Jual Secepatnya atau Kehilangan Cuma-cuma Tahun Depan

Berita

by redaksi

Jual Secepatnya atau Kehilangan Cuma-cuma Tahun Depan

Bursa transfer pemain menjadi ajang penentuan nasib. Tidak hanya bagi pemain, tapi juga bagi klub. Jika mendapatkan pemain incarannya, kesebelasan tersebut bisa menatap musim baru dengan percaya diri. Sementara bagi pemain, jika tidak pindah pada bursa transfer terdekat, ia harus menunggu enam bulan lagi untuk bisa pindah.

Ada banyak sebab seorang pemain diincar oleh kesebelasan lain. Dimulai dari potensi, karakter bermain, kebutuhan tim, hingga investasi. Tapi ada juga pemain yang berusaha didatangkan karena pemain tersebut berpotensi bisa dibeli dengan biaya yang lebih murah dari taksiran harga aslinya. Biasanya pemain tersebut sudah mendekati berakhirnya kontrak sang pemain dengan kesebelasan yang dibelanya.

Karena hal ini juga biasanya muncul rumor-rumor kepindahan sejumlah pemain. Bahkan pemain-pemain yang sebelumnya menjadi andalan tim dan sempat tak terganggu isu penjualan, akan mulai ramai diberitakan akan pindah kesebelasan jelang kontraknya berakhir.

Ini juga yang terjadi belakangan ini. Sejumlah pemain andalan kesebelasan besar diambang pintu keluar karena kontraknya akan segera habis.

Thibaut Courtois yang santer diberitakan akan pindah ke Real Madrid dari Chelsea pun tak lepas dari kontraknya yang akan berakhir pada 30 Juni 2019 mendatang. Saat kembali dari masa pinjaman di Atletico Madrid pada 2014, kiper Timnas Belgia itu memang diikat kontrak berdurasi lima tahun. Musim 2018/19, jika tidak diperpanjang, akan menjadi musim terakhirnya di Chelsea. Musim ini Chelsea tidak berlaga di Liga Champions, bisa jadi itu menjadi alasan lain Courtois ingin meninggalkan The Blues.

Terkini: Courtois sudah resmi menjadi milik Real Madrid dengan nilai transfer 35 juta euro, setengah harga Kepa Arrizabalaga ke Chelsea

Bek Tottenham Hotspur, Toby Alderweireld, juga dalam kondisi serupa. Sebenarnya Alderweireld dan Spurs bisa mengaktifkan klausul tambahan satu tahun kontrak hingga 2020 jika keduanya bersedia. Namun karena sang pemain kurang mendapatkan menit bermain pada musim lalu setelah Mauricio Pochettino lebih memilih duet Jan Vertonghen dan Davinson Sanchez, Alderweireld mulai digosipkan akan pindah di mana Manchester United jadi salah satu peminat paling serius.

Manchester United memang patut berbenah. Selain untuk meningkatkan kualitas untuk musim 2018/19, mereka juga terancam kehilangan banyak pemain yang sudah memasuki satu tahun terakhir kontraknya.

Total ada 12 pemain, yang mayoritas merupakan pemain utama, di samping United yang berhak menambah satu tahun kontrak di beberapa klausul pemain. Dari ke-12 nama ini, beberapa nama berusaha digoda kesebelasan lain seperti Anthony Martial dan Matteo Darmian.

Selain pemain-pemain di atas, pemain top lain yang sudah memasuki satu tahun kontrak terakhirnya adalah Angel Di Maria, Adrien Rabiot, Diego Godin, Mousa Dembele, Daniel Sturridge, Aaron Ramsey, Cesc Fabregas, Sami Khedira, Olivier Giroud, Danny Welbeck hingga Vincent Kompany. Jika kesebelasan pemilik kontrak mereka hendak tidak memperpanjang kontrak para pemain tersebut, kesebelasan tersebut akan berusaha menjual secepatnya walau harga transfernya kemungkinan bisa turun hingga setengahnya. Tapi itu lebih baik karena mereka terancam kehilangan para pemain berkualitas tersebut dengan cuma-cuma, tanpa biaya transfer, pada bursa transfer musim panas 2019.

[ar]

Komentar