Bhayangkara FC Mungkin Bukan Lagi Bulan-Bulanan bagi Persipura Jayapura

Analisis

by redaksi

Bhayangkara FC Mungkin Bukan Lagi Bulan-Bulanan bagi Persipura Jayapura

Dua kesebelasan yang konsisten mengancam posisi Bali United dari puncak klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2017, Bhayangkara FC dan Persipura Jayapura akan saling jegal di pekan ke-23 kompetisi.

Dua kesebelasan itu akan saling bersua di Stadion Patriot Chandrabhaga, Sabtu (9/9) Sore. Melihat perolehan poin dua kesebelasan tersebut, Persipura dan Bhayangkara FC hanya terpaut satu poin saja. Bhayangkara FC yang menempati posisi kedua telah mengumpulkan 43 poin dan satu strip di bawahnya Persipura menguntit dengan 42 poin.

Persipura Yang Superior Atas Bhayangkara FC

Dalam tiga pertemuan terakhir Persipura unggul head to head karena selalu mampu mengalahkan Bhayangkara FC. Namun kondisinya berbeda saat ini, Bhayangkara punya kans untuk memperbaiki penampilan mereka saat jumpa Persipura. Modalnya adalah, empat pertandingan kandang yang dilakoni berhasil dilewati dengan kemenangan.

Selain itu, dari sepuluh laga kandang mereka berhasil delapan kali mengamankan tiga poin dan hanya dua kali menelan kekalahan, terakhir mereka menelan kekalahan di kandang yaitu pada Juli lalu saat menjamu Barito Putera, mereka berhasil dikalahkan dengan skor 0-1.

Hal tersebut jelas menjadi sinyal bahaya bagi Persipura yang mungkin bernafsu juga meraih poin pada laga kali ini. Namun Mutiara Hitam juga datang ke Stadion Patriot bukan tanpa modal yang bagus. Catatan pertandingan tandang mereka di Liga 1 terbilang bagus, dari 12 pertandingan tandang, mereka berhasil mencatatkan lima kali kemenangan.

Jumlah kemenangan tandang yang cukup baik di liga 1 2017. Dalam tiga laga tandang terakhir saja, mereka berhasil memenangkan dua laga dan sisanya bermain imbang. Rekor 12 pertandingan tidak terkalahkan akan berusaha mereka jaga.

Eksplosifnya Duet Ilija Spasojevic – Paulo Sergio

Penampilan impresif Bhayangkara FC di liga 1 2017 tidak lepas dari peran Paulo Sergio sebagai gelandang serang. Pemain berusia 33 tahun ini menjadi sosok kunci di lini tengah Bhayangkara FC, bagaimana tidak ia berperan dalam 13 dari 38 gol yang diciptakan The Guardian selama kompetisi. Selain itu, ia pun ia juga tercatat sebagai penyumbang asis terbanyak Bhayangkara FC dengan delapan asis.

Statistik Paulo Sergio

Asis

8

Umpan Kunci per pertandingan

1.9

Umpan Terobosan per pertandingan

2.3

Gol

5

Konversi gol

0.18

Tendangan per pertandingan

0.4

Impresifnya penampilan Paulo Sergio semakin bertaji menyusul kehadiran Ilija Spasojevic, yang didatangkan pada jeda paruh musim. Meski baru bergabung namun Spaso bisa beradaptasi dengan cepat, terlebih dengan Paulo Sergio, keduanya langsung bisa nyetel di lini serang Bhayangkara FC. Dalam empat pertandingan Spaso sudah mencetak tiga gol dan satu asis, seluruh gol Spaso pun berkat asis dari Paulo Sergio.

Dengan begitu dalam empat pertandingan ketika Spaso dan Paulo tampil bersama mereka telah menciptakan empat gol dan lima asis, jadi jika Persipura ingin menjaga keperawanan gawangnya, lini bertahan Persipura harus mewaspadai duet anyar Bhayangkara FC ini.

Potensi Saling Serang Di Patriot Chandrabhaga

Pertarungan dua kesebelasan tersebut diprediksi berlangsung dalam tensi tinggi, Simon McMenemy pasti sudah menemukan racikan taktik yang pas untuk Bahyangkara ini, dengan formasi 4-3-3, dengan menempatkan Paulo Sergio menjadi kreator lini serang serta membebaskan pergerakan Guy Junior membuat Spaso lebih terfokus di dalam kotak penalti lawan untuk mencetak gol, serta di sayap selalu diisi oleh bek sayap di kiri Alsan Sanda dan di kanan oleh Alfin Ismail Tuasalamony, membuat ruang di lini serang Bhayangkara tidak pernah kosong.

Sementara itu, Persipura masih menggunakan pola 4-3-3, mengandalkan Addison Alves sebagai juru gedor yang di topang oleh Boaz Solossa dan Fernando Pahabol di kedua sayap, persipura akan mengoptimalkan sisi sayap mereka untuk membongkar pertahanan Bhayangkara FC.

Di lini tengah kembalinya Imanuel Wanggai setelah absen saat mekandaskan perlawan Semen Padang pada pekan lalu akibat cedera menjadi tenaga tambahan, bertandem dengan Ian Luis Kabes akan menjadi penyokong bagi lini serang Persipura, sedangkan Nelson Alom akan lebih menjaga kedalaman dan berusaha menjadi pemutus alur serangan Bhayangkara.

Oleh karena itu, laga ini menarik dinantikan karena kedua kesebelasan akan menampilkan sepakbola yang menyerang, ditambah kemenangan akan menjadi harga mati bagi kedua kesebelasan mengingat ketatnya persaingan di papan atas jika salah satu mengalami kekalahan di pertandingan ini tidak menutup kemungkinan mereka akan terlempar dari posisi tiga besar, dengan laga yang akan berlangsung di kota Bekasi, menarik melihat penampilan Bhayangkara yang sedang dalam tren positif.

Prediksi susunan pemain :

(Wil/SN)

Komentar