Apa Hukuman bagi Pemain yang Diving dengan Menarik Kaosnya Sendiri?

Berita

by Frasetya Vady Aditya

Frasetya Vady Aditya

Penyunting. Jangan terkekang; sepakbola cuma cangkang. Kontak: vady.aditya@gmail.com

Apa Hukuman bagi Pemain yang Diving dengan Menarik Kaosnya Sendiri?

Leandro Damiao, siapakah dia? Ia adalah seorang Brasil yang belum pernah main di Eropa. Namun, catatan gol per pertandingannya bersama timnas Brasil U-23 terbilang fantastis: 1 gol per pertandingan!

Dari enam laga yang ia lakoni, enam gol yang telah ia cetak. Damiao mengantarkan Brasil menjadi runner-up di bawah Meksiko dalam gelaran Olimpiade 2012, London.

Nama Damiao kembali melambung setelah aksi lucunya dalam lanjutan Liga Brasil, Minggu (12/10) lalu. Dalam pertandingan tersebut, Santos dikalahkan Criciuma dengan skor 0-3. Namun, aksi Damiao-lah yang sebenarnya mencuri perhatian.

Pemain kelahiran 1989 tersebut dengan sengaja menarik jerseynya sendiri ketika berlari di dalam kotak penalti. Tujuannya apalagi kalau bukan ingin menarik perhatian wasit demi meminta tendangan penalti.

Namun, aksi tersebut mendapat perhatian serius dari operator Liga Brasil. Damiao dihukum larangan bertanding sebanyak enam pertandingan.

Ketika ditanya soal insiden tersebut, Damiao menolak jika aksinya disebut sebagai bentuk tipuan untuk wasit agar memberinya penalti. Seperti dikutip Dailymail, Damiao menyebut kostumnya menempel di kulit dan ia mencoba untuk melonggarkannya.

Sulit mengambil simpulan dari apa yang dilakukan Damiao tersebut. Alasan Damiao pun terbilang masuk akal karena ia tak lebih dari dua detik menarik kaosnya. Setelah itu, ia kembali bermain sebagai mana mestinya. Terlihat pula bagaimana kostum Damiao yang terlihat basah sehingga menganggu pergerakannya sendiri. Selain itu, terlihat ia fokus memerhatikan bola dan tidak meminta perhatian wasit.

Jadi pantaskah hukuman tersebut? Atau sikap operator Liga Brasil yang terlalu berlebihan?



Sumber gambar: esportes.r7.com

Komentar