Lechia Gdansk Hadapi Tim Juru Kunci, Kesempatan Egy Bermain?

Analisis

by Ikhsan Abdul Hakim

Ikhsan Abdul Hakim

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Lechia Gdansk Hadapi Tim Juru Kunci, Kesempatan Egy Bermain?

Lechia Gdansk berhasil menembus empat besar Liga Ekstraklasa Polandia 2020/21 pada Jumat (20/11/2020) lalu. Berlaga di Stadion PGE Arena, anak asuh Piotr Stokowiec membungkam Slask Wroclaw dengan skor 3-2. Tambahan tiga poin membuat Lechia kini hanya berjarak lima poin dari pemimpin klasemen sementara, Rakow Czestochowa.

Dalam laga itu, Lechia berhasil membalikkan keadaan meski tertinggal lebih dulu di babak pertama. Winger asal Brasil, Conrado, menjadi bintang kemenangan Lechia dengan torehan satu gol serta dua asis. Conrado mengawali comeback Lechia dengan golnya pada menit 56 sebelum membidani gol Flavio Paixao dan Lukasz Zwolinski yang mengunci tiga poin Lechisci.

“Sulit bermain [menghadapi Slask], tetapi kami konsisten dalam membangun permainan. Di babak kedua kami bermain dengan jeli, lebih banyak pemain masuk kotak penalti; kami bermain lebih naik, lebih banyak umpan ke depan dengan risiko lebih besar, dan akhirnya itu membuahkan hasil,” ucap Stokowiec dalam konferensi pers pascalaga.

Hasil lawan Slask memperpanjang tren positif Lechia. Flavio Paixao dan kawan-kawan tak terkalahkan dalam tiga laga terakhir, meraih dua kemenangan beruntun. Pada Selasa (24/11) dinihari pukul 00.00 WIB, Lechia berupaya mempertahankan rekor positif itu saat melawat ke markas Piast Gliwice.

Link streaming pertandingan Ekstraklasa: Piast Gliwice vs Lechia Gdansk

Lechia boleh optimistis jelang bertandang ke Stadion Miejski. Pasalnya, Piast sedang dalam masalah pada awal musim ini. Runner up Ekstraklasa musim lalu tersebut hanya mampu meraih lima poin dari sembilan pertandingan. Anak asuh Waldemar Fornalik pun harus puas menempati dasar klasemen sementara hingga pekan ke-10.

Menghadapi tim juru kunci, Piotr Stokowiec boleh jadi melirik opsi rotasi pemain. Apalagi, pertandingan lawan Piast hanya berselang empat hari dari kemenangan sulit kontra Slask Wroclaw. Jika Stokowiec memutuskan untuk merotasi pemain, Egy Maulana Vikri berkesempatan tampil dalam laga ini.

Pada 2020/21, Egy telah bermain empat kali di ajang Ekstraklasa. Kesemuanya dari bangku cadangan. Namun, winger bernomor punggung 32 ini tak punya kesempatan memberi impak berarti karena hanya bermain sebentar. Egy tampil paling lama selama 28 menit kala timnya dibungkam Pogon Szczecin, 19 Oktober 2020.

Penampilan melawan Pogon pun adalah kali terakhir Egy tampil di Ekstraklasa. Pada tiga pertandingan setelahnya—lawan Zaglebie Lubin, Wisla Krakow, dan Slask Wroclaw—Egy sekadar menghangatkan bangku cadangan.

Musim ini, Egy biasa diturunkan menggantikan Conrado di pos sayap kiri. Gelandang asal Brasil itu sering kelelahan di babak kedua sehingga harus diganti. Conrado memang tengah membangun kebugaran setelah mendapat cedera dan terinfeksi COVID-19 pada Agustus lalu.

“Kami menyertakannya [Conrado] secara pelan-pelan dan staf kepelatihan telah melatihnya untuk bertahan lebih lama di pertandingan,” kata Stokowiec.

Dalam tiga laga terakhir, Stokowiec pilih menurunkan Mateusz Zukowski serta Lukasz Zwolinski dibanding Egy.

Saat menghadapi Piast besok, Stokowiec diprediksi kembali menurunkan Conrado di pos sayap kiri. Pemain berusia 23 tahun itu tak tergantikan bagi Lechia dan tampil bersinar kala mengalahkan Slask. Jika Stokowiec menghendaki, Egy berpeluang diturunkan di babak kedua menggantikan Conrado.

Laga kontra Piast sendiri diprediksi akan berjalan sulit untuk Lechia. Kendati terjungkal di awal musim, Piast baru saja meraih kemenangan perdana pada Sabtu (21/11) lalu, mengalahkan Gornik Zabrze dalam Derbi Silesia.

Pertandingan-pertandingan Lechia Gdansk, serta pertandingan-pertandingan Ekstraklasa, dapat Anda saksikan di Mola TV. Klik di sini untuk menyaksikan pertandingan Lechia Gdansk vs Piast Gliwice, Selasa (24/11) pukul 00:00 WIB.

Komentar