On This Day 2007, FIFA dan FA Beri Kompensasi Cedera Owen di Piala Dunia

Backpass

by redaksi

On This Day 2007, FIFA dan FA Beri Kompensasi Cedera Owen di Piala Dunia

Tak selamanya FIFA dan federasi sepak bola negara harus lepas tangan kepada klub jika ada pemain yang cedera di Piala Dunia. Seperti yang dilakukan FA Inggris dan FIFA kepada Newcastle United atas cedera Michael Owen di Piala Dunia Jerman 2006.

Owen mendapatkan cedera lutut parah saat Inggris ditahan Swedia 2-2 di Piala Dunia Jerman 2006. Cedera karena salah tumpuan lutut itu membuat ia harus absen lebih dari setengah musim.

[video id="NyI_gXOE2bw" site="youtube"][/video]

Newcastle yang merasa dirugikan kemudian menuntut FA dan FIFA agar bersedia memberikan kompensasi sebesar 7 juta poundsterling. Hampir separuh dari biaya yang mereka keluarkan untuk menebus Owen dari Real Madrid pada 2005, yakni sebesar 17 juta poundsterling.

Awalnya FIFA dan FA menolak untuk mengabulkan permohonan The Magpies. Namun akhirnya dana sebesar 3,3 juta poundsterling masuk ke kas Newcastle pada 31 Maret 2007. FIFA memberikan satu juta pounds, sisanya dari FA Inggris.

Yang terjadi dengan Newcastle dan Owen ini akhirnya menjadi pemicu klub-klub lain untuk melakukan hal yang sama. FIFA pun kemudian menyanggupinya dengan mengeluarkan regulasi FIFA Club Protection Programme.

Komentar