pengadilan Administrasi kota (Verwaltungsgericht) memutuskan bahwa larangan tersebut tidak akan sah, setelah beberapa penggemar Frankfurt membuat pengajuan ke pengadilan. Sementara itu, Darmstadt masih memiliki pilihan untuk mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Hessen di Kassel.



Dilansir Deutshe Welle, wakil presiden Eintracht Frankfurt dan juga pengacara, Stefan Minden, mengatakan larangan kota tersebut akan membuat asumsi bahwa setiap satu dari tiap suporter klub adalah risiko keamanan potensial. Meskipun terjadi kekisruhan jelang laga derby nanti, kapten Darmstadt, Sulu Aytac, mengatakan akan lebih baik jika laga yang digelar akhir pekan ini dihadiri oleh suporter tandang. "

"Saya pikir, akan lebih baik dengan menentang fans yang mencemooh anda," ujarnya kepada DW. "Kadang-kadang nyanyian kasar dari mereka (suporter tandang) bisa memotivasi."

Suporter Frankfurt merupakan salah satu pendukung yang terkenal memiliki sejarah panjang dengan kericuhan di laga-laga yang dijalani klub kebanggaan mereka. Laga pra musim melawan Leeds United di awal musim ini juga diwarnai dengan bentrokan antar pendukung.

Laga melawan FC Köln pada musim 2010/11 yang memastikan Frankfurt terdegradasi musim berikutnya, juga diwarnai dengan keributan. Sebanyak 150 orang suporter diamankan oleh kepolisian.

Darmstadt akan mengamankan musim kedua berturut di Bundesliga jika mampu menang melawan sang rival, Frankfurt. Eintracht Frankfurt saat ini sudah dipastikan terdegradasi musim depan ke Bundesliga 2 meski Bundesliga masih menyisakan tiga laga.


Foto: spox.com

Komentar