Elkan Baggot dan Keinginannya Menghabiskan Akhir Karir di Indonesia

Berita

by Ifsani Ehsan Fachrezi

Ifsani Ehsan Fachrezi

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Elkan Baggot dan Keinginannya Menghabiskan Akhir Karir di Indonesia

Elkan Baggot menjadi salah satu pilihan utama pemain belakang Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Elkan masuk ke dalam jajaran pemain yang dipanggil untuk melakoni laga FIFA Match Day melawan Curacao tanggal 24 September dan 27 September 2022.

Baru-baru ini, Elkan diundang oleh 433 dalam sebuah siniar. Siniar itu berjudul “Meet Indonesian Talent Elkan Baggot”. Elkan menceritakan banyak hal, termasuk mengenai pengalamannya ketika meniti karir sepakbolanya di Inggris.

Suatu saat akan berkarir di Indonesia

Dalam sebuah pembahasan, Elkan ingin berkarir di Indonesia ketika sisa-sisa masa karirnya. "Saya pikir di akhir masa karier saya, tetapi suatu hari saya ingin melakukannya untuk berkarir di Indonesia," ujar Elkan.

Elkan enggan terburu-buru berkarir di Indonesia. Melihat umurnya masih belia, yakni 19 tahun, bahkan masih mungkin untuk berkembang dan mewujudkan mimpinya bermain di Premier League.

"Namun untuk saat ini, saya mencoba fokus pada karir saya di Inggris dan mencoba tetap di sini untuk mencapai puncak," lanjut Elkan.

Ketika disinggung perihal tim mana yang ia pilih ketika akan berkarir di Indonesia, Elkan enggan menjawabnya. “Saya pikir semua klub di Indonesia hebat. Saya profesional, saya tidak bisa memilih," sambung Elkan sambil tertawa.

Berkelana di Inggris

Pengalamannya di liga Inggris-lah yang membuat Shin Tae-yong ingin memboyong pemain muda ini. Ketika dipanggil pertama kalinya ke timnas Indonesia U19, Elkan masih berada di level junior klub divisi tiga Inggris, Ipswich Town.

Elkan memulai debutnya di tim senior pada tanggal 6 Oktober 2020, saat Ipswich menghadapi Gillingham di EFL Trophy dan menang dengan skor akhir 2 - 0. Hingga di awal tahun 2021, Elkan menyetujui kontrak profesionalnya dengan Ipswich selama dua setengah tahun dan opsi perpanjangan satu tahun.

Elkan menjadi pemain sepakbola berkewarganegaraan Indonesia pertama yang bermain di Liga Inggris. Saat itu ia masuk ke dalam sebelas pertama ketika Ipswich melawan Rotherham United.

Karir Elkan “aman” bersama Ipswich setelah terjalinnya kesepakatan kontrak baru selama tiga tahun. Elkan butuh jam terbang yang banyak di Inggris. Ia pun dipinjamkan oleh Ipswich ke Gillingham FC, klub yang berkompetisi di divisi empat Liga Inggris, pada 8 Juli 2022.

Elkan dipinjam oleh Gillingham FC selama satu musim dan melakukan debutnya pada 30 Juli 2022 melawan AFC Wimbledon. sayangnya, Gillingham FC takluk 2-0.

Perjalanan karir di timnas Indonesia

Elkan mengawali karir di timnas Indonesia di kelompok umur U19. Debut Elkan di timnas Indonesia U19 ketika melakukan uji coba melawan Makedonia Utara. Setelah itu ia mendapat tawaran untuk memperkuat timnas Indonesia level senior.

Jasa Elkan sangat dibutuhkan oleh Indonesia sebagai pemain bek dengan postur yang menjulang. Elkan memiliki tinggi badan 194 cm. Ini sangat dibutuhkan oleh tim untuk duel-duel udara di pertahanan maupun area lawan..

Selain itu, pengalamannya di Liga Inggris menjadi nilai tambah. Ia bisa menambah daya daya serang dengan mengalirkan bola dari lini belakang.

Elkan menjalani debut di timnas senior ketika laga uji coba melawan Afganistan, 16 November 2021. Saat itu ia hanya bermain selama 68 menit akibat cedera setelah mengalami benturan di kepala, dan diganti oleh Victor Igbonefo.

Kini, Elkan menjadi pemain andalan STY di lini belakang timnas Indonesia. Ia selalu menjadi opsi untuk memperkokoh lini pertahanan timnas. Elkan sudah mengemas 10 caps bersama timnas Indonesia dan mencetak dua gol.

Komentar