Arda Turan Tepis Isu Tinggalkan Barcelona

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng !

Arda Turan Tepis Isu Tinggalkan Barcelona

Awalnya Barcelona masih menginginkan Arda Turan bertahan. Hal itu yang membuat manajemen Barcelona belum melakukan pembicaraan soal transfer Turan selama bursa transfer musim panas lalu.

Mendatangkannya dari Atletico Madrid seharga 34 juta euro itu pun tidak mudah karena Barcelona harus bersaing sengit dengan Arsenal para bursa transfer musim panas 2015. Namun, baru-baru ini muncul dugaan bahwa peruntungan Turan bersama Barcelona akan segera berakhir. Kabar itu karena situs berita bernama Sporx di Turki membocorkan bahwa ia akan bergabung kembali dengan Galatasaray yang memanfaatkan masih dibukanya bursa transfer Liga Turki sampai hari ini.

Kesebelasan itulah yang dijadikan Turan sebagai awal kariernya di dunia sepakbola. Bersama Galatasary-lah Turan menempatkan dirinya sebagai salah satu gelandang terbaik Liga Turki. Ketika membela Galatasaray juga ia membawa Turki ke semi-final Piala Eropa 2008 dan meraih gelar juara Super Lig Turki, Piala Turki, dan Piala Super Turki. Kemudian Turan direkrut Atletico pada 2011 dan bertahan selama empat musim sebelum direkrut Barcelona.

Tapi penampilannya bersama Barcelona sering dikritik karena tidak konsisten dan gagal menembus dominasi Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar. Turan pun cuma dimainkan 36 kali dari dua musimnya bersama kesebelasan berjuluk Blaugrana tersebut. Maka bukan tanpa alasan jika pemain bernomor tujuh di Barcelona itu diperkirakan berada di pintu keluar menuju kesebelasan lain.

Tapi agennya, Ahmed Bulut, justru menepis adanya kesepakatan Turan dengan Galatasaray, "Kabar Arda Turan setuju bergabung dengan Galatasaray itu tidak benar," cetusnya seperti dikutip dari Goal International. Di sisi lain, Pemilik Galatasaray akan tetap terbuka menerima kembali Turan, "Jika dia kembali ke Turki, tentu saja dia akan bermain untuk Galatasaray," kata pria bernama Dursun Ozbek tersebut.

Di sisi lain, Arsenal dan Manchester United dikabarkan Metro sedang memantau situasi Turan agar bisa direkrut pada Januari 2018 nanti. Sementara pemain sayap 30 tahun itu masih memiliki kontrak di Barcelona sampai 2020, "Saya bahagia di Barca. Saya punya tiga tahun kontrak dan saya akan tetap bertahan," beber Turan ketika ditanya kaitannya dengan kembali ke Galatasaray.

Pernyataan Turan itu menepis kabar bahwa Turan akan pindah ke Galatasaray dengan status pinjaman dua musim. Turan sendiri saat ini baru masuk ke ruang perawatan karena mendapat cedera hamstring ketika membela Turki menghadapi Kroasia ketika jeda internasional lalu. "Turan dengan Barcelona akan terus berlanjut, kabar-kabar dari (media) Spanyol itu salah," Bulut kembali menegaskan seperti yang dikutip dari Sport English.

Sebenarnya ada alasan bagi Turan untuk pindah, setidaknya dengan status pinjaman, yaitu karena ia ingin sering bermain agar dilirik timnas Turki untuk Piala Dunia 2018. Tapi itu juga jika Turki lolos. Masalahnya, Turki sekarang berada di peringkat ketiga Grup I Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa. Mereka ketinggalan dua poin dari Kroasia dan Islandia.

Turki dan negara lainnya di Grup I masih harus memainkan dua pertandingan sisa untuk menentukan lolos atau tidaknya ke Piala Dunia, yaitu menjamu Islandia dan bertandang ke Finlandia pada jeda internasional berikutnya (3-11 Oktober 2017). Untuk lolos, Turki harus bisa menjadi juara grup, sementara posisi runner-up akan membuat mereka tampil di play-off. (Selengkapnya: Pemain Tidak Akan Sembarangan Pindah Sebelum Piala Dunia)

Sumber lain: Marca, SB Nation, The Sun

Komentar