Jepang Borong Penghargaan Di AFC Awards 2015

Berita

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Jepang Borong Penghargaan Di AFC Awards 2015

Bukan hanya FIFA yang akan memberikan penghargaan pada siapa-siapa saja yang berhak mendapatkan gelar terbaik dalam setahun ke belakang. Federasi regional benua Asia, AFC, pun tidak ketinggalan. Pada akhir bulan November lalu benua Asia menggelar AFC Awards 2015 di New Delhi, India.

Dari berbagai kategori yang diperebutkan, Jepang menjadi negara tersukses dengan memenangkan tujuh nominasi.  Nadeshiko Japan atau tim nasional sepakbola perempuan Jepang mendominasi penghargaan dengan menjadi tim sepakbola perempuan terbaik pada tahun 2015. Sementara, Rikako Kobayashi, dinobatkan sebagai pemain muda terbaik di kategori sepakbola perempuan. Pelatih Nadeshiko, Asako Takakura, pun terpilih sebagai pelatih terbaik.

Pelatih yang membawa Nadeshiko ke partai puncak Piala Dunia wanita tahun ini sebenarnya tidak percaya bahwa dirinya akan kembali memenangkan penghargaan, Tahun lalu, ia pun meraih penghargaan yang sama.

“Saya pikir tidak akan memenangkan penghargaan ini lagi, saya persembahkan penghargaan ini kepada para pemain yang selalu bermain hebat di lapangan. Dengan tim senior yang pernah menjuarai Piala Dunia, maka kami terus berkembang,” ujar Asako yang sudah memenangkan penghargaan serupa sebanyak empat kali seperti yang dilansir Japan Times.

Asako Takakura (kanan) , Pelatih Sepakbola Perempuan Terbaik Asia Tahun 2015
Asako Takakura (kanan) , Pelatih Sepakbola Perempuan Terbaik Asia Tahun 2015

Sementara kategori pemain perempuan terbaik Asia masih akan diumumkan kemudian hari. Hal ini disebabkan oleh masalah teknis dan juga dikarenakan para nominator berhalangan untuk menyempatkan hadir ke acara penghargaan.

Federasi sepakbola Jepang juga membawa pulang penghargaan AFC Inspiring Member Associations of The Year , AFC President Recognition Awards for Grassroots Football, dan Dream Asia Awards karena peran mereka terhadap kemajuan sepakbola, khususnya di Asia. Tambahan lain yang didapatkan Jepang adalah Fair Play Awards.

Hasil yang dicapai anggota baru Australia terhitung tidak mengejutkan. Berhasil menjuarai Piala Asia kategori putra pada bulan Januari lalu, membuat mereka menggondol penghargaan tim nasional putra terbaik. Penghargaan lain dianugerahkan kepada pelatih tim nasional Socceroos, Ange Postecoglu.

Bintang Korea Selatan yang kini bermain untuk Tottenham Hotspur, Heung-Min Son memenangkan penghargaan untuk kategori Asian International Player of the Year. Salah satu alasannya adalah transfernya dari Leverkusen ke Tottenham Hotspur seharga 30 juta Euro pada musim panas lalu menjadi rekor transfer untuk pemain Asia yang sebelumnya dipegang oleh Hidetoshi Nakata dengan 25 juta Euro.

Berikut daftar lengkap pemenang AFC Awards 2015:

AFC Member Association of the Year

Inspiring
Japan Football Association

Developing
Hong Kong Football Association

Aspiring
Bangladesh Football Federation

AFC Dream Asia Award

Chinese Football Association
Japan Football Association
Vietnam Football Federation

AFC National Team of the Year

Men
Australia National Team

Women
Japan Women’s National Team

AFC Coach of the Year

Men
Ange Postecoglou (Australia)

Women
Asako Takakura (Japan)

AFC Player of the Year

Men
Ahmed Khalil (United Arab Emirates)

Women
Akan Diumumkan Kemudian Hari

AFC President Recognition Awards for Grassroots Football

Inspiring
Japan

Developing
Vietnam

Aspiring
Brunei Darussalam

AFC Fair Play Association of the Year

Japan Football Association

AFC Club of the Year

Guangzhou Evergrande (China)

AFC Futsal Player of the Year

Vahid Shamsaee (Iran)

AFC Futsal Team of the Year

Tasisat Daryaei (Iran)

AFC Youth Player of the Year

Men
Dostonbek Khamdamov (Uzbekistan)

Women
Rikako Kobayashi (Japan)

AFC Foreign Player of the Year

Ricardo Goulart Pereira (Brasil)

AFC Asian International Player of the Year

Son Heung-min (Korea Republic)

Sumber Foto : the-afc.com , japantimes.co.jp

Komentar