Cetak Gol Bunuh Diri, Jones Catatkan Rekor Buruk

Berita

by redaksi

Cetak Gol Bunuh Diri, Jones Catatkan Rekor Buruk

Manchester United menutup fase grup Liga Champions UEFA dengan kekalahan 1-2 dari Valencia di Estadio Mestalla, Valencia, Kamis (13/12) dini hari WIB. Pertandingan dibuka dengan kartu kuning untuk (Luis Antonio) Valencia di menit ke-11. Valencia (yang bukan bek kanan United) kemudian berhasil membuka keunggulan enam menit kemudian lewat Carlos Soler.

Sementara itu dua pemain Man United sebenarnya berhasil mencetak gol malam itu, yaitu Phil Jones dan Marcus Rashford. Namun gol Jones adalah bunuh diri; yang kebetulan menjadi sorotan memalukan.

Hal konyol itu bermula ketika Soler mengirimkan umpan terobosan kepada Michy Batshuayi. Berniat menghalangi laju Batshuayi, Jones justru menendang bola ke gawang sendiri. Kiper United, Sergio Romero, bahkan sampai terkecoh dengan pergerakan Jones yang tak jelas antara menghalangi Batshuayi atau membuang bola.

Berkat gol bunuh diri tersebut, Jones mencatatkan rekor buruk dalam kariernya. Dari 5 gol yang dicetak Jones sepanjang kariernya, 4 diantaranya adalah bunuh diri.

Tak hanya itu, Jones juga merupakan pemain United pertama yang mencetak gol bunuh diri pada ajang Liga Champions UEFA dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Uniknya, pemain United terakhir yang melakukannya adalah Jones sendiri, yakni pada laga fase grup menghadapi Benfica tahun 2011 silam.

Hal itu lantas menuai kecaman dari para pendukung United. Di media sosial twitter, banyak pendukung United yang menuntut agar Jones segera dijual. Tak hanya pendukung, legenda United, Michael Owen, bahkan sampai tak bisa berkata-kata melihat gol bunuh diri tersebut.

“Bagaimana bisa Anda menganalisis gol kedua? Saya bahkan tak bisa mengatakan kepada Anda apa yang dipikirkan Jones. Salah satunya yang mengejutkan saya adalah dia tidak mengangkat kepalanya,” ujarnya kepada BT Sports.

Senada dengan Owen, Manajer United, Jose Mourinho, juga berpendapat bahwa kesebelasannya sebenarnya bisa mendapat hasil yang lebih baik andai Jones tidak mencetak gol bunuh diri.

“Di awal babak kedua saya cukup yakin. Setelah berbicara di babak pertama, segalanya bisa berbeda tetapi kami mulai dengan gol bunuh diri yang memberi Valencia posisi yang lebih baik untuk mengontrol permainan,” ujar Mourinho seperti dilansir Metro.

Akan tetapi, legenda United, Owen Hargreaves, memiliki pendapat lain. Hargreaves beranggapan bahwa gol kedua Valencia tersebut bukan sepenuhnya salah Jones. Menurutnya rekan Jones di lini belakang, Eric Bertrand Bailly, juga terlibat dalam kejadian konyol tersebut.

“[Eric] Bailly masuk ke ruang di mana Jones harus melindunginya. Saksikan wajah Jones, dia melihat Bailly [seperti seolah berkata] `Ke mana kamu pergi?` Pada akhirnya, itu berantakan. Kapan pun Anda memasukkan [bola] ke dalam gawang Anda dari jarak 20 yar, itu berantakan,” kata Owen (yang bukan Michael Owen).

Meski kalah, United tetap berhak melaju ke babak 16 besar karena berhasil finis di posisi runner-up Grup H dengan perolehan 10 poin. Sedangkan Valencia harus terlempar ke Liga Europa setelah hanya mampu finis di posisi ketiga dengan perolehan 8 poin.

Selanjutnya United akan menjalani laga berat di pekan ke-17 Liga Primer Inggris dengan melawat ke Anfield, markas rival abadi mereka, Liverpool. Pertandingan akan berlangsung pada Minggu (16/11).

Setan Merah sangat membutuhkan poin mengingat jarak mereka dengan empat besar cukup jauh. Chelsea yang menduduki peringkat ke-4 mengantongi 34 poin, terpaut delapan poin dengan United yang berdiri di peringkat ke-6.

(ham/dex)

Komentar