On This Day 1942, Lahirnya Giacinto Facchetti Kerangka Catenaccio Inter

On This Day

by redaksi

On This Day 1942, Lahirnya Giacinto Facchetti  Kerangka Catenaccio Inter

Tepat hari ini 1942, lahir salah satu legenda sepakbola Italia, Giacinto Facchetti. Mengawali sepakbola di tim lokal tempat tinggalnya, Trevigliese dari tahun 1956 hingga 1960. Facchetti berhutang banyak pada manajer Inter saat itu Helenio Herrrera yang berhasil menemukan bakatnya dan membawanya ke kota Milan.

Inter kemudian menjadi satu-satunya tim  yang dibelanya selama karir profesional. Facchetti adalah pemain kunci dalam sistem bertahan catenaccio yang telah dibangun Herrera. Meski begitu pada awal mulanya pemain yang meninggal pada 2006 lalu ini sebenarnya berposisi sebagai penyerang. Baru saat berbaju Inter, Herrera memindahkannya ke posisi fullback.

Facchetti adalah pemain kunci Inter yang terkenal sebagai sebutan “La Grande Inter”. Memenangkan empat kali gelar Serie A antara 1962 hingga 1971, Piala Eropa berturut-turut 1964 dan 1965. Sepanjang karirnya bersama Inter, ia telah bermain sebanyak 629 kali dan mencetak 75 gol.

Meski berposisi sebagai pemain bertahan, Facchetti baru menerima satu  kartu merah. Itupun bukan karena pelanggaran tetapi bertindak tidak sopan dengan bertepuk tangan terhadap keputusan wasit.

Penampilan gemilangnya bersama klub membuat dirinya juga dilirik oleh tim nasional Italia. Berhasil meraih juara Eropa pada 1968 dan runner-up Piala Dunia 1970  dari total 94 penampilannya sebelum akhirnya pensiun dari pemain pada 1978.

Facchetti pernah menjabat sebagai presiden Inter pada Januari 2004, namun sayang belum genap tiga tahun ia meninggal karena kanker pankreas September 2006. Ia adalah salah satu dari 14 nama pemain Italia yang masuk dalam daftar 150 pesepakbola terbaik menurut Pele.

[youtube]

[/youtube]

(amp)

Komentar