Langkah Awal Eks Pemain Arsenal yang Jadi Pemain Termahal Bournemouth

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Langkah Awal Eks Pemain Arsenal yang Jadi Pemain Termahal Bournemouth

Benik Afobe mungkin bukan nama besar yang kedatangannya di Bournemouth menjadi sorotan publik. Namun, jika ia berhasil merutinkan kebiasaan mencetak gol, Arsene Wenger tentu akan menyesali keputusannya melepas Afobe ke Wolverhampton tahun lalu.

Pasalnya striker bernama lengkap Benik Tunani Afobe ini merupakan produk akademi Arsenal. Talentanya ditemukan oleh Gary Nott, salah satu pemandu bakat Arsenal. Pada 2001, Afobe yang berusia enam tahun memutuskan bergabung dengan Arsenal FC Academy.

Namun, kegagalan bermain untuk tim utama membuatnya hijrah ke Wolverhampton di paruh musim 2014/15. Ia pun sukses membukukan torehan 13 gol dan lima assist dalam 21 laga bersama Wolves hingga paruh musim. Performanya berlanjut hingga paruh musim ini, sebelum ia resmi ke Bournemouth dengan nilai transfer sembilan juta poundsterling, pada minggu lalu.

Kemarin, Afobe yang menjadi starter untuk kali pertama di Bournemouth sejak dibeli dari Wolverhampton pekan lalu ini bermain apik. Torehan satu gol pun cukup membuat kesan baik dari penampilan kedua Afobe di kompetisi nomer satu di Inggris, setelah paruh musim lalu bermain di divisi kedua. Manajer Bournemouth, Eddie Howe, menunjukkan kepuasannya atas permainan Afobe.

“Ketika Anda datang ke sebuah klub baru, tanpa perlu berbicara, Anda pasti ingin memberikan impresi yang bagus dan Afobe melakukannya di pertandingan melawan Norwich. Sebagai seorang striker, dia berhasil menunjukkan bahwa ia mampu mencetak gol. Dia juga bermain baik sepanjang laga,” ujar Howe seusai laga melawan Norwich (16/1).

Pujian yang dilepaskan Howe memang tidak sembarangan. Ia tak hanya mampu menjebol gawang Norwich, melainkan juga mampu mengobrak-abrik pertahanan lawan. Beberapa pergerakan yang dilakukannya memang sangat berbahaya, tak heran kiper Norwich, Declan Rudd sampai melakukan sliding di luar kotak penalti kepada pemain bernomor punggung 20 ini.

Selain itu, menurut Opta, keberhasilan Afobe mencetak gol di laga kemarin juga membuktikan dia merupakan salah satu striker tajam di Inggris sejak musim 2014/15, sebab ia berhasil membukukan 33 gol liga dalam rentang waktu tersebut. Jumlah gol Afobe hanya dapat disaingi oleh striker Manchester City, Sergio Aguero dan striker Ipswich Town, Daryl Murphy.

Komentar