Chelsea vs Southampton: Tim Tamu Berharap Pada Danny Ings

Analisis

by Redaksi 10

Redaksi 10

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Chelsea vs Southampton: Tim Tamu Berharap Pada Danny Ings

Laga Chelsea vs Southampton digelar di Stadion Stamford Bridge pada Sabtu (17/10/2020) pukul 21.00 WIB. Sosok penyerang tim tamu, Danny Ings, bisa menjadi ancaman bagi tuan rumah. Sejauh ini, striker Timnas Inggris tersebut telah mencetak tiga gol dari empat laga Premier League 2020/21.

Ketajaman Ings juga tak luntur kala berseragam The Three Lions. Ketika bersua Wales dalam pertandingan uji tanding Jumat (9/10) lalu, ia ikut menyumbang satu gol untuk menggenapkan kemenangan 3-0 Inggris.

Link streaming Chelsea vs Southampton

Sejak kedatangannya dari Liverpool pada 2018/19, Ings dengan cepat menjadi penggawa andalan Southampton. Dalam dua musim saja, ia telah tampil sebanyak 72 kali dengan catatan 33 gol dan 6 asis. Menurut hitung-hitungan Whoscored, dalam empat laga musim ini, Ings rerata membikin 2 tendangan tepat sasaran per laga, terbanyak di antara pemain Soton lainnya.

Tak hanya itu, Ings juga menjadi sosok yang banyak dilanggar dengan jumlah rata-rata 1,8 kali per laga. Dengan statistik tersebut, tak heran jika Ralph Hasenhuettl selaku pelatih sangat berharap banyak kepadanya.

Kendati masuk dalam skuad yang dibawa Gareth Southgate ke UEFA Nations League, Ings tak turun pada dua pertandingan melawan Belgia dan Denmark. Di satu sisi, ini merupakan keuntungan bagi klub jelang menghadapi Chelsea karena kebugarannya akan lebih baik.

“Untuk para pemain, saya ingin mereka bermain karena saya tahu itu sangat berarti bagi mereka. Di sisi lain, bagi kami tidak terlalu buruk ketika kami memiliki Danny Ings atau James Ward-Prowse dalam kondisi bugar. Akhirnya mereka kembali bersama tim ini,” kata Ralph Hasenhuettl.

Apabila menilik rekor head to head dan materi pemain, Chelsea jelas diunggulkan. Dalam empat tahun terakhir, The Blues menorehkan delapan kali kemenangan dan sekali seri atas Southampton di semua kompetisi. Namun, perlu dicatatat, Soton memutus tren negatif tersebut pada musim lalu di Stamford Bridge. Saat itu, mereka menang 0-2.

Jelang laga, psywar pun dilontarkan Hasenhuettl. Menurutnya, belanja besar-besaran Chelsea musim ini akan sia-sia jika penampilannya tidak lebih baik dari musim lalu. Sang pelatih asal Austria melihat performa klub asal London itu belum optimal dalam empat laga awal.

“Mereka memiliki kualitas yang luar biasa dengan kedatangan Kai Havertz dan pemain lainnya. Mereka adalah tim yang disiapkan untuk menantang gelar juara, tentu hal itu akan lebih sulit ketimbang musim lalu. Mereka berada di level tinggi, dan kami harus mencapai level mereka. Jika tidak kami akan kesulitan,” tambah Hasenhuettl.

Di lain pihak, Chelsea ingin menjaga momentum. Kemenangan atas Crystal Palace pekan lalu membuat kepercayaan diri skuad Frank Lampard kembali tinggi. Apalagi Southampton memiliki catatan buruk kala bersua tim asal London. Dari 11 pertandingan, mereka hanya menang dua kali dan tujuh kali kalah.

Tanpa mengesampingkan peran pemain lain, dalam laga nanti Soton bakal berharap pada kualitas Danny Ings. Kontribusinya signifikan bagi Soton, mencetak 43 persen gol klub di ajang liga musim lalu. Andai tampil mengejutkan dengan meraih kemenangan, misalnya, Soton akan menorehkan tiga kemenangan beruntun di Premier League. Soton terakhir mencapainya pada 2016 lalu ketika masih ditukangi Ronald Koeman.

Tayangan langsung semua pertandingan Premier League 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar