Kepa Arrizabalaga Akan Jadi Kiper Termahal Dunia

Berita

by redaksi

Kepa Arrizabalaga Akan Jadi Kiper Termahal Dunia

Kepa Arrizabalaga memasuki tahun terakhirnya di Athletic Bilbao pada musim 2017/18. Kontraknya akan habis per 30 Juni 2018. Ini artinya, setelah memasuki tahun 2018, jika Kepa ingin pindah, ia bisa bergabung ke kesebelasan mana saja yang ia inginkan, termasuk Real Madrid yang meminatinya, dengan status bebas transfer.

Maka menjelang akhir 2017, isu kepindahan Kepa ke Real Madrid begitu kencang. Alasannya Real Madrid kesulitan mendapatkan kiper incarannya, David De Gea. Kepa yang juga masih muda dan punya potensi menjadi kiper timnas Spanyol di masa mendatang tak heran masuk dalam radar Madrid.

Pelatih Real Madrid saat itu, Zinedine Zidane, malu-malu menyatakan ketertarikan pada Kepa. "Saya tidak butuh kiper lagi. Tapi jika ada perubahan Juni nanti, kami akan duduk bersama dan berbicara, mungkin akan merekrut seseorang," katanya seperti yang dikutip Sky Sports.

Akan tetapi Kepa punya rencana tersendiri. Alih-alih mencari klub baru, ia justru memperpanjang kontrak di Athletic Bilbao. Tak tanggung-tanggung, pemain berusia 23 tahun itu menandatangani kontrak berdurasi hingga 2025. Artinya ia memperbarui kontrak dengan Bilbao untuk tujuh tahun ke depan dengan alasan ingin bertahan di Bilbao lebih lama lagi.

"Saya sangat senang bisa melanjutkan karier di klub ini yang sudah saya anggap seperti rumah," ujar Kepa pada laman resmi Bilbao. "Saya sudah di sini sejak lama, hampir 15 tahun. Saya bergabung sejak berusia 9 tahun. Saya pikir ini waktu yang sangat penting buat karier saya. Mengingat kontrak saya akan berakhir, sejak 1 Januari, saya bisa bebas bernegosiasi dengan klub manapun. Banyak tawaran, tapi saya percaya pilihan terbaik buat saya adalah tetap di Bilbao untuk waktu yang lama. Saya senang bisa menandatangani kontrak ini."

Rumor kepindahan Kepa, khususnya ke Real Madrid, langsung berakhir setelah pernyataan Kepa itu. Apalagi Madrid merekrut kiper muda potensial asal Ukraina, Andriy Lunin, belum lama ini.

Baca juga: Real Madrid Memilih Andriy Lunin

Tapi ademnya berita pindahnya Kepa hanya bertahan kurang dari enam bulan. Sekarang, di bursa transfer musim panas 2018, namanya kembali meramaikan pasar pemain. Namun kali ini bukan Real Madrid sebagai peminatnya, melainkan kesebelasan asal Inggris, Chelsea.

Siapapun peminat Kepa sebenarnya memang tidak akan patah arang untuk bisa mendapatkan jasa salah satu kiper terbaik La Liga Spanyol tersebut. Karena dalam kontrak terbarunya terdapat klausul pelepasan (release clause) yang membuat Bilbao tidak bisa menolak Kepa untuk pindah jika ada kesebelasan yang sanggup menebusnya. Klausul pelepasan Kepa mencapai 80 juta euro.

Beberapa sumber menyebut bahwa Chelsea siap membayar klausul pelepasan Kepa tersebut. Alasannya, mereka masih tak yakin dengan masa depan kiper andalan mereka, Thibaut Courtois. Ketika para pemain Chelsea lain sudah kembali bergabung dengan tim setelah libur Piala Dunia, eks kiper Atletico Madrid itu belum juga menampakkan batang hidungnya. Padahal rekan senegaranya, Eden Hazard, sudah kembali bahkan bermain di laga pra-musim terakhir saat melawan Olympique Lyon.

Masa depan Courtois di Chelsea semakin tak menentu setelah agennya mengatakan bahwa Courtois akan diupayakan pindah ke Real Madrid. Walau begitu manajer anyar Chelsea, Maurizio Sarri, ingin mendengarkan langsung hal tersebut dari sang pemain, yang hingga saat ini masih belum merespons ketika dihubungi pihak klub.

Chelsea sebenarnya sudah merekrut kiper baru dalam diri Robert Green yang diboyong dari Huddersfield. Tapi Green didatangkan tak lebih sebagai opsi kiper ketiga. Usianya yang sudah 38 tahun dan lebih banyak duduk di bangku cadangan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk di Huddersfield, memang lebih pada antisipasi Chelsea jika kehilangan satu kiper karena cedera atau akumulasi saat musim bergulir.

Kabarnya Chelsea telah sepakat menjual Courtois ke Madrid dengan sejumlah nilai transfer plus peminjaman Mateo Kovacic. Situasi inilah yang kemudian memunculkan rumor Kepa ke Chelsea. Jika Chelsea sanggup menebus 80 juta euro untuk Kepa, maka Kepa akan menjadi kiper termahal dunia. Sebelumnya rekor tersebut dipegang oleh Alisson Becker yang beberapa waktu lalu diboyong Liverpool dari Roma dengan nilai transfer 75 juta euro.

Di Bilbao, Kepa telah menjalani 54 pertandingan resmi dalam dua musim terakhir dengan kebobolan 65 gol serta 15 kali nirbobol. Selain itu, ia sudah bermain di segala kelompok usia Timnas Spanyol junior. Sampai akhirnya ia promosi ke Timnas senior dan menjalani debut pada laga melawan Kosta Rika di laga uji tanding. Ia dibawa ke Piala Dunia 2018 tapi tidak memainkan satu pun laga karena kalah saing dengan De Gea.

Jika Kepa benar akan pindah ke Chelsea, kepindahannya akan segera rampung dalam waktu dekat. Liga Primer Inggris per musim ini memang mengakhiri bursa transfer paling cepat dibanding liga lain. Setelah 9 Agustus 2018, semua kesebelasan Inggris tidak bisa lagi membeli pemain sampai bursa transfer berikutnya.

Komentar