Perkenalkan, Pemain Hebat 13 Tahun Bernama Karamoko Dembele

Cerita

by Sandy Firdaus 51372

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Perkenalkan, Pemain Hebat 13 Tahun Bernama Karamoko Dembele

Setelah mencuatnya nama-nama Dembele di seantero Eropa saat ini, dengan Mousa Dembele, Moussa Dembele, dan Ousmane Dembele sebagai nama yang mencuri perhatian, baru-baru ini seorang bocah yang juga memiliki nama belakang Dembele kembali muncul. Tanah Skotlandia menjadi saksi kemunculan sosok Dembele baru yang akan menggetarkan dunia sepakbola dengan kemampuannya yang luar biasa.

Namanya adalah Karamoko Dembele, bernama lengkap Karamoko Kader Dembele dan merupakan bagian dari tim Celtic U-13. Dembele (Karamoko, bukan Mousa Dembele penyerang tim utama Celtic) mendapatkan kesempatan untuk bermain bersama pemain yang lebih tua kala ia dimainkan di tim Celtic U-20 (Celtic Development Squad) saat melawan Hearts pada Selasa (4/10/2016) dini hari waktu Indonesia.

Pemanggilan Karamoko ke tim U-20 ini merupakan kebutuhan yang cukup mendesak. Pasalnya, para pemain Celtic Development Squad (Celtic U-20) sedang membela timnas U-19 Skotlandia. Ada enam pemain dari Celtic U-20 yang dipanggil untuk membela timnas Skotlandia U-19 dalam ajang babak kualifikasi Piala Eropa U-19 Georgia 2017.

Ia masuk menggantikan Jack Aitchison yang juga masih berusia 16 tahun, pada menit ke-81. Saat bermain, sama sekali tidak ada ketegangan di wajahnya dan ia tampak siap untuk menjalani pertandingan bersama skuat Celtic U-20. Berkat pencapaiannya ini, The Lisbon Lions, anggota tim Celtic yang meraih European Cup pada 1967 silam, memberikannya sebuah penghargaan berupa postingan khusus dirinya di Facebook.

Penghargaan untuk Karamoko Dembele dari Lisbon Lions 1967. Sumber: Facebook

"Anak ini (Karamoko) spesial. Cukup jarang anak-anak berusia 13 tahun mampu bermain di tim U-20. Kristoffer Ajer pun dulu pernah bermain dengan pemain yang lebih besar, seperti anak ini. Ketika itu ia memiliki badan yang kecil," ujar postingan di Facebook tersebut.

Sejak bermain di tim U-13, Karamoko Dembele sudah menarik perhatian banyak orang. Bakatnya mencuat saat ia memperkuat tim U-13 dalam turnamen St. Kevin`s Boys Academy di Dublin, Irlandia. Video di bawah ini adalah footage dari skill-skillnya yang luar biasa dalam ajang tersebut.

Melihat kemampuannya di atas, banyak orang menyamakan kemampuan pemain yang memiliki darah Pantai Gading ini dengan Lionel Messi, pemain Barcelona dan timnas Argentina. Dribel mumpuni, dengan kontrol bola yang baik ketika berlari dalam kecepatan penuh, lalu kebiasaannya untuk melakukan cut-inside ke arah kiri menggunakan kaki kirinya (tampaknya kaki terkuatnya adalah kaki kiri).

Namun, kemampuannya yang Messi-esque inilah yang membuat para suporter Celtic takut. Mereka khawatir kalau-kalau pemain ini dicuri oleh klub-klub yang mampu menjanjikan uang yang lebih besar, meski orang tua Dembele yang berasal dari Pantai Gading mengaku betah dan kerasan tinggal di Skotlandia.

Tapi, siapa tahu, tiba-tiba saja ada klub-klub besar yang mencomotnya dengan iming-iming dana besar. Yah, klub seperti itu banyak kan, di Eropa.

Baca Juga: Menguak Misteri Banyaknya Pemain Bernama Dembele

foto: @CelticBible

Komentar