Keyakinan Klopp Mengenai Masa Depan Liverpool di Liga Primer Inggris

Berita

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Keyakinan Klopp Mengenai Masa Depan Liverpool di Liga Primer Inggris

Sejak mendarat di Liverpool pada akhir tahun lalu, Juergen Klopp menjadi fenomena unik di sepakbola Inggris. Gayanya yang eksentrik dan meledak-ledak seakan mematahkan tradisi para manajer Liga Primer Inggris yang seringnya bersikap anggun layaknya bangsawan. Harus diakui bahwa Klopp membawa banyak perubahan bukan hanya untuk skuat yang diasuhnya tetapi juga kepada Liga Primer Inggris secara keseluruhan.

Liverpool akan menghadapi tantangan yang cukup berat musim depan. Bukan saja dikarenakan kedatangan Pep Guardiola ke Manchester City, tetapi juga karena rival sekota, Everton, yang sudah kedatangan investor baru. Belum lagi dengan musuh bebuyutan mereka, Manchester United, yang bisa saja ditangani manajer baru di Liga Primer Inggris edisi mendatang. Terkait hal ini, Klopp justru merasa tertantang, dan juga menyatakan bahwa tidak ada satu tim yang akan menjadi dominan di Liga Primer Inggris.

"Saya 100% sangat bersemangat terkait tantangan baru," ungkap Klopp kepada The Guardian. "Semakin lama segala sesuatunya semakin menyenangkan. Mengapa? Karena saya jadi mengetahui banyak hal. Saya memang bukan yang paling pintar tetapi saya adalah seseorang yang menyukai tantangan. Saya merasa bahwa saya adalah pilihan yang sempurna. Saya sangat bisa untuk bersabar dan menunggu hasil kerja saya, dan kami bisa mengubah suatu hal."

"Rasanya tidak mungkin bahwa suatu kesebelasan akan bisa mendominasi kompetisi selama lima atau enam tahun di Inggris saat ini. Tim-tim lain memiliki potensi finansial yang sangat besar. Saya rasa semua (manajer) memiliki kesulitan tersendiri. Apakah apabila saya pergi ke kesebelasan lain semua akan berjalan lebih mudah?" tanya Klopp

Dalam kesempatan yang sama, Klopp juga menambahkan bahwa kekalahan melawan Manchester City di final Piala Liga Inggris harus menjadi pelajaran bagi seluruh pemainnya. Ia juga mengatakan bahwa harus ada perubahan untuk merengkuh kesuksesan.

"Pada Minggu lalu dengan sedikit keberuntungan seharusnya kami bisa memenangi pertandingan. Seandainya Divock Origi berhasil mencetak gol, bisa saja kami meraih gelar juara. Akan tetapi, hasil tersebut akan menjadi pelajaran untuk kami. Agar meraih kesuksesan di masa mendatang kita harus belajar banyak hal," kata mantan Manajer Borussia Dortmund ini.

"Hal pertama yang mesti Anda lakukan adalah bekerja keras. Sejarah klub juga nama besar manajer dan pemain bukan jaminan untuk meraih kesuskesan. Cara bermain akan terpengaruhi banyak hal, dan kita harus berubah banyak hal agar bisa sukses."

Dari kutipan pernyataan Klopp tersebut, apakah ini pertanda dirinya sudah mengibarkan bendera putih untuk Liga Primer Inggris edisi kali ini dan lebih fokus bersiap untuk musim depan? Yah bisa jadi Klopp sudah benar-benar mengkhidmati "filosofi" klubnya dengan baik: Next Year Will Be Ours.

<fva>

Komentar