On This Day 1950, Terbentuknya Kembali DFB

On This Day

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Pemimpin Redaksi | Pesepakbola Tarkam | Juru Taktik
ardynshufi@gmail.com

On This Day 1950, Terbentuknya Kembali DFB

Tanggal 22 September 1950 adalah tanggal di mana asosiasi sepakbola Jerman, Deutscher Fußball-Bund (DFB), kembali menjadi anggota FIFA setelah sebelumnya dibubarkan.

Sebenarnya, DFB yang merupakan lembaga pengurus persepakbolaan Jerman, baik Bundesliga maupun tim nasional Jerman, pertama kali didirikan pada 1900. Namun pada 1940, DFB sempat vakum karena perang dunia II.

Ketika perang dunia kedua berakhir pada November 1945, DFB mulai kembali dibentuk. Namun DFB (bersama asosiasi sepakbola Jepang) masih mendapat larangan tampil di kompetisi internasional. Meskipun begitu, klub Jerman tetap menggelar pertandingan di mana kala itu melawan klub asal Swiss. Dan pertandingan tersebut mendapat protes dari publik internasional.

Asosiasi sepakbola Swiss sendiri sebenarnya sempat meminta FIFA untuk mencabut hukuman yang diberikan pada DFB, namun ditolak. Baru lah ketika Jerman membentuk negara republik pada 1949, FIFA mencabut larangan bermain pada kompetisi internasional.

Pada Juni 1950, FIFA mengadakan kongres untuk merumuskan Piala Dunia 1954. Pada kesempatan itu, asosiasi sepakbola Swiss kembali mengajukan DFB kembali menjadi anggota resmi FIFA. Usulan ini baru dikabulkan FIFA pada 22 September 1950.

Jerman Barat sendiri baru bergabung seutuhnya dengan Jerman Timur pada tahun 1990. DFB mempekerjakan orang-orang dari mantan asosiasi sepakbola Jerman Timur untuk mengelola pemerintahan sepakbola Jerman di DFB.

foto: dtb.de

Komentar