Gol Aduriz Selamatkan Spanyol dari Kekalahan atas Italia

Berita

by redaksi

Gol Aduriz Selamatkan Spanyol dari Kekalahan atas Italia

Laga antara Spanyol menghadapi Italia berakhir imbang 1-1. Spanyol tertinggal terlebih dahulu lewat gol Lorenzo Insigne pada menit ke-67. Aritz Aduriz menjadi penyelamat wajah Tim Matador setelah mencetak gol penyama pada menit ke-70 dalam laga yang digelar di Stadio Friuli tersebut.

Meskipun bertajuk laga persahabatan, pertandingan tersebut sarat akan gengsi. Keduanya merupakan tim mapan di Eropa, sekaligus memiliki liga yang merupakan liga papan atas di dunia. Pertemuan yang paling fenomenal adalah ketika Sergio Ramos dan rekan-rekan berhasil mencukur Italia dengan skor 4-0 di final Piala Eropa 2012, sehingga kemenangan tersebut menasbihkan Spanyol menjadi juara di Eropa untuk ketiga kalinya.

Akan tetapi pada laga kali ini La Furia Roja tak superior empat tahun silam.Ddari penguasaaan bola mereka hanya unggul tipis 54%. Semetara itu, Italia lebih banyak melakukan tembakan dengan 11 kali percobaan dan tujuh di antaranya tepat sasaran, sedangkan tim tamu hanya mampu melepaskan tiga tembakan dan hanya dua yang mengenai target.

Italia sempat unggul lebih dulu pada menit ke-67 melalui Lorenzo Insigne. Pemain Napoli tersebut mendapatkan umpan terobosan oleh Emanulele Giaccherini dari sisi kanan pertahanan Spanyol, sepakannya tak mampu di halau oleh David De Gea.

Tiga menit kemudian, Aritz Aduriz, pemain veteran yan bermain untuk Athletic Bilbao sukses memanfaatkan bola liar hasil sunduluan Alvaro Morata yang tak dapat diantisipasi dengan baik oleh Gianluigi Buffon. Itu adalah gol pembuktian oleh Aduriz setelah comback ke timnas Spanyol seusai pemanggilan terakhirnya di tahun 2010.

Hasil tersebut melanjutkan hasil positif dari Italia setelah ditangani oleh Antonio Conte yang berhasil di level klub bersama Juventus. Bersama pelatih berusia 46 tahun tersebut, Gli Azzuri tak terkalahkan di kualifikasi Piala Eropa dan berhasil memuncaki grup H. Sementara itu Spanyol yang juga memuncaki grup C juga tak kalah baik, dari 10 pertandingan mereka hanya menelan satu kali kekalahan saat berhadapan dengan Slovakia.

Hasil ini merupakan bekal untuk menatap persiapan Piala Eropa yang akan berlangsung pada 10 Juni mendatang. Selain itu kedua tim juga akan melakukan laga persahabatan lagi, Spanyol akan berhadapan dengan Rumania tanggal 28 Maret dan Italia akan bertandang ke Jerman pada 30 Maret.

Foto: dailymail

ed: fva

Komentar