On This Day 1935, Selamat Ulang Tahun Luis Suarez

Backpass

by redaksi

On This Day 1935, Selamat Ulang Tahun Luis Suarez

Mantan pemain Barcelona dan Inter Milan, Luis Suarez, berulang tahun pada hari ini, 2 may 1935. Pemain dengan nama lengkap Luis Suarez Miramontes seringa dipanggil dengan sebutan Luisinto. Pada masanya, Suarez dikenal sebagai pemain yang memiliki gaya permainan yang elegan.

Luis Suarez memulai karir pemain sepakbola profesionalnya sebagai pemain Deportivo La Coruna pada tahun 1953. Klub raksasa Spanyol, Barcelona kemeudian mengkontrak Luis Suarez 2 tahun kemudian dan membuat Suarez mulai dikenal di dunia sepakbola. Suarez berhasil mencetak 61 gol dari 122 pertandingannya bersama Barcelona. Tak hanya itu, Suarez juga pernah meraih penghargaan Ballon d'Or.

Pada tahun 1961, setelah mantan pelatih Barcelona, Helenio Herrera, pindah ke Inter Milan, Luis Suarez mengikuti jejak sang mentor pindah ke Inter Milan. Transfer Suarez dari Barcelona ke Inter Milan menjadi transfer termahal pada saat itu. Inter Milan membayar 250 juta Lira kepada Barcelona untuk memindahkan pemain terbaik Eropa tahun 1960.

Suarez kemudian menjadi salah satu bagian dalam Il Grande Inter pada tahun 60an yang berhasil meraih gelar juara Liga Champions pada tahun 1964 dan 1965. Bersama sang maestro Helnio Herrera, Luis Suarez menjadi bagian dari salah satu tim terbaik yang pernah ada dalam sejarah sepakbola.

Pada level internasional Luis Suarez juga mencatatkan prestasi gemilang. Dia berhasil membawa Spanyol juara Piala Eropa pada tahun 1964. Suarez berhasil mencetak 14 gol dari 32 pertandingannya bersama tim nasional Spanyol.

Setelah pensiun, Luis Suarez juga cukup sukses menjadi seorang pelatih. Karir kepelatihannya dimulai dengan melatih Inter Milan sebagai caretaker. Tidak lama melatih Inter Milan karir kepelatihannya kemudian harus berpindah-pindah hingga mencapai puncaknya saat Suarez dipercaya menangani tim nasional Spanyol dari tahun 1988-1991. Suarez berhasil membawa Spanyol ke babak 16 besar Piala Dunia 1990. Langkah tim nasional Spanyol asuhan Suarez ini harus terhenti setelah kalah dengan skor 2-1 atas Yugoslavia melalui babak perpanjangan waktu.

Komentar